Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

TIK BAB 4 KELAS 9

166 views

Published on

Tugas Media Pembelajaran

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

TIK BAB 4 KELAS 9

  1. 1. FIRST... LET WE INTRODUCE OUR SELF :v
  2. 2. WE ARE 9B  SEBLAK FAMS 
  3. 3. 18 Junior High School Semarang
  4. 4. ATHAYA RIFINKA AZALIA
  5. 5. FIQI MUSTIKA SARI
  6. 6. NADIA RACHEL PRAMESHVARI
  7. 7. SINTYA NABILA
  8. 8. THEN.. LET’S START
  9. 9. 1. Cara Memberi Efek Animasi pada Objek A. Pilih objek yang akan diberi efek animasi. B. Pada Animations tab, A nimations grup pilih animasi yang diinginkan pada daftar di Animate. C. Untuk melihat tampilan animasi, klik tombol Preview
  10. 10. 2. Cara Mengatur Animasi dengan Custom Animation A. Pilih objek yang akan diberi efek animasi. B. Pada Animations tab, Animations grup, klik Custom Animation. C. Pada Custom Animation task pane yang muncul di sebelah kanan layar, klik Add Effect dan pilih efek animasi yang diinginkan. D. Klik More Effects untuk mendapatkan lebih banyak lagi efek animasi. E. Klik tombol Play atau Slide Show untuk melihat tampilan animasi.
  11. 11. Ada 4 kategori efek yang dapat digunakan: 1) Entrance, memberi efek animasi pada saat objek memasuki slide presentasi. 2) Emphasis, menerapkan efek animasi pada objek di slide presentasi, contoh: memperbesar ukuran font. 3) Exit, memberi efek animasi pada saat objek keluar dari slide presentasi. 4) Motion Paths, memberi efek animasi pada objek berdasarkan alur (path) yang dibuat (penggunaan Motion Paths yang lebih detil ada di artikel ini: Cara Menggunakan Efek Animasi Motion Paths di PowerPoint 2007)
  12. 12. 3. Cara Memilih Animasi Pada Objek A. Klik pada objek di slide untuk memilih seluruh efek animasi. A. Untuk memilih salah satu animasi, klik pada angka animasi di slide (lihat gambar atas) atau pada daftar animasi diCustom Animation task pane (lihat gambar berikut). B. Untuk memilih animasi secara berurutan, klik pada animasi pertama di daftar pada Custom Animation task pane, tekan tombol SHIFT dan klik animasi terakhir. C. Untuk memilih animasi yang letaknya tidak berurutan, tekan tombol CTRL dan klik animasi yang lain.
  13. 13. 1. Pilih animasi pada daftar di Custom Animation task pane dan klik tanda panah di sampingnya untuk menampilkan drop down menu. 2. Pilih salah satu cara untuk memulai efek animasi. 1) Start On Click, efek animasi akan dijalankan bila diklik. 2) Start With Previous, efek animasi dijalankan bersamaan dengan efek animasi sebelumnya. 3) Start After Previous, efek animasi akan dijalankan setelah efek animasi sebelumnya.
  14. 14. A. Klik pada slide thumbnail yang ingin diberi efek Slide Transition. B. Pada Animations tab, Transition To This Slide grup, klik efek yang diinginkan. C. Untuk mengatur kecepatan transisi ke slide berikutnya, pada bagian Transition Speed, pilih kecepatan yang diinginkan (Slow, Medium, Fast). D. Ulangi langkah 1-3 di atas untuk slide yang lain. E. Bila ingin menerapkan efek yang sama pada semua slide, pada Transition To This Slide grup, klik Apply to All. F. Untuk menghilangkan efek slide transition, pada Animations tab, Transition To This Slide grup, klik No Transition.
  15. 15. 1. Blok kata yang diinginkan untuk menjadi hyperlink 2. Kemudian klik kanan pilih hyperlink
  16. 16. Untuk mencegah terjadi masalah pada link file apabila slide dijalankan pada komputer yang berbeda, maka : 1. Klik slide yang ingin disisipkan suara. 2. Pada Insert tab, Media Clips grup, klik tanda panah pada Sound. Lakukan salah satu dari hal berikut: • Klik Sound from File, cari lokasi file, kemudian klik ganda file yang ingin disisipkan. Gunakan cara ini jika ingin menggunakan suara dari mp3, dll. • Klik Sound from Clip Organizer, pilih clip yang diinginkan dari Clip Art task pane. • Klik Play CD Audio Track, jika ingin memainkan lagu dari CD. Buat pengaturan yang diinginkan pada kotak dialog Insert CD Audio.
  17. 17. Saat menyisipkan suara, kita akan diminta untuk memilih: Suara dimainkan secara otomatis saat slide ditampilkan, klik Automatically. Suara dimainkan saat mengklik icon suara atau CD icon , klik When Clicked. Pada slide akan muncul icon suara atau CD icon. Klik ganda icon tersebut untuk mendengarkan bunyinya. Klik sekali lagi untuk menghentikannya.
  18. 18. Klik Insert→Movie→Movie from file
  19. 19. Pilih video yang akan sobat gunakan→OK
  20. 20. Klik Automatically
  21. 21. Seperti ini hasilnya. video akan terputar saat di slide show
  22. 22. 1. Untuk memberikan efek pada teks pada saat slide dijalankan dengan menggunakan perintah……….. a. Slide show – animation schemes c. slide show – view show b. Slide show – custom animation d. View show – slide shorter 2. Efek Sound dapat dibuka melalui menu………… a. Insert, movies and sound c. File, movies and sound b. Format, movies and sound d. View, movies and sound 3. Tombol F5 berfungsi untuk…. a. Menyimpan Slide c. Menampilkan Slide b. Menghapus Slide d. Menyisipkan Slide UJI KOMPETENSI
  23. 23. 4. Efek Sound tepuk tangan ditunjukkan dengan pilihan menu………. a. Camera c. Cash Registik b. Chime d. Applause 5. Pada menu bar terdapat perintah untuk menampilkan hasil presentasi di layer. Fungsi tersebut terdapat pada menu bar………… a. View c. Print Preview b. Format d. Slide Show
  24. 24. DO YOU WANT EXIT ? YES NO
  25. 25. YOUR FALSE:’( MALEFICENT
  26. 26. KAMU BENAR NAK :V

×