Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Fakhriyanto
Stephani Magdhalena
Syafiq Afif M Nur
TUGAS BAHASA INDONESIA
Latihan Kalimat Baku
NO. 1
Peraturan itu mereka belum tahu.
Kesalahan :
Keterangan dan subyek tersambung
Koreksi :
Mereka belum tahu peraturan ...
NO. 2
Rumah mau dijual
Kesalahan :
penggunaan kurang tepat
Koreksi :
Rumah itu akan dijual.
NO. 3
Bola gagal masuk gawang
Kesalahan :
Karena S tidak boleh terpisah dengan P. Gagal
adalah kata sifat, sebaiknya digan...
NO. 4
Kepada setiap pengendara mobil di Surabaya
harus memiliki surat izin mengemudi.
Kesalahan :
Karena diawali dengan ka...
NO. 5
Semua peserta daripada pertemuan itu sudah
pada hadir.
Kesalahan :
Penggunaan kata pada tidak perlu karena sudah
ada...
NO. 6
Tahap terakhir penyelesaian gedung itu adalah pengecatan tembok,
memasang lampu, pengujian sistem pembagian air, dan...
NO. 7
Dia lebih tinggi dari saya.
Kesalahan :
Menggunakan daripada lebih tepat untuk
perbandingan.
Koreksi :
Dia lebih tin...
NO. 8
Saya mau bilang sama kamu punya ibu.
Kesalahan :
Lebih baku dan ‘kamu punya ibu’ adalah gaya
bahasa daerah, seharusn...
NO. 9
Kegiatannya meliputi pembelian buku, membuat katalog, dan
mengatur peminjaman buku.
Kesalahan :
Kegiatannya lebih te...
NO. 10
Jangankan saya, teman dekatnya saja tidak dia
beri tahu.
Kesalahan :
Penggunaan kata ‘ia’ lebih tepat daripada ‘dia...
NO. 11
Kami menghaturkan terima kasih atas kehadirannya.
Kesalahan :
Menghaturkan bukan bahasa Indonesia yang baku,
kemudi...
NO. 12
Rumah penduduk di Medan terang benderang oleh
cahaya lampu neon.
Kesalahan :
Koreksi :
Rumah penduduk di Medan itu ...
NO. 13
Mengenai masalah ketunaan karya perlu segera
diselesaikan dengan tuntas.
Kesalahan :
Menghapus kata mengenai supaya...
NO. 14
Kita perlu pemikiran-pemikiran untuk memecahkan
masalah-masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan
pengembangan kota...
NO. 15
Pengendara motor dilarang lewat jalan ini kecuali yang pakai
helm.
Kesalahan :
Penggunaan kata melewati lebih tepat...
NO. 16
Permintaan para langganan belum ada yang dipenuhi
karena persediannya sudah habis.
Kesalahan :
Persediaannya lebih ...
NO. 17
Persoalan yang diajukan oleh Bapak Kepala Sekolah
diulas kembali bersama Bapak Ketua P.O.M.G.
Kesalahan :
Persoalan...
NO. 18
Berhubung itu, mengemukakannya pula minat
baca kaum remaja semakin menurun.
Kesalahan :
Kurang baku
Koreksi :
Sehub...
NO. 19
Dari peristiwa itu perlu mendapat perhatian dari berbagai fihak,
sehingga pada masa datang tidak seorangpun menuntu...
NO. 20
Tujuan penyusunan Buku Pelajaran itu adalah membantu
masyarkat, khususnya yang berada di perdesaan. Sehingga
karena...
NO. 21
Dalam upacara pembukaan seminar itu, yang pertama kali diadakan di
kota Semarang dihadiri para pejabat-pejabat nega...
NO. 22
Pertanyaan saya yang ketiga kalinya, disebabkan karena
kebimbangan saya terhadap pemakaian kata nalar.
Kesalahan :
...
NO. 23
Ini hari, kita tidak bicarakan tentang soal harga,
melainkan tentang mutu barang itu.
Kesalahan :
Penyusunan kata k...
NO. 24
Membantu pemerintah dalam Gerakan Penghijauan
Lingkungan yang mana berarti turut menjaga
kelestarian alam.
Kesalaha...
NO. 25
Untuk peningkatan mutu pendidikan dari sekolah swasta di
mana memerlukan ketekunan dan keuletan para pamong.
Kesala...
NO. 26
Dengan perombakan sistem perdagangan dan industri itu
bertujuan, agar Indonesia dapat mengimbangi mengenai
pertumbu...
SEKIAN TERIMAKASIH
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kalimat baku

