Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

83,813 views

Published on

  • Bagus sekali sajiannya, tetapi tdk seperti yg saya harapkan
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

  1. 1. Kompetensi Dasar Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Materi Pokok Peran teknologi informasi dan komunikasi
  2. 2. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan yang dapat dilakukan, antara lain: 1. Berbagi hasil penelitian Teknologi informasi dan komunikasi, dalam hal ini khususnya internet, telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling berbagi hasl penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang.
  3. 3. 2. Konsultasi dengan pakar Internet juga banyak digunakan untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada di tempat lain. Hal ini menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah. Seorang mahasiswa di pulau kalimantan yang sedang melakukan penelitian dapat berkonsultasi dengan dosen yang ada di pulau Jawa. Hal ini apat dilakukan dengan memanfaatkan layanan e-mail, chatting, ataupun mailing list di Internet. 3. Perpustakaan online Perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet. Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses ke sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu. Perpustakaan online memungkinkan mahasiswa di Universitas Sumatera Utara dapat mengakses perpustakaan milik ITB.
  4. 4. 4. Diskusi online Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan di internet. Aplikasi diskusi online memungkinkan para pelajar dapat saling bertukar fikiran tanpa harus berkumpul di suatu tempat. Diskusi online juga memungkinkan seorang pelajar dapat berdiskusi dengan ahli. 5. Kelas online Aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jau, seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka (SMP Terbuka). Materi-materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik sehingga kualitas belajar dikelas online tidak kalah kualitas dengan kualitas belajar di kelas biasa.

×