Tarby magazine salafiyah kajen

999 views

Published on

This is magazine from Salafiyah Kajen, this is from girl student in Salafiyah Schools.
later will Releas Exerience Magazine coming soon . . .

Published in: Spiritual
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
999
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tarby magazine salafiyah kajen

  1. 1. Perpustakaan Oh Perpustakaanku The New Digital Magazine For Salafiyah Edisi XIII/X/2013 Moshe Cai Cavalin Apakah ini semua nyata?
  2. 2. Grand Opening The new digital magazine for Salafiyah atas Majalah Digital At-Tarbiyah yang pertama Selamat Dan Sukses
  3. 3. Sapa Redaksi Assalamualaikum Alhamdulila, segala puji bagi Allah SWT dan sholawat salam atas baginda Nabi Muhammad SAW. Untaian syukur selalu tecurahkan atas kebahagiaan tampilnya At Tarbiyah dalam kemasan baru. Terima kasih pula pada segenap kawula pandai yang turut membantu memunculkan majalah ini. Dngan rasa bangga kali ini At Tarbiyah memersembahkan karya pada majalah digital ini. Kritik dan saran selalu kami harapkan agar terbentuk majalah yang mendekati sempurna. Selamat membaca…..
  4. 4. Pelindung KepalaMA, SMK, DanMts SalafiyahKajen Penasehat Wakil KepalaBidangKesiswaanMA, SMK, Dan MTs SalafiyahKajen PimpinanUmum Khulaili Miazawa Pimpinan Redaksi Arsi SiuArahafifah Sekretaris Ummi Maftukhatun Ni’mah Bendahara Anifatuzzahroh, Ummi Nihayah Redaktur DinaHusna, Noor Asiyah, Khoirotun Nisa, Laili Pratiwi, Muslimah, Ani Noviana, Tsania ZuyyinaF, Lilis Sugiharti, ErinaAlvianita Reporter EkaRafikaSanti, Salma Fadhilatul L, SiskaWidya Wulandari Editor Wahidyatul Khoiriyah, Imroatul Musyfiroh, Elya Isfiyati, Erna Malliatul Izza, Alvi Afiyah,Ainur Rofiah Lay Outer ClorinAndriyani, Izfa Sulfiyan Mawarni, DikaAyuZakiyah A, Elvia Fauziyah, IhdaAulia Redaksi Majalah
  5. 5. Library
  6. 6. Perpustakaan Oh Perpustakaan Minat baca selama ini menjadi salah satu masalah besar bagi bangsa Indonesia. Betapa tidak, saat ini minat baca masyarakat Indonesia termasuk yang terendah di Asia. Indonesia hanya unggul di atas Kamboja dan Laos. Padahal semakin rendah kebiasaan membaca, penyakit kebodohan dan kemiskinan akan berpotensi mengancam kemajuan dan eksistensi bangsa ini. Parahnya lagi, rendahnya minat baca bukan hanya terjadi pada masyarakat umum di SD, SMP, SMA, bahkan di perguruan tinggi pun minat baca mahasiswa sangat rendah. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan kondisi di Jepang. Saat ini tentu kita sudah melihat bagaimana kemajuan perkembangan iptek di Jepang. Semua itu disebabkan karena pemerintah Jepang sangat memprioritaskan kebutuhan bahan bacaan masyarakatnya, terutama anak-anak sekolah dan mahasiswa, sehingga tak mengherankan jika perpustakaan, terutama di kampus-kampus Jepang selalu ramai dikunjungi mahasiswa. Berbeda dari kondisi perpustakaan kampus dan sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, perpustakaan tak lebih hanya sebagai tempat penyimpanan dan pajangan berbagai koleksi buku dan bahan referensi lainnya. Lebih ironis lagi, perpustakaan sering dijadikan sebagai tempat untuk pacaran, bukan tempat membaca dan berdiskusi. 01
  7. 7. 02 Sebagai seorang pelajar dan calon ilmuwan, perpustakaan seharusnya menjadi tempat yang paling dicari, terutama dalam mencari referensi untuk membuat atau menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Menumbuhkan Minat Baca Faktor yang menjadi peyebab sepinya perpustakaan, selain minat baca para siswa yang menurun, juga karena perpustakaan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman dengan tidak memenuhi kebutuhan para siswa. Untuk memenuhi kebutuhan tugas-tugas kuliah, mahasiswa sering kali lebih memilih cara instan, yaitu mencari di internet. Mengapa minat baca mahasiswa rendah? Menurut (Arixs: 2006) ada enam faktor penyebab: (1) Sistem pembelajaran di Indonesia belum membuat para siswa harus membaca buku, (2) Banyaknya tempat hiburan, permainan, dan tayangan TV yang mengalihkan perhatian mereka dari membaca buku, (3) Budaya baca memang belum pernah diwariskan nenek moyang kita, sedangkan budaya tutur masih dominan daripada budaya membaca. (4) Sarana untuk memperoleh bacaan seperti perpustakaan atau taman bacaan masih merupakan barang langka.
