Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural

28,758 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
28,758
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
14
Actions
Shares
0
Downloads
447
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural

  1. 1. “Assalamualaikum Wr.Wb.”
  2. 2. KELOMPOK 3  Alamatul Hasanah  Dewi Fatmah Rahayu  Dwika Astiani  Nenden Andriani  Sandra Virgie S.R  Siti Halimah Tusa’diah  Siti Hamidah  Selvi Erlinawati  Tiara Pani  Yeni Nur’aeni XI Akuntansi 2
  3. 3. Mendeskripsikan Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
  4. 4. 1. Kelompok Sosial Kelompok sosial adalah kumpulan orangorang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi satu sama lain, memiliki harapan dan tujuan yang sama, serta mempunyai kesadaran diri sebagai anggota kelompok yang diakui pihak luar.
  5. 5. Proses terbentuknya kelompok sosial 1. Hasrat untuk bersatu dengan manusia lain di sekitarnya. 2. Hasrat untuk bersatu dengan situasi alam sekitarnya.
  6. 6. Syarat Kelompok Sosial 1. 2. 3. 4. 5. Tiap anggota harus sadar bahwa ia merupakanbagian dari kelompok yang bersangkutan. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lain. Ada suatu faktor yang dimiliki bersama sehingga hubungan mereka bertambah erat. Berstruktur, berkaidah dan punya pola perilaku Bersistem dan berproses.
  7. 7. Ciri-ciri dasar kelompok sosial 1. Terdiri atas dua orang atau terus bertambah 2. Terdapat komunikasi dan interaksi 3. Ada minat dan kepentingan bersama 4. Ada motif yang sama dari anggota untuk membentuk kelompok 5. Ada kecakapan yang berbeda-beda dari anggota kelompok 6. Punya stuktur yang tegas 7. Ada kaidah-kaidah yang mengatur 8. Tiap anggota merasa dirinya bagian dari kelompoknya.
  8. 8. Faktor Pembentuk Kelompok Sosial 1. Kedekatan Semakin dekat jarak geografis antara dua orang,semakin memungkinkan untuk saling melihat, berbicara, dan bersosialisasi. 2. Kesamaan Kesamaan yang dimaksud adalah kesamaan minat, kepercayaan, nilai, tingkat intelegensi,atau karakter-karakter lainnya.
  9. 9. Macam-Macam Kelompok Sosial 1. Berdasarkan besar/kecilnya jumlah anggota dalam kelompok 2. Berdasarkan Interaksi erat/tidaknya hubungan dalam kelompok. 3. Berdasarkan proses terbentuknya 4. Berdasarkan kepentingan dan wilayah 5. Berdasarkan kelangsungan kepentingan 6. Berdasarkan derajat organisasi.
  10. 10. Faktor-faktor yang menyebabkan tidak stabilnya suatu kelompok sosial 1. Adanya konflik antar anggota kelompok. 2. Tidak adanya koordinasi yang baik dari pemimpin kelompok. 3. Adanya kepentingan yang tidak seimbang. 4. Adanya rebutan kekuasaan dari anggota kelompok. 5. Perbedaan paham tentang cara pencapaian tujuan.
  11. 11. 2. Masyarakat Multikultural Masyarakat multikultural adalah kesatuan manusia atau individu yang memiliki beraneka ragam budaya. Oleh karena itu, dalam masyarakat terdapat beranekaragam kelompok sosial dengan sistem norma dan kebudayaan yang berbeda-beda.
  12. 12. Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural di Indonesia a. b. c. d. Keanekaragaman ras Keanekaragaman suku bangsa Keanekaragaman golongan Keanekaragaman agama dan kepercayaan
  13. 13. Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia 1. Kesatuan Genealogis: kesatuan yang anggotanya diikat berdasarkan pertalian darah. 2. Kesatuan Teritorial: kesatuan yang setiap anggotanya merasa terikat karena bertempat tinggal di daerah yang sama. 3. Kesatuan Sakral: kesatuan sosial yang terbentuk karena anggota-anggotanya merasa terikat oleh ikatan spiritual. 4. Kesatuan Campuran: masyarakat yang terikat karena perpaduan dari faktor-faktor genealogis, teritorial dan sakral. 5. Penggolongan tertentu: kesatuan masyarakat lain yang terbentuk berdasarkan keadaan tertentu.
  14. 14. Perilaku dalam masyarakat multikultural 1. Etnosentrisme merupakan sikap menilai kebudayaan suku bangsa/kelompok lain menggunakan ukuran yang berlaku di suku bangsa kelompok/masyarakat sendiri. 2. Primordialisme: tindakan memprioritaskan orang-orang yang berlatar belakang suku bangsa, agama, ras, aliran atau golongan yang sama dalam urusan publik. 3. Kronisme: memprioritaskan teman. 4. Nepotisme: memprioritaskan anggota keluarga.
  15. 15. Hubungan Kelompok Sosial dengan Masyarakat Multikural Hubungan antar kelompok sosial dengan masyarakat muktikultural adalah saling berkaitan(erat sekali), keduanya berhubungan erat dan saling mempengaruhi satu sama lainnya.
  16. 16. TERIMAKASIH “Wassalamualaikum WR. WB.”

×