Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengelolaan Kelas

692 views

Published on

Pengelolaan Kelas

Published in: Education
  • Login to see the comments

Pengelolaan Kelas

  1. 1. PENGELOLAAN KELAS Kelompok 3 Dania Yuliani (06081181419001) Dih Octavianty (06081181419002) Cahaya Wania (06081181419010)
  2. 2. PENGERTIAN Wilford (James M. Cooper, 1995), pengelolaan kelas merupakan seperangkat perilaku yang kompleks dimana pembelajar menggunakan untuk menata dan memelihara kondisi kelas yang akan memampukan para pebelajar mencapai tujuan pembelajaran secara efesien. secara terminology Sudirman (dalam Djamarah 2006) “Pengelolaan Kelas adalah upaya dalam mendayagunakan potensi kelas.” Kelas mempunyai peranan dan fungsi tertentu dalam menunjang keberhasilan proses interaksi edukatif, agar memberikan dorongan dan rangsangan terhadap anak didik untuk belajar, kelas harus dikelola sebaik-baiknya oleh pembelajar. Pengelolaan kelas (classroom manajement) adalah serangkaian tindakan yang dilakukan pembelajar dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan pembelajaran yang positif dan produktif agar proses belajar mengajar agar dapat berjalan sesuai dengan tujuannya.
  3. 3. TUJUAN 1. Mewujudkan situasi dan kondisi kelas 2. Menghilagkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar 3. Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar 4. Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya. Menurut Ahmad (1995)
  4. 4. PENDEKATAN 1. Pendekatan Kekuasaan 2. Pendekatan Pengajaran 5. Pendekatan Ancaman 4. Pendekatan elektis atau pluralistic 3. Pendekatan Kerja Kelompok 6. Pendekatan Resep 7. Pendekatan Perubahan Tingkah Laku 8. Pendekatan Kebebasan 9. Pendekatan Sosio- Emosional
  5. 5. STRATEGI Menyusun rencana pembelajaran. Membangun kerjasama dengan siswa dalam proses belajar mengajar. Pemberian Motivasi belajar Menciptaan Iklim Pembelajaran Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa pelaksanaan Evaluasi Proses Belajar Mengajar.
  6. 6. Langkah-Langkah Memahami hakikat konsep dan tujuan pengelolaan kelas Menentukan masalahnya, preventif atau kuratif Mempertimbangkan hakikat anak Menentukan masalahnya , individual atau kelompok Menyusun rancangan pengelolaan kelas Menjabarkan langkah-langkah kegiatan Melaksanakan rancangan yang telah disusun
  7. 7. TEKNIK a. Mendekati f. Mengadakan diskusi secara terbuka e. Teknik yang keras d. Tidak mengacuhkan b. Memberikan isyarat c. Mengadakan humor g. Memberikan penjelasan prosedur h. Mengadakan analisisi. Mengadakan perubahan kegiatan j. Menghimbau
  8. 8. INDIKATOR KEBERHASILAN 1. Guru mengerti perbedaan antara mengelola kelas dan mendisiplinkan kelas 2. Sebagai guru jika anda pulang ke rumah tidak dalam keadaan yang sangat lelah. 3. Guru mengetahui perbedaan antara prosedur kelas dan rutinitas kelas. 4. Guru melakukan pengelolaan kelas dengan mengorganisir prosedur-prosedur, sebab prosedur mengajarkan siswa akan pentingnya tanggung jawab. 5. Guru tidak mendisiplinkan siswa dengan ancaman- ancaman, dan konsekuensi. 6. Guru mengerti bahwa perilaku siswa di kelas disebabkan oleh sesuatu, sedangkan disiplin bisa dipelajar.

×