  8. 8. 03 (5) Tidak meratanya penyebaran bahan bacaan di berbagai lapisan masyarakat (6) Serta dorongan membaca tidak ditumbuhkan sejak jenjang pendidikan praperguruan tinggi. Perpustakaan sesungguhnya memainkan peranan penting bagi terciptanya budaya membaca bagi mahasiswa. Perpustakaan merupakan jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan, dapat memberikan kontribusi penting bagi terbukanya akses informasi, serta menyediakan data yang akurat bagi proses pengambilan sumber-sumber referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Dan semua itu hanya bias didapatkan dengan cara membaca. Oleh sebab itulah, perpustakaan kampus dan sekolah-sekolah yang ada di Indonesia hendaknya didesain sedemikian rupa supaya warga kampus dan warga sekolah lebih betah berada disana. Perpustakaan harus mampu memenuhi dahaga para siswa yang haus akan ilmu pengetahuan dengan empat cara. Pertama, menambah sarana dan prasarana perpustakaan, seperti adanya fasilitas dan jaringan internet atau wi-fi, memperbanyak ruang diskusi, dan memperbaiki ruang bacaan. Jika hal ini dapat diwujudkan, tentu akan menarik perhatian para pelajar untuk berkunjung keperpustakaan.
  9. 9. Kedua, memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan bersahabat. Hal ini sangat penting mengingat para pengunjung adalah mahasiswa dan para siswa yang berpendidikan. Jadi jika ada pelayanan dari petugas yang kurang baik dan kurang memuaskan tentu mereka akan protes dan kurang nyaman dalam menggunakan fasilitas perpustakaan. Ketiga, tersedianya koleksi buku yang memadai. Koleksi bahan bacaan (buku atau literarur) merupakan komponen yang paling penting bagi perpustakaan.Koleksi yang harus dimiliki oleh perpustakaan minimal adalah buku wajib bagi setiap mata pelajaran yang diajarkan dan jumlahnya harus memadai. Keempat, menciptakan iklim membaca di sekolah. Lingkungan sekolah yang kondusif akan mendorong para siswa untuk rajin keperpustakaan. Hal itu bisa dilakukan, misalnya dengan cara guru memberikan tugas membaca bagi siswanya. Jika perpustakaan dapat memberikan layanan yang baik dan menyediakan berbagai kebutuhan literatur yang dibutuhkan, maka mahasiswa akan banyak mendatangi perpustakaan. Lingkungan yang demikian memang tidak bisa diciptakan sendirian oleh perpustakaan, melainkan harus bekerjasama dengan seluruh warga sekolah. 04
  10. 10. Book
  11. 11. ang telah kita pelajari sehari-hari bahwasannya pendidikan yaitu suatu modal awal dimana seorang diri mempelajari, gimana caranya agar hidup dimasa depan sukses. Pendidikan itu mudah sekali dicari, di pelajari akan tetapi pendidikan itu rusak jika seorang itu mudah terpengaruh adanya perubahan zaman. Itu pun sudah terbukti didalam pertanggung jawaban seorang pemuda di dalam masyarakat. Islam adalah agama yang telah menyelamatkan kita dari segala bentuk penyimpangan, mengajak umatnya untuk membangun masyarakat yang selamat dari berbagai cobaan. Terus gimana caranya agar masyarakat menyakini atau menjalani atas kehendaknya agama Islam ?. Memang sih, kita semua butuh sekali yang namanya pendidikan, tapi ngomong-ngomong kalau difikir secara logika gampang sih kalau di pelajari dengan sungguh-sungguh tetapi sangat sulit untuk dijalani. Maka dari itu ketahuilah teman-teman “Masyarakat muslim adalah