Perkembangan Internet

11,824 views

Published on

2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
11,824
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
157
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perkembangan Internet

  1. 1. Pemetaan Materi Bab 1 World Wide Mengenal Internet Web dan Intranet Electronic Mail Mengerti definisi Mailing List internet dan intranet Internet Relay serta aktivitas di Chatting dalamnya File Transfer Mengetahui Protocal perkembangan internet VoIP Layanan SDM Mengetahui sumber daya nternet Intranet Layanan Bahan dan Logistik Memahami Pemanfaatan Internet Layanan SI Internet dan intranetKesehatan Perbankan Perdagangan Pendidikan Pariwisata Jurnalistik
  2. 2. Pengertian Internet dan Intranet Internet berasal dari kata Interconnection Network, yang secara bahasa bermakna jaringan yang saling berhubungan. Secara istilah Internet adalah kumpulan computer-komputer di seluruh dunia secara berhubungan dalam jaringan yang sangat luas. Secara umum dapat dikatakan juga bahwa internet adalah jaringan komputer utama yang terdiri dari jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan melalui internet:a.Mencari informasi. Abad ke 21 adalah abad yang di sebut-sebut sebagai abad informasi. Setiap hari kita menerima informasi, baik itu televisi, radio, koran, atau majalah.b.Pertukaran informasi melalui email. Melalui internet, kita dapat bertukar informasi dengan komputer lain di berbagai penjuru dunia tanpa terhalang oleh waktu, tempat, batas Negara, hokum, maupun proses birokras.c.Bercakap-cakap dengan pengguna lain ditempat yang saling berjauhan. Istilah ini biasanya disebut chatting. Chatting merupakan aktivitas social yang memungkinkan kita untuk lebih mengetahui kehidupan social, cirri khas, atau kebudayaan negara lain, tanpa harus mengunjungi tempat tersebut.d.Berbagi cerita melalui blog. Blog adalah kegiatan yang saat ini digemari oleh jutaan pengguna internet.
  3. 3. e. Bergabung dengan grup pertemanan. Grup pertemanan memungkinkan kita untuk menambah teman baru melalui internet.f. Berbelanja. Dengan menggunakan internet, kita dapat berbelanja tanpa harus meninggalkan rumah. Kita dapat megunjungi toko-toko online yang jumlahnya jutaan melalui internet lalu membeli barang yang kita inginkan. System pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.g. Bermain game. Bermain game bersama dapat dilakukan di tempat yang berbeda dengan melakukan internet.h. Menonton film. Film merupakan salah satu bentuk hiburan yang digemari oleh semua lapisan masyarakat. Di internet banyak terdapat film-film. Situs penyedian film seperti Youtube.com.
  4. 4. Sedangkan intranet adalah kumpulanKomputer yang saling berhubungan dalam sebuahjaringan khusus/privat ( private computer network )pada lingkup sebuah institusi atau perusahaan. Carakerja intranet tidak jauh berbeda dengan internet,hanya saja intranet memiliki cakupan area yanglebih kecil.Ada beberapa hal yang paling membedakan antarainternet dan intranet adalah bahwa internet dapatdiakses oleh semua orang seluruh dunia, sedangkanakses intranet dibatasi hanya untuk anggotaorganisasi yang bersangkutan.
  5. 5. Keuntungan perusahaan dalam menggunakanintranet adalah sebagai berikut:a.Mengurangi biayab.Hemat waktuc.Meningkatkan kolaborasid.Meningkatkan produktivitas dan efisiensie.Membentuk lingkungan computer yangterintegrasi dan dan terdistribusif.Kaya dalam format
  6. 6. Intranet mempunyai tiga buah model organisasi, yaitu:a.Model tersentralisasi Dalam model ini hanya dimungkinkan sebuah server yang menampung semua data yang di perlukan.b.Model desentralisasi Model ini berlawanan dengan model tersentralisasi. Dalam model ini, semua pengguna dapat menyimpan data dan informasi ke dalam server.c.Model campuran Gabungan dari model sentralisasi dan desentralisasi .
  7. 7. Perkembangan Internet Perkembangan Internet di mulai pada tahun 1958. Hingga saai ini, teknologiinternet terus berkembang.1. Tahun 1958 Pada tahun 1958, Departement Pertahanan Amerika Serikat membentuk sebuah lembaga riset yang diberi nama ARPA (Advance Research Projects Agency), yaitu sebuah lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk mengadakan penelitian terkait dengan usaha menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki oleh Departement Pertahanan dalam satu jaringan. Di dalam pimpinan Joseph Lickklider.2. Tahun 1965 Larry Robert dan Thomas Marill yang bekerjasama dengan ARPA berhasil membuat suatu WAN (Wide Area Network) yang pertama.3.Tahun 1969 ARPA berhasil mengembangkan jaringan komunikasi data antar- komputer dari berbagai universitas yang mendanai penelitian ini, antara ini University of California di Los Angeles, University of California di Santa Barbara, Stanford Research Institute, serta University of Utah. Jaringan ini disebut ARPANET
