Differensiasi dan stratifikasi sosial di lingkungan pendidikan

1,937 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,937
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
20
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Differensiasi dan stratifikasi sosial di lingkungan pendidikan

  1. 1. LOGO DIFFERENSIASI DAN STRATIFIKASI SOSIAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN
  2. 2. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Anggota : •Azizah Nurul Karohmah 1201412060 •M. Rizal Pratama 1201412010 •Ahmad Nurokhim 12014120 •Susilo Casmito 12014120
  3. 3. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Perbedaan Stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial Secara simpel perbedaan stratifikasi sosial dengan diferensiasi sosial adalah : Stratifikasi sosial adalah pembedaan warga masyarakat ke dalam kelas-kelas sosial secara bertingkat ( bawah, tengah, atas ) Diferensiasi sosial adalah pembedaan/pengelompokan warga masyarakat ke dalam kelompok-kelompok sosial secara sejajar/horizontal.
  4. 4. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Dalam pendidikan orang yang berada pada kelas menengah ke atas akan mudah dalam mengakses pendidikan yang lebih berkualitas dengan fasilitas yang lebih baik yang dapat menunjang kegiatan belajarnya, seperti ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium. Pendidikan
  5. 5. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN Dalam dunia modern seperti sekarang ini, akibat kemajuan teknologi dan transportasi,dunia menjadi semakin “sempit”. Disinnyalir pula, Negara yang sudah maju hidup di kendalikan oleh “manager tanpa wajah” (faceless manager).
  6. 6. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Reaksi seseorang atau sesuatu kelompok terhadap perkembangan tersebut, seperti : 1. Ada yang memutuskan hubungan (droping-out) dari atau dengan institusi-institusi social yang pokok, seperti keluarga, sokolah, dan pekerjaan 2. Ada yang mencari pelarian baru, misalnya menjadi pemakai obat bius, alcohol, atau kedunia kebebasan seks 3. Ada yang bersikap acuh tak acuh, masa bodoh, tau apatis 4. Ada yang menjadi radikal, tidak bebas, dan cenderung melakukan gerakan-gerakan revolusioner 5. Ada juga yang rasa keprihatinannya disalurkan kedalam kegiatan- kegiatan pelayanan dan perbaikan social
  7. 7. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Patut ditambahkan, bahwa pengukuran terhadap modernisasi, selama ini lazimnya menggunakan data antar bangsa/Negara. Dalam hubungan ini, sebagaimana dinyatakan Adelman dan Morris, yang lazim digunakan sbagai indikator adalah : •Luas sector pertanian tradisional •Tingkat urbanisasi •Tingkat mobilitas social
  8. 8. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com •Angka melek huruf •Banyaknya komunikasi massa •Tingkat persatuan nasional dan rasa dan rasa persatuan nasioanl •Kekuatan lembaga-lembaga demokrasi •Tingkat efisiensi administrasi •Besarnya komitmen kpemimpinan terhadap pembangunan ekonomi •Besarnya pendapatan per-kepala •Kekayaan sumber daya alam •Tingkat teknologi yang digunakan dalam bidang industry •Tingkat teknologi yang digunakan dalam bidang pertanian •Angka peningkatan mutu sumber daya manusia
  9. 9. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Menurut para ahli paling tidak ada dua alasan, kenapa titik pangkal differensiasi social begitu pentingnya untuk memahami modernisasi, yaitu: •Karena ia merupakan proses asasi yang dilalui sesuatu system social di dalam mengadaptasikan dirinya terhadap perubahan- perubahan dilingkungannya •Tingkat differensiasi merupakan suatu takaran yang baik mengenai kesanggupan sesuatu system menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lebih lanjut.