masyarakat yang kuat dan sebagai dasar utamanya kita harus memperkuat tali persaudaraan kita saling tolong menolong antara satudengan yang lainya.” Pakarnya adalah memperkuat rohani-rohani kemampuan untuk mewujudkan adanya nilai-nilai yang luhur. Dengan adanya seperti itu, Rasulullah telah mengerahkan Islam untuk mewujudkan kemaslahatan. Kemaslahatan tersebut yang pertama untuk kebahagiaan hidup secara personal, kemudian dalam keluarga akan berakhir muncul kebahagiaan yang ada di dalam masyarakat. Y Pendidikan 05
  12. 12. Oleh karena itu, Islam sangat memperhatikan adanya pendididkan keluarga dan personal-personalnya. Dan perlu diketahui bahwa berkeluarga adalah unsur pertamadan terutama terbentuknya masyarakat yang rukun. Tidak akan ada masyarakat jikalau tidak terbentuk atau tidak ada kumpulan keluarga yang terkait dalam tatanan sosial. Jika unsur didalam keluarga baik, maka akan tercipta baik. Begitu pula sebaliknya. Terus bagaimana mungkin para pemuda mukmin bisa membangun masyarakat, sementara mereka hanya seorang muslim imannya lemah, hatinya selalu ragu untuk menyakini. Bahkan sering kebingungan, pada umumnya mereka telah tenggelam atau sudah larut didalam obat-obaan terlarang sepeti narkoba, ganja maupun sabu-sabu. Maka kita harus ingat bahaya ganja, narkoba untuk menciptakan keluarga yang tentram. Maka kalian wajib memiliki kesadaran Islam dan harus taat kepada Allah SWT. Teman-temanku renungkanlah ucapan imam Ali Karramaalhu Wajhah. Beliau berkata : “ Bukanlah pemuda yang mengatakan “Inilah bapakku !. “ Tetapi yang dimaksud disini adalah pemuda yang mengatakan, “Inilah saya”. Maka dari itu, bertakwalah teman-temanku sekalian berjanji dan berlatihlah untuk memimpin dengan cara menampilkan akhlak yang mulia dan pengorbanan yang mahal sampai Allah menetapkan kebahagiaan kejayaan dan kemuliaan bagi bangsa kita. Allah lah yang menunjukkan kita jalan yang lurus. 06
  13. 13. Be Dilligent
  14. 14. Disiplin itu perlu Ada dua orang yang memiliki perbedaan sifat. Orang yang bisa bersifat disiplin dan orang yang tidak bisa disiplin. Dua orang tersebut sangatlah beda, jika dibandingkan dari kata disiplin saja. Orang yang disiplin pasti memiliki sifat yang teratur dalam hidupnya. Bisa membagi waktu dengan baik serta bijaksana dalam berbagai hal. Orang yang disiplin juga tegas dan bertanggung jawab atas urusan-urusannya. Jadi dapat di pastikan orang yang sukses dan berhasil dalam usahanya tentu tidak lepas dari kata disiplin. Orang yang tidak disiplin cenderung malas dan susah mengatur waktu dalam hidupnya. Susah bertanggung jawab dan lebih sering meringankan suatu pekerjaan. Padahal hidup perlu sifat kedisiplinan. Maka tidak heran jika banyak orang yang gagal dalam hidupnya, gagal dalam prestasinya, gagal dalam segala pekerjaannya. Itu dikarenakan kurangnya kesadaran dari sifat disiplin. Sifat kedisiplinan sangat penting dalam diri seseorang. Berikut cara agar bisa hidup disiplin a.) Mengenali diri sendiri, dengan begitu orang yang belum sepenuhnya belum bisa melakukan kedisiplinan dalam dirinya bisa lebih meningkatkan kedisiplinan dalam dirinya. 07