704 views

Published on

Terdiri dari contoh2 kalimat baku

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Kalimat baku

  1. 1. Fakhriyanto Stephani Magdhalena Syafiq Afif M Nur TUGAS BAHASA INDONESIA Latihan Kalimat Baku
  2. 2. NO. 1 Peraturan itu mereka belum tahu. Kesalahan : Keterangan dan subyek tersambung Koreksi : Mereka belum tahu peraturan itu.
  3. 3. NO. 2 Rumah mau dijual Kesalahan : penggunaan kurang tepat Koreksi : Rumah itu akan dijual.
  4. 4. NO. 3 Bola gagal masuk gawang Kesalahan : Karena S tidak boleh terpisah dengan P. Gagal adalah kata sifat, sebaiknya diganti dengan kata ‘tidak’. Koreksi : Bola tidak masuk gawang.
  5. 5. NO. 4 Kepada setiap pengendara mobil di Surabaya harus memiliki surat izin mengemudi. Kesalahan : Karena diawali dengan kata kepada maka kalimat tersebut tidak memiliki subyek. Ket +P+O. Koreksi : Setiap pengendara mobil di Surabaya harus memiliki surat izin mengemudi.
  6. 6. NO. 5 Semua peserta daripada pertemuan itu sudah pada hadir. Kesalahan : Penggunaan kata pada tidak perlu karena sudah ada kata semua di awal kalimat. Koreksi : Semua peserta daripada pertemuan itu sudah hadir.
  7. 7. NO. 6 Tahap terakhir penyelesaian gedung itu adalah pengecatan tembok, memasang lampu, pengujian sistem pembagian air, dan menata ruang. Kesalahan : Penggunaan kata ‘adalah’ tidak tepat karena menyebutkan banyak tahap bukan hanya satu. Selain itu tahap-tahap ‘pemasangan’ dan ‘penataan’ diseragamkan agar paralel. Koreksi : Tahap terakhir penyelesaian gedung itu antara lain pengecatan tembok, pemasangan lampu, pengujian sistem pembagian air, dan penataan ruang.
  8. 8. NO. 7 Dia lebih tinggi dari saya. Kesalahan : Menggunakan daripada lebih tepat untuk perbandingan. Koreksi : Dia lebih tinggi daripada saya.
  9. 9. NO. 8 Saya mau bilang sama kamu punya ibu. Kesalahan : Lebih baku dan ‘kamu punya ibu’ adalah gaya bahasa daerah, seharusnya diganti dengan ‘ibumu’. Koreksi : Saya mau bilang kepada ibumu.
  10. 10. NO. 9 Kegiatannya meliputi pembelian buku, membuat katalog, dan mengatur peminjaman buku. Kesalahan : Kegiatannya lebih tepat ditulis kegiatan perpustakaan agar lebih jelas. Selain itu perincian kegiatan diparalelkan dengan pembuatan, dan pengaturan. Koreksi : Kegiatan perpustakaan meliputi pembelian buku,pembuatan katalog, dan pengaturan peminjaman buku.
  11. 11. NO. 10 Jangankan saya, teman dekatnya saja tidak dia beri tahu. Kesalahan : Penggunaan kata ‘ia’ lebih tepat daripada ‘dia’ Koreksi : Jangankan saya, teman dekatnya saja tidak ia beri tahu.
  12. 12. NO. 11 Kami menghaturkan terima kasih atas kehadirannya. Kesalahan : Menghaturkan bukan bahasa Indonesia yang baku, kemudian kehadirannya diganti dengan kehadiran Anda. Koreksi : Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Anda.
  13. 13. NO. 12 Rumah penduduk di Medan terang benderang oleh cahaya lampu neon. Kesalahan : Koreksi : Rumah penduduk di Medan itu diterangi oleh cahaya lampu neon.
  14. 14. NO. 13 Mengenai masalah ketunaan karya perlu segera diselesaikan dengan tuntas. Kesalahan : Menghapus kata mengenai supaya terdapat subyek yaitu masalah ketunaan karya. Koreksi : Masalah ketunaan karya perlu segera diselesaikan dengan tuntas.
  15. 15. NO. 14 Kita perlu pemikiran-pemikiran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pengembangan kota. Kesalahan : Kata memerlukan lebih tepat untuk menjadi predikat. Penggunaan pemikiran-pemikiran dan masalah-masalah mubazir. Koreksi : Kita memerlukan pemikiran untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pengembangan kota.
  16. 16. NO. 15 Pengendara motor dilarang lewat jalan ini kecuali yang pakai helm. Kesalahan : Penggunaan kata melewati lebih tepat untuk menjadi predikat, kemudian perlu ditambahkan ‘mereka’ sebelum ‘yang memakai helm’ untuk merujuk pada pengendara motor. Koreksi : Pengendara motor dilarang melewati jalan ini, kecuali mereka yang memakai helm.