  10. 10. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Mengenai differensiasi social itu sendiri, Mac Iver dan Page meberikan rumusan/batasan sebagai berikut: 1.Suatu proses semakin banyaknya pembagian pekerjaan, 2.Suatu proses meningkatnya jumlah dan ragam perserikatan dan institusi-institusi fungsional, 3.Suat proses semakin bermacam-macam instrument komunikasi social
  11. 11. Add your company slogan LOGO PERUBAHAN PENDIDIKAN DAN MODERNISASI Junetpublishing.com Beberapa indikasinya seperti : 1. Pendidikan formal berangsur-angsur berkembang sebagai konsekuensi tingkat kebutuhan institusi-institusi social lainnya seperti ekonomi, politik, pertahanan-keamanan, agama, dan sebagainya. 2. Pendidikan memberikan sejumlah pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan nilai-nilai yang banyak daripadanya tidak bisa segera dilihat hasilnya atau dampaknya , baik bagi seorang ataupun masyarakat. 3. Dalam dunia pendidikan, tujuan-tujuan yang etalah difomulasikan bisa jadi “diikut campuri” oleh pihak-pihak tertentu seperti orang tua murid, pemerintah, dan sebaginya.
  12. 12. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com 4. Pendidikan ditandai dengan kompleksnya jenjang dan program-programnya, dan itu juga ikut menyukarkan analisis. 5. Pendidikan formal sesungguhnya mempunyai fungsi majemmuk, misalnya sebagai sarana penyiapan tenaga kerja, sebagai wahana pengenalan diri sendiri, dan sebagainya.
  13. 13. Add your company slogan LOGO TAHAP-TAHAP DIFERENSIASI PENDIDIKAN Junetpublishing.com 1. Pendidikan pada masyarakat primitive yang belum mengenal aksara (preliterate level of society). 2. Pada tingkat yang lebih maju, sebagian proses sosialisasi terdifferensiasikan keluar batas keluarga, dipikul kepada semua pemuda remaja di masyarakat, yang tentu saja dengan bimbingan para orang tua yang berpengalaman/ berkeahlian. 3. Dengan berkembangnya differensiasi di masyarakat itu sendiri, sudah tentu menjadi meningkat pula permasalahan penyeleksian social. 4. Pada tingakatan lebih maju lagi, hubungan antara pendidikan dengan masyarakat menjadi rumit dan kompleks.
  14. 14. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Dengan mengikuti arus differensiasi dan spesialisasi selama dekade-dekade belakangan ini, ada dua perubahan pendidikan yang juga terlihat nyata, yaitu : •Adanya perspesialisasian dan ekspansi persekolahan •Adanya keyakinan mengenai pentingnya pendidikan formal di dalam perubahan social-ekonomi mendatang.
  15. 15. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com Isyarat bahwa tingkat pendidikan merupakan suatu unsur penting di dalam memelihara laju perkembangan di suatu masyarakat modern. Pertama, pada masyarakat maju, kegiatan produksi dan perdagangan di samping hampir seluruhnya “diuangkan”, juga mempunyai “liku-liku” yang semakin rumit dan kompleks. Kedua, Pada masyarakat maju lebih kerap dan penting perannya komunikasi tertulis ketimbang komunikasi berbentuk lisan. Ketiga, ketergantungan masyarakat maju terhadap teknologi “maju” juga tidak bisa dihindari.
  16. 16. Add your company slogan LOGO GOLONGAN SOSIAL DAN JENIS PENDIDIKAN Junetpublishing.com Pendidikan menengah pada dasarnya diadakan sebagai persiapann untuk pendidikan tinggi. Karena biaya pendidikan tinggi pada umunya mahal, tidak semua orang tua mampu membiayai setudi anaknya di situ.
  17. 17. Add your company slogan LOGO BAKAT DAN GOLONGAN SOSIAL Junetpublishing.com Semua orang menganggap bahwa tes intelegnesi sungguh-sungguh mengungkapkan bakat sebagai pembbawaan yang konstan selama hidup.
  18. 18. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com PEDIDIKAN DAN MOBILITAS SOSIAL Pendidikan di pandang sebagai jalan untuk mencapai kedudukan yang lebih baik di dalam masyarakat.Makin tinggi pendidikan yang di peroleah makin besar harapan untuk mencapai tujuan itu. Dengan demikian terbuka kesempatan untuk meningkat ke golongan sosial yang lebih tinggi.