  8. 8. 4. Tahun 1970 NetworkWorkingGroup berhasil menemukan aplikasi internet yang dikenal sebagai File Transfer Protocol (FTP). Aplikasi FTP ini sangat membantu proses mengunduh file. Di samping itu, NetworkWorkingGroupberhasil mengembangkan aplikasi Telnet, yaitu protocol yang memungkinkan pengguna untuk mengakses computer dengan jarak jauh.5.Tahun 1972 Ray Tomilson berhasil mengembangkan suatu program yang mampu mengirimkan surat elektronik melalui ARPANET, yang dikenal dengan sebutan email ( electronic mail )6.Tahun 1976 Setahun kemudian, sudah lebih dari100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.7.Tahun 1982 Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mulai mengembangkan sebuah protocol yang lebih umum yang dinamakan TCP/IP. Protocol ini masih di gunakan hingga saat ini.
  9. 9. 8.Tahun 1984 Dengan banyaknya alamat jaringan computer yang ada, maka pada tahun 1984 di perkenalkan suatu penamaan alamat atau di sebut dengan Domain Name System (DNS).9.Tahun 1988 Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memerkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.10.Tahun 1990 Timothy Berners Lee seorang peneliti di bidang computer berkebangsaan Inggris, menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer lainnya yang membentuk jaringan itu, yang di sebut WWW atau World Wide Web.11.Tahun 1991-1993 Pada tahun 1993, Marc Andreesen bersama tim nya dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA) mengembangkan aplikasi browser yang dinamakan Mosaic. Tak lama kemudian, ia mengundurkan diri dari NCSA dan mengembangkan browser yang kita kenal dengan nama Netscape.
  10. 10. Sumber Daya Internet1.World Wide Web World Wide Web (WWW) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan web/website adalah fasilitas internet yang dapat menampilkan kumpulan informasi, gambar, suara, bahkan video. Melalui website, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, hiburan, pengetahuan, dan masih banyak lagi.2.Electronic Mail (Email) Email atau surat elektronik merupakan salah satu fasilitas internet yang paling banyak di gunakan. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengirim surat dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia.3.Mailing List Mailing List atau yang biasa di singkat milis merupakan fasilitas email secra berkelompok. Saat kita bergabung dalam anggota milis, kita dapat bertukar informasi melalui email yang beredar dalam kelompok tersebut.
  11. 11. 4.Internet Relay Chat Internet Relay Chat merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita bercakap-cakap dengan lawan bicara melalui internet. Percakapan melalui internet ini dikenal dengan sebutan chatting.5.File Transfer Protocol (FTP) FTP merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim data dari computer yang satu ke computer yang lain. Dengan adanya FTP, prosesnpengiriman data lebih mudah dan cepat. Proses pengiriman data dari computer kita ke computer lain disebut upload, sedangkan pengambilan data dari computer lain ke computer kita disebut download.6.VoIP VoIP ( Voice Over Internet Protocol) adalah suatu teknologi yang memungkinkan percakapan suara melalui internet.
  12. 12. Pemanfaatan Internet dan Intranet1. Pemanfaatan InternetBidang-bidang yang saat ini telah memanfaatkan internet, antara lain:a.Bidang Perbankan Salah satu pemanfaatan internet dalam dunia perbankan adalah melalui internet banking. Dengan adanya internet banking, nasabah tidak perlu pergi ke bank yang bersangkutan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan transaksi perbankan, asalkan tersedia internet.b.Bidang Perdagangan Proses perdagangan melalui dunia internet ini dikenal dengan nama e- commerce. Dengan kata lain e-commerce adalah kegiatan jual beli barang atau jasa yang dijalankan secra elektronik melalui jaringan internet. Proses pembayaran pada transaksi elektronik pada umumnya dilakukan dengan menggunakan kardu kredit atau account paypal. Dengan adanya system pembayaran ini, transaksi jual beli melalui internet dapat berjaln dengan mudah dan efektif.c.Bidang Pendidikan Dengan adanya internet, penyebaran dan pertukaran informasi dapat belangsung sangat mudah dan singkat. Dengan menjelajahi internet, kit adapt menemukan beraneka macam informasi dan pengetahuan baru yang kita inginkan. Selain itu, internet juga memungkin kan kita untuk dapat berinteraksi secara langsung bersama para pakar yang ahli dibidangnya. Interaksi tersebut dapat dilakukan melalui email, chatting, video conference, dan beberapa media komunikasi lainnya.
  13. 13. d.Bidang Pariwisata Internet dapat dimanfaat kan untuk menunjang industri pariwisata. Kemampuan internet untuk menampilakan multimedia ( teks, suara, gambar, video) tentunya menjadi sarana yang efektif untuk promosi ke mancanegara.e.Bidang Kesehatan Dalam bidang kesehatan, pemanfaatan teknologi informasi atau internet biasa di sebut dengan e-health. Pemanfaatan e-health yang saat ini menjadi trend adalah telemedicine. Telemedecine di definisikan sebagai layanan kesehatan yang di laksanakan dari jarak jauh atau dapat juga dikatakan transfer data merdikelektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya.f.Bidang Junarlistik Bagi para jurnalis atau pencari berita seprti, wartawan dan reporter, internet telah memegang peranan penting dalam pengiriman berita. Selain di sisi peliputan berita, internet juga dimanfaatkan untuk menampilkan berita.
  14. 14. 2. Pemanfaatan IntranetContoh pemanfaatan intranet pada sebuahorganisasi, antara lain:a.Layanan sumber daya manusiab.Layanan bahan dan logisticc.Layanan system informasi

×