Presentation e comerce

255 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
255
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentation e comerce

  1. 1. Anggota Kelompok: 1. Taufik Rahman 2. Gt. Nizar Syafi’i 3. Adha Akbar 4. Gresciano Lepong Bulan 5. Donny Saputra Tinggam
  2. 2. Pengertian E Commerce E- commerce (electronic comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
  3. 3. Ruang Lingkup E Commerce Salah satu subset terpenting dan terbesar dari e-business adalah ecommerce, dimana berbagai aktivitas transaksi jual beli dilakukan melalui medium internet. Karena sangat lebarnya spektrum proses dari transaksi jual beli yang ada, sangat sulit menentukan ruang lingkup atau batasan dari domain e-commerce.
  4. 4. Salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk dapat mengerti batasan-batasan dari sebuah e-commerce adalah dengan mencoba mengkaji dan melihat fenomena bisnis tersebut dari berbagai dimensi, seperti yang dijelaskan berikut ini.  Teknologi  Marketing dan “New Consumer Processes”  Electronic Linkage  Information Value Adding  Market-Making  Service Infrasructure  Legal, Privacy, dan Public Policy
  5. 5. Pentingnya E-comerce Pada zaman sekarang penggunaan situs E- commece untuk kegiatan bisnis /transaksi tidak bisa di tawar-tawar lagi karena apabila kita hanya mengandalkan system peromosi secara tradisional sudah dapat dipastikan kegiatan bisnis/transaksi itu tidak akan berkembang dengan baik ,hal itu dikerenakan pada zaman sekarang persaingan semakin ketat begitu pula dengan berbagai macam cara promosi makin variatif.
  6. 6.  Dengan menggunakan E-commece kita memiliki beberapa keuntungan diantaranya : 1. Dapat memperluas kegiatan usaha kita (karena promosi dengan E-commerce tidak terhalang oleh jauhnya lokasi) 2. Menghemat biaya promosi/transaksi 3.Menghemat waktu 4.Dan pastinya lebih banyak lagi manfaatnya.
  7. 7. Jenis-jenis E-commerce  Business to Business  Business to consumer  Consumer to Consumer
  8. 8. Proses pembayaran elektronik Sistem pembayran elektronik adalah sistem pembayaran alternatif yang memudahkan konsumen melakukan pembayran melalui jaringan atau internet.Dalam sistem pembayaran elektronik, semua data pembayaran terdigitalisasi. Ada 2 jenis sistem pembayaran: 1. Electronic cash/e-cash (token-based system) 2. Credit/debit system (account-based system)
  9. 9. Karakteristik sistem pembayaran elektronik:  Applicability  Easy to use  Security  Reliability  Trust  Scalability  Convertibility  Interoperability  Efficiency  Anonymity  Traceability  Authorization type
  10. 10.  Trend aplikasi e-commerce Trend aplikasi e-commerce digunakan secara online dengan menggunakan web-web atau situs-situs yang tersedia, seperti www.amazon.com, www.e- bay.com,www.shopping .com dan lainya.
  11. 11.  Kebutuhan web store Kebutuhan web store dinilai berdasarkan beberapa factor berikut ini: 1. Petunjuk dan Informasi Pasar, yaitu sebagai alat bantu yang bermanfaat bagi pengunjung .misalnya informasi tentang indeks saham, berita terbaru, kalkulator serta alat bantu pengambilan keputusan. 2. Harga yaitu harga produk djual 3. Pelayanan Konsumen, yaitu tingkat pemberian tanggapan dan kualitas email serta pelayanan pusat informasi konsumen. 4. Fasilitas dan Isi Web, yaitu ketersediaan pengecekan barang dengan hanya satu klik, hadiah, keterangan produk, serta tanggapan dari para
  12. 12. E-commerce market place E-commerce dalam pasar berfungsi sebagai pangsa pasar global yang tiada batas dengan tidak adanya kalangan yang dibuat oleh pemerintah. Pemerintah U.S telah memasukkan “Global Framework for Electronic Commerce” di internet,yang menerangkan kerangka pengaturan pasar yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi pertumbuhan ekonomi digital yang menawarkan fleksible, solusi industry yang secara efektif akan mengatasi masalah yang mungkin timbul.
  13. 13.  Clicks and bricks di e-commerce Click and brick adalah suatu strategi yang dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan internet (clicks) dan toko sebagaimana penjualan tradisional (bricks), jadi perusahaan memiliki toko virtual atu toko yang sesungguhnya.

×