Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

geografi semester 2 pemanfaatan lingkungan hidup & dan kualitas dan baku mutu lingkungan

1,419 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

geografi semester 2 pemanfaatan lingkungan hidup & dan kualitas dan baku mutu lingkungan

  1. 1. PEMANFAATAN LINGKUNGAN HIDUP 1. PENGERTIAN LINGKUNGAN HIDUP Otto Sumarwoto mendefinisikan Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
  2. 2. a. Biotik Lingkungan biotik (lingkungan organik) merupakan komponen makhluk hidup yang menghuni planet bumi, terdiri atas mikroorganisme, seperti bakteri dan virus, tumbuhan, hewan, dan manusia. 2. UNSUR-UNSUR LINGKUNGAN HIDUP b. Abiotik Lingkungan abiotik (lingkungan anorganik) adalah unsur-unsur yang berada di alam dan merupakan benda mati atau tidak bernyawa. antara lain adalah batuan, air, tanah, udara, iklim, mineral dan sinar matahari, lingkungan ini
  3. 3. C. Sosial Budaya unsur sosial budaya merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan manusia dan manusia dengan alam sehingga menimbulkan nilai, cipta, rasa, dan karsa.
  4. 4. 3. MANFAAT LINGKUNGAN HIDUP Ruang muka bumi sebagai tempat berpijak dan beraktivitas sehari-hari. Sebagai tempat kegiatan ekonomi, seperti lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan, aktivitas sosial lainnya. Unsur udara (oksigen) sangat bermanfaat untuk bernafas manusia dan hewan. Komponen hewan dan tumbuhan merupakan sumber bahan makanan bagi manusia.
  5. 5. 4. PERBANDINGAN LINGKUNGAN HIDUP DULU DENGAN SEKARANG DAN LINGKUNGAN HIDUP DIMASAYANG AKAN DATANG
  6. 6. KUALITAS DAN BAKU MUTU LINGKUNGAN 1. Pengertian Kualitas Lingkungan Kualitas lingkungan hidup adalah derajat kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia di tempat dan waktu tertentu. Kebutuhan manusia bermacam-macam.
  7. 7. 2. Kualitas Lingkungan Hidup Dibedakan Berdasarkan Biofisik, Sosial Ekonomi, Dan Budaya a. Lingkungan biofisik adalah lingkungan yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik yang berhubungan dan saling memengaruhi satu sama lain berlangsung seimbang.
  8. 8. b. Lingkungan sosial ekonomi adalah lingkungan manusia dalam hubungan dengan sesamanya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. standar kualitas lingkungan sosial ekonomi dikatakan baik jika kehidupan manusia cukup sandang, papan, pangan, pendidikan maupun kebutuhan lainnya. c. Lingkungan budaya adalah segala kondisi, baik berupa materi (benda) maupun nonmateri yang dihasilkan oleh manusia melalui aktivitas dan kreativitasnya.
  9. 9. Faktor Yang Dapat Memengaruhi Kualitas Lingkungan Hidup : a. Faktor Sosial b. Faktor Ekonomi c. Faktor Teknologi d. Faktor Politik
  10. 10. 2. PENGERTIAN BAKU MUTU LINGKUNGAN Baku mutu lingkungan adalah batas kadar yang diperkenankan bagi zat atau bahan pencemar terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup, tumbuhan atau benda lainnya.
  11. 11. a. Baku Mutu Air Baku Mutu Air adalah ambang batas kadar bahan atau zat yang diperbolehkan terdapat dalam sumber air, yang masih dapat digunakan. Misalnya air untuk air minum, untuk mandi, untuk perikanan, untuk industry, dan lain-lain. Golongan A Digunakan Untuk Air Minum Golongan B Digunakan untuk prasarana atau sarana rekreasi air, pembudayaan ikan air tawar, peternakan dan irigasi. Golongan C Digunakan untuk pembudayaan air tawar, peternakan, dan air untuk mengairi sawah Golongan D Digunakan untuk pengairan sawah
  12. 12. b. Baku Mutu Air Laut Yaitu batas atau kadar bagi zat atau bahan pencemar yang ditenggang keberdayaannya di dalam air laut. penentuan baku mutu didasarkan atas pemanfaatan perairan pesisir laut menurut peruntukannya misalnya Budidaya, wisata bahari, kawasan industri, tempat habitat biota laut dll.
  13. 13. Batas mutu untuk biota laut
  14. 14. c. Baku Mutu Udara Emisi Baku mutu udara adalah kadar yang diperbolehkan bagi zat atau bahan pencemar untuk dikeluarkan dari sumber pencemaran udara.
  15. 15. d. Baku Mutu Air Limbah baku mutu air limbah adalah batar atau kadar unsur jumlah pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam air limbah yang akan dibunga.
  16. 16. e. Baku Mutu Limbah Cair Kawasan Industri baku mutu limbah cair adalah batas maksimum limbah cair yang diperbolehkan untuk dibuang ke lingkungan hidup dari suatu kawasan industri.
  17. 17. f. Baku Mutu Ambien Baku mutu ambien adalah batas kadar yang diperbolehkan bagi bahan pencemar yang terdapat di udara dalam menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup.
  18. 18. g. Baku Mutu Tanah baku mutu tanh adalah batas kadar yang diperbolehkan bagi bahan pencemar yang terdapat di tanah.

×