Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tentang program Kakak Asuh (SEHATI) 2014

2,418 views

Published on

program Kakak Asuh utuk membantu anak-anak yatim/dhuafa menggapai impianya

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tentang program Kakak Asuh (SEHATI) 2014

  1. 1. Senyum Community Jl. Affandi (Gejayan) Ds Soropadan No 40 RT 02 RW 36 Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta [TYPE THE COMPANY NAME] PROGRAM SEHATI
  2. 2. 1. Apa itu SEHATI ? Program ini lahir dari kebutuhan beberapa panti asuhan dampingan Senyum Community (SC) yang membutuhkan bantuan logistik dan kebutuhan hidup lainnya. Sebelumnya SC lebih fokus kepada pendampingan pendidikan alternatif dan pemberdayaan anak-anak yatim/dhuafa, namun melihat kenyataan yang ada masih banyak panti-panti asuhan yang membutuhkan bantuan operasional. Mulai tahun 2014 program ini tidak hanya membantu panti asuhan saja, tetapi ada juga adik-adik non panti yang mungkin sekiranya tidak mampu dalam pembiayaan pendidikannya maupun kebutuhan hidup lainnya. 2. Mengapa ada Program SEHATI? Program ini diadakan karena untuk membantu adik-adik SEHATI untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan kebutuhan penunjang pendidikannya. Hal ini didasari karena masih banyak generasi muda Indonesia yang membutuhakan uluran bantuan pendidikan maupuan kebutuhan mendasar lainnya. 3. Kapan program SEHATI berjalan? Program SEHATI akan berjalan jika Adik SEHATI telah dinyatakan layak untuk dibantu dan dana/bantuan yang dibutuhkan telah siap untuk diberikan. Setelah itu bantuan yang kita berikan akan disinergikan dengan beberapa program SC lainnya. Hal termasuk komunikasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak lain yang terkait sehingga distribusi bantuan bisa merata dan mencangkup banyak aspek kehidupan. Bantuan akan diserahkan kepada adik asuh bukan berupa uang*, namun bantuan tersebut diberikan berupa biaya pendidikan, biaya penunjang pendidikan dan biaya hidup adik asuh tersebut. 4. Dimana program SEHATI dilaksanakan? Awalnya program ini hanya mengacu pada adik-adik SEHATI yang terdapat pada Panti Asuhan disekitar Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun pada tahun 2014, program SEHATI melakukan inovasi atau mengembangkan sayap untuk membantu adik-adik yang notabene “non panti asuhan”yang berada di sekitar kecamatan Bausasran. Oleh sebab itu pemilihan adik-adik harus lebih selektif dan lebih bijaksana dibandingkan dengan anak-anak panti asuhan. Sampai Mei 2014 adik-adik SEHATI tersebar di Yogyakarta, Gunung Kidul, Klaten, Magelang dan Solo. 5. Kriteria adik asuh : a. Anak yatim, atau piatau, yatim-piatu, dhuafa. b. Benar-benar tidak dapat memenuhi kebutuhan pendidikan serta kebutuhan lain c. Terdapat tanggungan biaya oleh Orang Tua adik SEHATI (tanggungan lebih dari atau sama dengan tiga orang). d. Orang tua adik SEHATI yang berpendapatan dibawah rata-rata (tidak mampu/dhuafa). e. Anak berprestasi atau memiliki motivasi yang tinggi terhadap pendidikannya. f. Menerima untuk di survey atau wawancara oleh tim SC. g. Sedang tidak menerima bantuan dari manapun secara rutin termasuk kerabat. h. Bersedia mengikuti program pendampingan oleh pejuang SC (bersifat WAJIB)
