Blog

287 views

Published on

Published in: Technology, News & Politics
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
287
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Blog

  1. 1. BLOG*PENGERTIAN*SEJARAH*MANFAAT
  2. 2. #1 PENGERTIAN BLOGBlog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untukmenyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdatesecara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yangmereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.Secara garis besar, Weblog dapatdirangkum sebagai kumpulan website pribadi yangmemungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagaijenis isi pada web dengan mudah, seperti karyatulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-fileWOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
  3. 3. Para pembuat blog dinamakan Blogger. MelaluiBlognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenaliberdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapanterhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya.Oleh karena itu Blog bersifat sangatpersonal.Perkembangan lain dari Blog yaitu ketikaBlog memuat tulisan tentang apa yang seorangBlogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dialakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi DiaryOnline yang berada di Internet. Satu-satunya hal yangmembedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasakita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibacaorang lain.
  4. 4. #2 SEJARAH BLOGBlog pertama kemungkinan besar adalah halaman"What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat olehMarc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masihingat, Mosaic adalah browser pertama sebelumadanya Internet Explorer bahkan sebelumNestcape.Kemudian pada Januari 1994 Justin Hallmemulai website pribadinya "Justin’s Home Page"yang kemudian berubah menjadi "Links from theUnderground" yang mungkin dapat disebut sebagaiBlog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
  5. 5. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang adamasih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saatitu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusustentang pembuatan website, HTML, dan web hostinguntuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yangberkecimpung di bidang Internet, SystemAdministrator atau Web Designer yang kemudianpada waktu luangnya menciptakan Blog-Blogmereka sendiri.Namun saat ini, kita tidak perlumenjadi seorang programmer untuk menjadi seorangBlogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isidalam web dengan mudah melalui menu editor yangtelah disediakan.
  6. 6. #3 MANFAAT BLOG •MEDIA AKULTURASI DIRI => Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’. •PERSONAL BRANDING => Personal Branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. •MARKAS BESAR DI DUNIA MAYA => Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs- situs social network lainya.
  7. 7. *MEDIA PROMOSI => Blog ditempatkan di jaringaninternet. Dengan strategi yang anda bisa mendatangkanpara pengguna internet ke blog anda dan membuatnyamembaca apa yang anda promosikan.*MENDAPAT RELASI BARU => Buat blog tentang topikyang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topikyang sama dengan anda pun akan mendatangi anda.Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisamembalasnya. Terjadi conversation disana, dan membukapeluang untuk terjadinya hubungan.*MENDAPAT PENGHASILAN => Anda update kontendengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitorke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjualspot banner buat review tentang produk yang diafiliasikan,atau mungkin langsung menjual produk di blog anda,dengan begitu orang yang tertarik dengan produk andadapat langsung mengontak anda.
  8. 8. *DIARY => Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apayang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadangkebahagiaan. Blog memfasilitasi itu semua.*MEDIA MEMBERI / MEDIA SHARING => Terkadang kitahanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagikebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jikayang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasidengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blogbisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.*MENDAPAT FEEDBACK ATAS APA YANG ANDARASAKAN => Mayoritas blog memiliki fitur komentar disetiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untukmemberi respons terhadap apa yang anda tulis.*
  9. 9. TERIMAKASIH ATAS PERHATIANYA  BY : #SATIA SYIFA #NOVIANTI #SIESKA #NABILAH #SANDRA #NUR AZIZAH XI IPS 4

×