  15. 15. a) Bersikap tegas dan keras pada diri sendiri. Sifat ini tidak hanya harus di tujukan pada orang lain, akan tetapi harus bisa juga ditujukan pada diri sendiri. Agar bisa melakukan kedisiplinan yang baik secara tegas. b) Pandai mengatur waktu, ada sebuah pepatah “Waktu bagaikan pedang” dalam ibarat pedang tersebut apabila tidak bisa mengatur waktu sebaik-baiknya maka, yang akan didapatkan adalah penyesalan akhirnya. Dari cara-cara tersebut, mungkin bisa kita lakukan untuk menambah kedisiplinan kita. Agar menjadi seseorang yang sukses dan berhasil dalam meraih cita-cita. Dan sebaiknya jauhilah rasa malas. Karena itu akan membuat kita tidak disiplin. By : A’in_Tsania XI F Secangkir kopi diminum ayah Bunda minta segelas wedang ronde Tim-tim majalah At-Tarbiyah Memang paling banyak ide Siswinya berhijab, siswanya berkopyah Sekolah salafiyah makin jaya Hey sobat majalah At-Tarbiyah Kami tunggu karya kalian ya By Arsyi Siu 08
  16. 16. Kulangkahkan kakiku Walau banyak jalan terjal nan berliku Di keheningan yang sangat mencekam Akan ku bawa sebuah harapan Akan ku gantungkan semuanya Di depan keningku Dan aku akan ku letakkan harapanku Di dalam hati dan fikiranku Ku tak akan melepaskanmu Meski kakiku mulai goyah Dan tubuhku mulai melemah Tak akan ku putus harapanku Menggapai asa dan meraih cita Tekad Puisi 09
  17. 17. Paijo adalah pemuda desa yang lugu. Suatu hari ia mengendarai motornya menuju ke kota hendak jalan-jalan. Karena jarang pergi ke kota, ia banyak melanggar lampu merah. Seorang polisi memberhentikannya. Paijo : “Lho, salah saya apa pak ? ” Polisi : “Kamu menerobos lampu lalu lintas, kamu membahayakan pengendara lainnya. ” Paijo : “Maaf pak, saya tidak sengaja. ” Polisi : “Dengan terpaksa saya nyatakan, kamu kutilang !!! “ Paijo : “(dengan polosnya) kalau saya kutilang berarti bapak perkutut donk ? “ Polisi : “@#$&!?? Kutilang Suatu hari, seorang anak kecil tengah memanjat pohon rambutan. Namun ternyata ia ketahuan oleh yang punya pohon tersebut. “ Heh ! dasar anak bandel. Turun kamu ! main ambil rambutan orang seenaknya, nanti dibilangin sama bapak kamu, biar tahu rasa” teriak yang punya pohon tersebut. Sebelum turun, anak kecil itu malah nengok ke belakang kearah yang punya pohon sambil berkata “Ayah, kita ketahuan !” @#$!? By : icha_wulan Ketahuan 10
  18. 18. “ Ya Rabb, engkau yang Maha pemurah dan bijaksana. Terima kasih ya Allah, engkau masih memberikan hamba kehidupan sampai hari ini, namun apapun yang terjadi nantinya hamba iklas untuk menerimanya. Engkau yang berkehendak atas semua yang engkau ciptakan. Rabbana atina fiddunya hasanah.Wafil’a Khiroti hasanah waqina adzabannar. Malam itu………… Brakkkkkk………tet…….tet…… “ Kenapa Dim, kok kayak dikejar setan gitu ?” “Gawat Jar, aku sama anak-anak habis nabrak orang” jelasnya. “Alahhhhhhhhh itu biasa, gitu aja takut. Nggak usah dipikir pusing-pusing” jawab Fajar. “Tapi kalau orangnya mati gimana ?” “ Ya, kalau mati ya biarin mati aja, kenapa kita susah, terus anak-anak yang lainnya dimana ?”