  3. 3. 6. Tentang Kakak Asuh / Kakak Sehati: donatur Program SEHATI Kakak Sehati (Senyum Sahabat Sejati) merupakan program yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mendukung program SC secara rutin dengan menjadi donatur tetap. Yaitu dengan memberikan donasi untuk Adik-adik Asuh / Adik-adik Sehati yaitu sebesar Rp 150.000,00/bulan 7. Mengapa harus ikut program Kakak Sehati? a. Sebagai Kakak, akan mendapat beberapa fasilitas, yaitu:  Mendapatkan Adik Asuh (bisa disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan).  informasi Perkembangan Adik Asuh tiap semester.  Laporan Keuangan program Kakak Sehati tiap semester.  Dapat berkomunikasi dengan Adik Sehati melalui email, surat, video letter atau kunjungan secara personal. b. Pendayagunaan dana disesuaikan kebutuhan & tepat sasaran Pendayagunaan dana yang terkumpul disesuaikan dengan kebutuhan. Kebetuhan tiap anak bisa berbeda-beda dan dana yang terkumpulkaan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ada beberpa anak yang lebih membutuhkan untuk kebutuhan biaya sekolah tapi ada juga untuk kebutuhan harian (logistik) yang masih butuh bantuan. Dan setiap bulan bisa terjadi berbagai kebutuhan yang belum tentu bisa dipredisikan sebelumnya, seperti sakit, biaya tambahan kebutuhan sekolah dll c. Bantuan dilakukan secara komprehensif Bantuan yang kita berikan akan disinergikan dengan beberapa program SC lainnya. Hal termasuk komunikasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak lain yang terkait sehingga distribusi bantuan bisa merata dan mencangkup banyak aspek kehidupan. d. Pendampingan pendidikan alternatif & keterampilan praktis Saat ini pendidikan formal tidaklah cukup untuk menjadi bekal anak-anak di masa depan, perlu adanya pendidikan alternatif & keterampilan praktis. SC dengan berbagai programnya sangat fokus untuk membantu mereka dalam bidang ini. Harapanya adik sehati kelak bisa mandiri dan menjadi panutan positif bagi lingkungannya 8. Bagaimana kalau ingin Jadi Kakak SEHATI? a. Silahkan daftar via online disini b. konfirmasi via sms ke 085600966650 atau bisa menghubungi kordinator program Arif (089671650067-WA) c. Atau datang ke Rumah Senyum, Jl. Affandi (Gejayan) Ds Soropadan No 40 RT 02 RW 36 , Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta d. jika Anda ingin memilih adik Asuh (Adik SEHATI) bisa menghubungi kontak diatas, tapi bila tidak (kita yg memilihkan) bisa langsung donasi ke no rek khusus kita e. Donasi bisa melalui :  Bank Mandiri 1370007480144 a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho  BNI 0225606051 a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho  BRI 216401001022502 a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho  BCA 1220988496 a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho
  4. 4. 9. Bentuk dan Teknis penyaluran bantuan donasi program SEHATI: a. Kakak pendamping mendata kebutuhan adik-adik SEHATI, baik biaya sekolah, perlengkapan, maupun kebutuhan bahan pokok sehari-hari. b. Biaya sekolah secara langsung akan disalurkan ke sekolah-sekolah adik-adik SEHATI yang bersangkutan. c. Kebutuhan logistik / bahan baku disalurkan dalam bentuk barang. d. Penyaluran dana berupa kebutuhan yang bersifat tak terduga atau diluar anggaran akan dipertimbangkan secara matang dalam musyawarah internal SC. 10. Pendampingan dan pengawasan: a. Pendampingan : 1) Pendampingan dilakukan oleh pejuang SC ataupun pihak lain yang dianggap mampu mendampingi Adik SEHATI. 2) Bersifat kekeluargaan. 3) Setiap satu pendamping dapat mendampingi lebih dari satu adik SEHATI. 4) Pendamping harus mengetahui secara personal serta profesional terhadap adik- adik SEHATI b. Pengawasan : 1) Melakukan pengawasan atau pengendalian secara tidak langsung kepada adik-adik SEHATI 2) Melakukan evaluasi mengenai perkembangan adik-adik SEHATI. 3) Melakukan investigasi terhadap dana yang tak terduga yang menjadi kebutuhan dari adik-adik SEHATI.

×