PPT ILMU ALAMIAH DASAR

10,772 views

Published on

2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
10,772
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
332
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

PPT ILMU ALAMIAH DASAR

  1. 1. Perkembangan IPA dan TeknologiDalam Bidang Komunikasi dan Kesehatan
  2. 2.  Ilmu pengetahuan alam atau sains (science) diambil dari kata latin Scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan, tetapi kemudian berkembang menjadi khusus Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses.
  3. 3. Pengertian TeknologiTEKNOLOGI Berasal dari kata Yunani “techno” artinya ketrampilan atauseni Teknik diturunkan Teknologi Teknik : cara / metode untuk mencapai persyaratan ketrampilan bidang tertentu Teknologi : - Penerapan ilmu untuk tujuan praktis - Cabang ilmu tentang penerapan dalam praktek & industri - Kumpulan semua cara untuk memenuhi obyek materi dari kebudayaan Jadi, Teknologi adalah pemanfaatan ilmu oleh suatu masyarakat pada suatu saat, untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dengan mengerahkan segala alat yang ada sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada.
  4. 4.  IPA merupakan konsep pembelajaran alam dan mempunyai hubungan yang sangat luas terkait dengan kehidupan manusia. Pembelajaran IPA sangat berperan dalam proses pendidikan dan juga perkembangan Teknologi, karena IPA memiliki upaya untuk membangkitkan minat manusia serta kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. 5. Hubungan IPA dan TekhnologiHubungan Ilmu dan Teknologi- Ilmu tanpa teknolgi adalah steril dan teknologi tanpa ilmu adalah statis.- Ilmu tanpa teknologi tidak berbuah dan teknologi tanpa ilmu adalah tidak punya akar.Hubungan Tibal-Balik Antara IPA dan Teknologi Tahapan perkembangan Teknologi dan IPA: Penunjang/konsep-konsep Tahapan Bidang Teknologi yang bersangkutan I. Sampai dengan Pertanian Ketrampilan mekanik dan pembuatan revolusi industri Permesinan peralatan dan kaidah empirik Kedokteran II. Sesudah revolusi Permesinan •Mekanika industri sampai Konstruksi •Termodinamika IPA dengan permulaan Teknik listrik •Listrik magnit Klasik dsb. abad 20 III. Abad 20 Teknologi material •Struktur Atom dan molekul •Pengetahuan IPA material modern •Ikatan kimia dsb.
  6. 6.  IPA memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan teknologi. Kemajuan IPTEK yang begitu pesat sangat mempengaruhi kehidupan manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Ilmu pengetahuan akan mendasari pembuatan alat- alat yang bermanfaat bagi manusia. Visi penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dasarnya sama, yaitu mensejahterakan manusia.
  7. 7.  Pada satu sisi, perkembangan dunia iptek yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Tidak diragukan lagi kemajuan IPTEK telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
  8. 8. Contoh alat-alat komunikasi hasil perkembangan IPA dan Tekhnologi : * Percetakan (Media Cetak) * Radio (Media Elektronik) * Televisi * Telpon * Satelit * Internet, dll.
  9. 9. A. Dalam Bidang Komunikasi Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas) Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi, dll.
  10. 10. Contoh perkembangan IPA dan Teknologi dalam bidang kesehatan : *Penemuan mikroskof, *termometer, *sinar rontgen, *sinar laser, *stetoskop, dll.
  11. 11. B. Dalam Bidang Kesehatan *Timbulnya penyakit baru *Timbulnya tekanan/stres karena aktifitas yang sibuk akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dll.
  12. 12. Thank You

×