. “ Biasalah, mereka lagi kumpul dipangkalan.” Suram, inilah kehidupan Fajar yang sehariannya dia gunakan untuk kumpul dengan geng motornya, sampai-sampai waktunya untuk belajar dia korbankan untuk kluyuran, bernostalgia di jalanan. Dimanapun mereka berada tak jarang timbul masalah baru yang sangat merugikan orang lain. Keluarga Fajar yang terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing membuat Fajar jarang mendapatkan belaian kasih sayang sejak kecil. Hal itu membuatnya tidak pernah mendapatkan ajaran- ajaran keagamaan. Di rumahnya yang mewah itu dia hanya tinggal dengan Kakeknya yang sudah tua dan seorang pembantu yang telah bekerja bertahun- tahun melayaninya. “Maaf tuan, ada telfon dari sekolah Mas Fajar,” kata Mbok Ijah. ”Halo, saya Kakeknya, ada keperluan apa bapak menelfon saya.?” kata Kakek. “Begini pak hari ini Fajar bolos sekolah lagi, dan lagi-lagi dia tidak mengikuti pelajaran seperti biasa, kami mohon agar bapak untuk berkenan datang ke sekolah untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.” Lagi-lagi Kakek datang ke sekolah, mendapatkan teguran dari Kepsek. Ulah Fajar tersebut sering membuat serangan jantungnya kumat dan harus bolak-balik ke rumah sakit. Hari ini Fajar tidak pulang ke rumah, tak seperti biasanya. Sampai larut malam diapun belum menginjakkan kakinya di rumah. Rasa khawatir menyelimuti hati Kakek yang sedari tadi menunggu kedatangan cucunya. Apakah ini semua nyata? Cerpen 11
  19. 19. Tak berapa lama sorot lampu motor Fajar terlihat. Dan dia berjalan dengan sempoyongan menuju pintu, saat Kakek membuka pintu, tiba-tiba Fajar terjatuh dan tercium aroma minuman keras dari mulutnya. Sudah menjadi keseharian Fajar setiap malam pulang dalam keadaan mabuk. Hal itu membuat Kakek jera melihat kelakuan cucunya yang sangat melampaui batas. Malam itu Fajar dan teman-temannya nongkrong dipangkalan seperti biasanya. Saat mereka sedang asyik bergurau, seorang cewek berkerudung lewat dihadapan mereka. Seketika mereka mulai menggodanya. “Neng, lagi sendirian ya ? mau dianterin pulang nggak ?” goda Dimas. Dia hanya terdiam. “Kok diem aja sih Neng ?” lanjutnya. “Eh Dim, paling dia nggak mau sama lo, tapi maunya sama gue.” Celoteh Fajar “Maaf mas,bukannya saya tidak mau, tapi saya malu“ jawab cewek itu. “Kenapa harus malu, santai aja neng“ Dimas merayu. ”Saya tidak malu dengan kalian, tapi saya malu dengan Allah“ jawabnya santai, kemudian dia berlalu. Mendengar kata-kata cewek itu Fajar seketika menganga, terpaku dan terdiam memikirkan perkataan cewek tadi. Sampai Fajar pulang kerumah, dia masih memikirkannya. Pagi yang cerah, Fajar sudah siap berangkat ke sekolah dengan semangatnya yang membara. Entah kenapa, hari ini dia kelihatannya berbeda seperti biasanya, Mbok Ijah yang keheeranan melihat tingkah laku tuan mudanya lapor kepada Kakek “Tuan, ada yang aneh dengan Mas Fajar “ kata Mbok Ijah gugup. “Aneh gimana maksudnya?“ Kakek keherananan. “ Gak seperti biasanya mas Fajar berangkat sekolah se pagi ini, sepertinya dia senang. “ “Biarkan saja paling-paling ntar dia berbuat ulah lagi .” Disekolah Fajar dan gengnya sangat ditakuti oleh teman-temannya, karena siapa saja yang berani melawan mereka akan mendapatkan hadiah special dari Fajar. Fajar dan teman-temannya menyusuri lorong lantai dua dengan memasang muka angkuh dengan seketika semua siswa yang tauhu langsung menghindar dan memberi jalan untuk Fajar dan gengnya. Semua mata menatap kearah mereka, tiba-tiba sesuatu jatuh tepat dipundak Fajar, dia menjerit “Aaaaa….cicaaaak” semua sisiwa di tempat itu tertawa melihat tingkah Fajar yang ketakutan ketika melihat cicak. Tapi tak lama suasana menjadi tegang “Siapa yang berani ngelempar cicak ke pundak ku?” geram Fajar. Semua diam, hanya satu orang yang clingukan ketakutan “Ohh jadi kamu yang melempar ?” “ma…maaf Jar aku nggak sengaja” jawabnya gugup. Karena 12
