BAB V
FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA
PENGANTAR
Ajaran filsafat yang komprehensif telah menduduki
status tinggi dalam kebudayaan manusia, yakni
sebagai ideologi...
PANCASILA SEBAGAI
FILSAFAT HIDUP BANGSA
Pancasila adalah jiwa dan seluruh rakyat indonesia,
kepribadian bangsa indonesia, ...
PANCASILA SEBAGAI
FILSAFAT PENDIDIKAN
NASIONAL
Perjalanan negara kita, yang merdeka pada 17
Agustus 1945, telah banyak men...
HUBUNGAN PANCASILA
DENGAN SISTEM PENDIDIKAN
DITINJAU DARI FILSAFAT
PENDIDIKAN
Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang...
FILSAFAT PENDIDIKAN
PANCASILA DALAM TINJAUAN
ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI,
DAN AKSIOLOGI.
• Ontologi
• Epistemologi
• Aksiologi
FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA
FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA

7,699 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
7,699
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
94
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA

  1. 1. BAB V FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA
  2. 2. PENGANTAR Ajaran filsafat yang komprehensif telah menduduki status tinggi dalam kebudayaan manusia, yakni sebagai ideologi bangsa dan negara. Seluruh aspek kehidupan suatu bangsa diilhami dan berpedoman ajaran-ajaran filsafat bangsa itu sendiri. Dengan demikian, kehidupan sosial, politik, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan, bahkan kesadaran atas nilai-nilai hukum dan moral bersumber dari ajaran filsafat.
  3. 3. PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT HIDUP BANGSA Pancasila adalah jiwa dan seluruh rakyat indonesia, kepribadian bangsa indonesia, pandangan bangsa indonesia dan dasar negara. Disamping menjadi tujuan hidup bangsa Indonesia, Pancasila juga merupakan kebudayaan yang mengajarkan bahwa hidup manusia akan mencapai puncak kebahagiaan jika dapat dikembangkan keselarasan dan keseimbangan, baik dalam hidup manusia sebagai pribadi , sebagai mahluk sosial dalam mengejar hubungan dengan masyarakat, alam, Tuhannya maupun dalam mengejar kemajuan lahiriah dan kebahagian rohaniah.
  4. 4. PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL Perjalanan negara kita, yang merdeka pada 17 Agustus 1945, telah banyak mengalami pasang surut, begitu juga keadaan pendidikan penyakit. Sistem pendidikan yang dialami sekarang merupakan hasil perkembangan pendidikan yang tumbuh dalam sejarah pengalaman bangsa di masa lalu. Pendidikan tidak berdiri sendiri, tapi selalu dipengaruhi oleh kekuatan- kekuatan politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan.
  5. 5. HUBUNGAN PANCASILA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN DITINJAU DARI FILSAFAT PENDIDIKAN Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang merupakan fungsi utamanya dan dari segi materinya digali dari pandangan hidup dan kepribadian bangsa. Filsafat adalah berpikir secara mendalam dan sungguh- sungguh untuk mecari kebenaran sesuatu. Sementara menjiwai sistem pendidikan nasional tidak bisa dipisahkan dengan kenyataan yang ada, karena pendidikan nasional itu dasarnya adalah Pancasila dan UUD 1945. Jadi, ini merupakan suatu kesatuan yang utuh.
  6. 6. FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA DALAM TINJAUAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI. • Ontologi • Epistemologi • Aksiologi

×