Frasa adjektiva Kelas X SMA

24,710 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
24,710
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
148
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Frasa adjektiva Kelas X SMA

  1. 1. Kalimat terdiri atas beberapasatuan. Satuan-satuan tersebut terdiriatas satu kata atau lebih. Satuanpembentuk kalimat tersebutmenempati fungsi tertentu. Fungsi yangdimaksud yaitu Subjek (S), Predikat (P),Objek (O), Pelengkap (Pel.), danKeterangan (Ket.). Fungsi-fungsi tersebut boleh adaatau tidak dalam suatu kalimat. Fungsiyang wajib ada yaitu subjek danpredikat. Fungsi dalam kalimat dapatterdiri atas kata, frasa, maupun klausa.
  2. 2. Jadi apa pengertian dari FRASA?Frasa adalah satuan yang terdiri atas dua kata atau lebih yang menduduki satu fungsi kalimat.Contoh frasa:Dua orang mahasiswa sedang membaca buku di perpustakaan. S P Ket. TempatKalimat di atas terdiri atas tiga frasa yaitu dua orang mahasiswa,sedang membaca, dan di perpustakaan.Jadi, frasa memiliki sifat sebagai berikut.1. Frasa terdiri atas dua kata atau lebih.2. Frasa selalu menduduki satu fungsi kalimat.
  3. 3. Contoh Frasa: 1. gedung sekolah itu 2. yang akan pergi 3. sedang membaca 4. sakitnya bukan main 5. besok lusa 6. di depan.Jika contoh itu diletakkan dalam kalimat, kedudukannya tetap pada satu jabatan saja. 1. Gedung sekolah itu(S) luas(P). 2. Dia(S) yang akan pergi(P) besok(Ket). 3. Bapak(S) sedang membaca(P) koran sore(O). 4. Pukulan Budi(S) sakitnya bukan main(P). 5. Besok lusa(Ket) aku(S) kembali(P). 6. Bu guru(S) berdiri(P) di depan(Ket).
  4. 4. Macam-macam frasa :1. Frasa nomina (benda)2. Frasa verba (kerja)3. Frasa adjektiva (sifat)4. Frasa adverbia (keterangan)5. Frasa numeralia (bilangan)6. Frasa preposisional (depan)
  5. 5. Frasa Adjektiva Frasa adjektiva merupakan frasa yang unsur intinya berupakata sifat. Frasa ini biasanya berkombinasi dengan kata agak,kurang, lebih, sangat, dan paling.Perhatikan contoh berikut ini! “Sebenarnya, orang tua siswa mau membayar, tetapikebutuhan rumah tangga mereka lebih penting untukdipenuhi” Frasa lebih penting dalam kalimat tersebut termasuk frasaadjektiva. Unsur intinya, yaitu kata penting, berkategori katasifat (adjektiva) yang dikombinasikan dengan kata lebih.
  6. 6. Contoh :anak kecil beban berat tugas ringanbaju merah pemain ganda baju kotorPada tataran kalimat, frasa adjektiva bisa berfungsisebagai predikatif (predikat) dan adverbial(keterangan).Contoh :a. Agaknya dia sudah mabuk. (predikatif)b. Orang itu sakit. (predikatif)c. Bajunya basah tersiram air. (predikatif)d. Mereka bekerja dengan bangga. (adverbial)

×