  20. 20. amarahnya memuncak Fajar menonjok anak itu dan mengenai hidungnya sampai berdarah. Hal itu diketahui oleh salah satu guru yang tidak sengaja lewat. Jam ke 5 berakhir, waktunya untuk semua siswa beristirahat, sudah menjadi kebiasaan Fajar dan gengnya untuk pergi ke kantin melahap semua menu yang ada dikantin. Namun, tak berapa lama terdengar suara speaker sekolah “Perhatian-perhatian bagi siswa yang bernama Fajar Arya Nugraha harap segera datang ke ruang Kepala Sekolah sekarang.” Fajar tiba didepan pintu ruang Kepsek. Saaat dia masuk didalam sudah ada Kakek dan Kepala Sekolah. “Fajar saya memanggilmu kesini karena ada yang melapor bahwa tindakanmu meresahkan lingkungan sekolah ini, pagi ini juga ada yang bilang kamu telah membuat hidung temanmu berdarah, ini sudah kelewatan Fajar dan kami memutuskan untuk kamu di scors selama satu bulan.” Jelas kepala sekolah. Fajar hanya diam dan beberapa saat kemudian Fajar berdiri dan keluar dari ruangan Kepsek. Dia mengendarai motornya dengan kencang. Hingga larut malam Fajar belum juga pulang. Dia malahan asyik-asyikan dengan teman-temannya nongkrong seperti biasa. Malam itu mereka bertemu dengan cewek yang kemaren meraka goda. Fajar menghampirinya “Hai darimana sih kok setiap malam kamu lewat jalan sini ?” tanya Fajar. “Dari pulang ngaji di desa sebelah” jawabnya “Emang kamu nggak takut lewat sini sendirian ?” Fajar bertanya lagi “Ngapain takut, kan kita sudah ada dua malaikat yang menjaga, lagian aku hanya takut pada ALLAH bukan yang lainnya” jawabnya. Lalu cewek itu pergi meninggalkan Fajar. Sejenak Fajar terdiam dan mengambil motornya lalu pergi pulang. Entah mengapa Fajar selalu teringat oleh semua hal yang diucapkan oleh cewek tersebut, hatinya seakan terguncang angin yang sangat hebat. Jam weker dengan merdunya berdering, ditambah lagi dengan tiupan angin yang sangat kecang menerobos jendela kamar Fajar setelah tirai dibuka “Ihhhhhhh……siapa nih yang membuka tirai, ni lagi jam weker ngapain bunyi masih malem tau” gerutu Fajar. “Maaf kamu harus bangun inikan sudah subuh,sudah saatnya kamu solat subuh” tampak seorang cewek berbicara. “Kamu……? Ngapain kamu disini, bagaimana kamu biasa masuk ?” Fajar keheranan. “Soal itu nggak penting yang penting sekarang kamu harus solat subuh,sebelum matahari terbit” katanya pelan. “Baiklah tapi ntar kamu harus jelasin kenapa kamu bisa ada disini.” Cewek itu mengangguk, Fajar merasa heran, bagaiman cewek itu ada didalam, g a d i si t u 13
  21. 21. amarahnya memuncak Fajar menonjok anak itu dan mengenai hidungnya sampai berdarah. Hal itu diketahui oleh salah satu guru yang tidak sengaja lewat. Jam ke 5 berakhir, waktunya untuk semua siswa beristirahat, sudah menjadi kebiasaan Fajar dan gengnya untuk pergi ke kantin melahap semua menu yang ada dikantin. Namun, tak berapa lama terdengar suara speaker sekolah “Perhatian-perhatian bagi siswa yang bernama Fajar Arya Nugraha harap segera datang ke ruang Kepala Sekolah sekarang.” Fajar tiba didepan pintu ruang Kepsek. Saaat dia masuk didalam sudah ada Kakek dan Kepala Sekolah. “Fajar saya memanggilmu kesini karena ada yang melapor bahwa tindakanmu meresahkan lingkungan sekolah