Produksi multimedia

535 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
535
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
97
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Produksi multimedia

  1. 1. PRODUKSI MULTIMEDIATAJUK: ANIMASI
  2. 2. TUTORIAL : MOTION TWEEN1. Buka software Macromedia Flash 8.2.   Pada baris Create New pilih FlashDocument.3.   Setelah terbuka kita mula membuat gambarbola. Tetapi sebelum membuat gambar bolapilih dulu warna bola yang ingin anda buatdengan cara klik pada Fill color => pilihwarna.
  3. 3. 4.      Gambar bola dengan menggunakan Oval Tool(O) pada Toolbox seperti pada gambar.5.      Ganti nama layer bola menjadi Bola dengan caradouble klik pada Layer 1.
  4. 4. 6.    Setelah selesai membuat bola kita membuat lintasanbolanya dengan cara membuat layer yang baruterlebih dahulu dengan cara klik Insert Layer sepertigambar dibawah ini.7.      Ganti nama Layer 2 menjadi Jalur. 
  5. 5. 8. Klik kanan pada layer Jalur => pilih guide, maka layerakan berubah seperti gambar dibawah ini.9. Gabungkan layer Bola dengan layer Jalur dengan caramenggeser layer Bola ke layer Jalur, makalayer Jalur akan berubah lagi seperti pada gambar.
  6. 6. 10.  Sekarang kita mulai membuat gambar jalurnya denganklik sekali pada layer Jalur, lalu pilihLine Tool (N) padabaris Tool => buatlah garis lurus seperti pada gambar.11.  Lengkungkan garis dengan menggunakan Selection Tool(V) => dekatkan Selection Tool dengan garis sampai adagaris kecil yang melengkung di dekat Selection Tool => kliksambil digeser ke atas /drag sampai garisnya melengkungseperti pada gambar.
  7. 7. 12.  Sekarang kita tinggal membuat bolanya bergerak.13.  Kita buat framenya terlebih dahulu dengan cara klikkanan pada frame 20 layer Jalur  => pilih InsertFrame seperti pada gambar.
  8. 8. 14.  Klik frame 1 layer Bola => pilih Free Transform Tool(Q) pada baris Tool => geser gambar bola hingga titiktengahnya berada tepat di garis seperti pada gambar.
  9. 9. 15.  Klik kanan frame 20 layer Bola => pilih InsertKeyframe => pilih Free Transform Tool (Q)=> gesergambar bola hingga titik tengahnya berada di ujunggaris.
  10. 10. 16.  Klik kanan pada frame layer Bola => pilih Create MotionTween, maka akan muncul gambar panah pada frametersebut seperti pada gambar. 17.  Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya
  11. 11. 1. Tutorial ini akan mengajar anda untuk menghasilkanshape tweening dengan menghasilkan 2 bentuk danbertukar dari satu bentuk ke bentuk yang lain.2. Sebelum mula, kita perlu tentukan bentuk apakah yanghendak digunakan untuk menghasilkan shape tween3. Hasilkan satu bentuk segi empat sama seperti dibawahdalam frame 1 di timeline anda.TUTORIAL : SHAPE TWEEN
  12. 12. 4. Clik pada frame ke 25 dalam timeline dan insertkeyframe5. Clik pada frame ke 50 dan insert lagi keyframe6. Pastikan ada kawasan yang berlorek dari frame 1hingga 50, ini adalah kawasan aktif dan animasi akandilakukan dalam kawasan ini.
  13. 13. 7. Clik pada frame yang tengah iaitu frame yang ke 25dan hasilkan satu bulatan biru diatas segiempat samayang dihasilkan sebelum ini8. Bulatan biru dihasilkan dengan clik oval tool pada frameke 25< tekan shift dan klik kiri dan hasilkan sebuahbulatan biru, stage anda haruslah kelihatan sepertirajah dibawah
  14. 14. 9. Dalam timeline window, clik pada mana frame dari 2-24dengan klik kiri10. Dalam window properties, anda akan nampak pilihantween. Pada drop-down tween tersebut klik shape.11.Sekarang, masukkan keyframe pada frame 26. Klik kiripada mana-mana frame dari 27-49 dan sekali lagi pilihshape tween dari windows properties
  15. 15. 12.Kalau terdapat garis terputus dan bukannya garis luruspada timeline anda, maka anda mengaplikasikanlangkah-langkah dengan betul.13.Pergi ke Control menu dan klik control < Test Movie

×