  19. 19. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com MOBILITAS SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN Banyak contoh-contoh yang dapat kita lihat disekitar kita tentang orang yang meningkat dalam setatus sosialnya berkat pendidikan yang di perolehnya.Kini pendidikan SD bahkan SMA hampir tidak ada pengaruhnya dalam mobilitas sosial.
  20. 20. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com TINGKAT SEKOLAH DAN MOBILITAS SOSIAL Diduga bahwa bertambah tingginya taraf pendidikan makin besarnya kemungkinan mobilitas bagi anak- anakgolongan rendah dan menengah. Ternyata tidak selalu benar bila pendidikan itu hanya terbatas pada pendidikan tingat menengah. Jadi walaupun kewajiban belajar ditingkatkan sampai SMTA masih menjadi pertanyaan apakah mobilitas sosial dengan sendirinya akan meningkat.
  21. 21. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com PENDIDIKAN MENURUT PERBEDAAN SOSIAL Pada umumnya di negara demokrasi orang sukar menerima adanya golongan-golongan sosial dalam masyarakat. Menurut undang-undang semua warga negaraq sama, sama hak dan kewajiban sama perlakuan dihadapan undang-undang.
  22. 22. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com PELAPISAN atau STRATIFIKASI SOSIAL Sumber terjadinya stratifikasi sosial menurut beberapa pakar, yaitu: a. P.A. Sorokin : stratifikasi sosial bersumber dari pembagian yang tidak sama dalam hak, tugas, kwajiban, nilai-nilai sosial, kekuatan sosial, dan pengaruh diantara anggota masyarakat. b. Selo Soemardjan: stratifikasi sosial bersumber dari sesuatu yang dihargai tinggi/rendah oleh masyarakat, dalam hal uang, benda-benda ekonomis ilmu dan sebagainya. Jadi orang-orang yang memiliki itu semua berada di golongan atas.
  23. 23. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com c. Max Weber : yaitu berasal dari Berkembangnya corak hidup yang khusus, seperti tipe pekerjaan. Kharisma Pemilikan otoritas politik dan/atau birokrasi d. Robbin William Jr : stratifikasi sosial berpangkal pada sistem penjenjangan dalam masyarakat. e. Sifat komulatif dari suatu kedudukan yang tinggi, artinya kedudukan yang dalam stratifikasi sosial memungkinkan seseorang untuk meraih lagi ”barang berharga” lainnya sehingga menjadikan orang yang berkedudukan tinggi tersebut bertambah tinggi setatus sosialnya.
  24. 24. Add your company slogan LOGO Junetpublishing.com
  25. 25. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Chart- PowerPoint2002 20.4 27.4 90 20.4 45.9 46.9 45 43.931.6 34.6 38.6 30.6 0 20 40 60 80 100 120 140 160 180 1st Qtr 2nd Qtr 3rd Qtr 4th Qtr East West North
  26. 26. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Diagram Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text
  27. 27. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Diagram Title Add Your TextAdd Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text
  28. 28. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Marketing Diagram Add Your Title  Add Your Title  Add Your Title Title Click to add text Click to add text Click to add text Title Click to add text Click to add text Click to add text Title Click to add text Click to add text Click to add text Title Click to add text Click to add text Click to add text Title Click to add text Click to add text Click to add text
  29. 29. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Diagram 1 ThemeGallery is a Design Digital Content & Contents mall developed by Guild Design Inc. 2 ThemeGallery is a Design Digital Content & Contents mall developed by Guild Design Inc. 3 ThemeGallery is a Design Digital Content & Contents mall developed by Guild Design Inc.
  30. 30. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Diagram 2001 2002 2003 2004
  31. 31. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Progress Diagram Phase 1 Phase 2 Phase 3
  32. 32. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Text1 Text2 Text3 Text4 Text5 3-D Pie Chart
  33. 33. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Table Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text Add Your Text Text Text Text Text Text
  34. 34. Add your company slogan LOGOwww.themegallery.com Block Diagram
  35. 35. LOGOwww.themegallery.com

×