  17. 17. NO. 16 Permintaan para langganan belum ada yang dipenuhi karena persediannya sudah habis. Kesalahan : Persediaannya lebih tepat diganti dengan persediaan. Koreksi : Permintaan para langganan belum ada yang dipenuhi karena persediaan sudah habis.
  18. 18. NO. 17 Persoalan yang diajukan oleh Bapak Kepala Sekolah diulas kembali bersama Bapak Ketua P.O.M.G. Kesalahan : Persoalan berarti masalah maka yang tepat adalah soal. Penggunaan kata Bapak tidak tepat sehingga harus dihilangkan. Koreksi : Soal yang diajukan oleh Kepala Sekolah diulas kembali bersama Ketua P.O.M.G.
  19. 19. NO. 18 Berhubung itu, mengemukakannya pula minat baca kaum remaja semakin menurun. Kesalahan : Kurang baku Koreksi : Sehubungan dengan itu, dikemukakannya pula bahwa minat baca kaum remaja makin menurun.
  20. 20. NO. 19 Dari peristiwa itu perlu mendapat perhatian dari berbagai fihak, sehingga pada masa datang tidak seorangpun menuntut ganti rugi. Kesalahan : Kata dari dihapus agar subyek tetap. Fihak tidak baku, yang baku adalah pihak. Sehingga diganti dengan agar karena menunjukkan hubungan sebab-akibat. Seorang pun penulisannya dipisah. Koreksi : Peristiwa itu perlu mendapat perhatian berbagai pihak, agar pada masa yang akan datang tidak ada seorang pun yang menuntut ganti rugi.
  21. 21. NO. 20 Tujuan penyusunan Buku Pelajaran itu adalah membantu masyarkat, khususnya yang berada di perdesaan. Sehingga karenanya mendapat kesempatan belajar membaca menulis. Kesalahan : Kurang efisien Koreksi : Penyusunan buku pelajaran ini bertujuan membantu masyarakat, khususnya yang berada di perdesaan agar mendapat kesempatan belajar membaca dan menulis.
  22. 22. NO. 21 Dalam upacara pembukaan seminar itu, yang pertama kali diadakan di kota Semarang dihadiri para pejabat-pejabat negara dan tokoh-tokoh masyarakat. Kesalahan : Kata dalam dihilangkan supaya subyek menjadi upacara pembukaan seminar itu. para pejabat-pejabat diganti dengan para pejabat karena para mengandung makna jamak. Koreksi : Upacara pembukaan seminar itu, yang pertama kali diadakan di kota Semarang, dihadiri para pejabat negara dan tokoh masyarakat.
  23. 23. NO. 22 Pertanyaan saya yang ketiga kalinya, disebabkan karena kebimbangan saya terhadap pemakaian kata nalar. Kesalahan : Kalinya dapat dihilangkan karena tidak sesuai. Disebabkan karena diganti menjadi berkaitan dengan karena lebih sesuai. Koreksi : Pertanyaan saya yang ketiga berkaitan dengan kebimbangan saya terhadap pemakaian kata nalar.
  24. 24. NO. 23 Ini hari, kita tidak bicarakan tentang soal harga, melainkan tentang mutu barang itu. Kesalahan : Penyusunan kata kurang teratur dan tidak mubazir. Koreksi : Hari ini kita tidak membicarakan harga, tetapi mutu barang.
  25. 25. NO. 24 Membantu pemerintah dalam Gerakan Penghijauan Lingkungan yang mana berarti turut menjaga kelestarian alam. Kesalahan : Penggunaan kata yang mana mubazir dan dapat dihilangkan. Koreksi : Membantu pemerintah dalam Gerakan Penghijauan Lingkungan berarti turut menjaga kelestarian alam.
  26. 26. NO. 25 Untuk peningkatan mutu pendidikan dari sekolah swasta di mana memerlukan ketekunan dan keuletan para pamong. Kesalahan : Penggunaan meningkatkan lebih tepat. Penggunaan dari dan di mana tidak tepat sehingga dapat dihilangkan. Koreksi : Untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah swasta diperlukan ketekunan dan keuletan para pamongnya.
  27. 27. NO. 26 Dengan perombakan sistem perdagangan dan industri itu bertujuan, agar Indonesia dapat mengimbangi mengenai pertumbuhan ketenagakerjaan yang terlalu cepat. Kesalahan : Penggunaan dengan, mengenai, dan tanda koma setelah kata agar tidak tepat dan dapat dihilangkan. Koreksi : Perombakan sistem perdagangan dan industri itu bertujuan agar Indonesia dapat mengimbangi pertumbuhan ketenagakerjaan yang terlalu cepat.
  28. 28. SEKIAN TERIMAKASIH

×