ini, pagi ini juga ada yang bilang kamu telah membuat hidung temanmu berdarah, ini sudah kelewatan Fajar dan kami memutuskan untuk kamu di scors selama satu bulan.” Jelas kepala sekolah. Fajar hanya diam dan beberapa saat kemudian Fajar berdiri dan keluar dari ruangan Kepsek. Dia mengendarai motornya dengan kencang. Hingga larut malam Fajar belum juga pulang. Dia malahan asyik-asyikan dengan teman-temannya nongkrong seperti biasa. Malam itu mereka bertemu dengan cewek yang kemaren meraka goda. Fajar menghampirinya “Hai darimana sih kok setiap malam kamu lewat jalan sini ?” tanya Fajar. “Dari pulang ngaji di desa sebelah” jawabnya “Emang kamu nggak takut lewat sini sendirian ?” Fajar bertanya lagi “Ngapain takut, kan kita sudah ada dua malaikat yang menjaga, lagian aku hanya takut pada ALLAH bukan yang lainnya” jawabnya. Lalu cewek itu pergi meninggalkan Fajar. Sejenak Fajar terdiam dan mengambil motornya lalu pergi pulang. Entah mengapa Fajar selalu teringat oleh semua hal yang diucapkan oleh cewek tersebut, hatinya seakan terguncang angin yang sangat hebat. Jam weker dengan merdunya berdering, ditambah lagi dengan tiupan angin yang sangat kecang menerobos jendela kamar Fajar setelah tirai dibuka “Ihhhhhhh……siapa nih yang membuka tirai, ni lagi jam weker ngapain bunyi masih malem tau” gerutu Fajar. “Maaf kamu harus bangun inikan sudah subuh,sudah saatnya kamu solat subuh” tampak seorang cewek berbicara. “Kamu……? Ngapain kamu disini, bagaimana kamu biasa masuk ?” Fajar keheranan. “Soal itu nggak penting yang penting sekarang kamu harus solat subuh,sebelum matahari terbit” katanya pelan. “Baiklah tapi ntar kamu harus jelasin kenapa kamu bisa ada disini.” Cewek itu mengangguk, Fajar merasa heran, bagaiman cewek itu ada didalam, 14
  22. 22. o h padahal tak ada seorang dari keluarganya yang mengenal cewek itu, sampai Fajar selesai solat dia tidak mendapati cewek itu dikamarnya, itu membuat semakin aneh bagi Fajar, hatinya berkecamuk, ada apa dibalik semua ini, apakah semua ini rencana Kakek ? Malamnya Fajar mendatangi tempat biasa, malam itu tampak sepi dan belum ada yang lewat seorangpun dijalan itu, termasuk cewek yang ditunggunya. Tapi tak berapa lama cewek itupun muncul. “Hai apa kabar ?” tanya Fajar, cewek itu hanya diam. “Oh ya aku tidak jahat kok, aku hanya ingin tau tetang kamu.” “Maaf bisa nggak kalau kamu bertemu dengan seseorang mengucapkan salam dulu, itu wajib bagi kita sebagai muslim” jelasnya. “Ohh gitu ya Assalamu’alaikum boleh nggak aku berbicara dengan kamu sebentar ?” “Waa’alaikumsalam memangnya ada yang harus dibicarakan ?” tanya cewek itu. “Tentu soal kemaren malam, bagaimana bisa kamu masuk kedalam kamar ku ?” “Sudah menjadi kewajiban saya untuk mengajak orang lain beribadah dan meluruskan hatinya.” “ Maksudnya ? apa kamu orang suruhan Kakekku ?” tanya Fajar “ saya sama sekali tidak mengenal Kakek kamu” jawabnya singkat. Lalu kenapa kamu bisa berada dalam kamarku waktu itu ?” “Maaf aku harus segera pulang ini sudah waktu yang lama untuk berbicara, padahal kamu bilangan hanya sebentar, lagian seorang laki-laki dan perempuan berdua ditempat seperti ini tidak baik” jelasnya lalu cewek itu pergi. “Tunggu” cegah Fajar, lalu cewek itu berhenti. “Maukah kamu mengajariku mengaji,solat dan ilmu-ilmu agama lainnya ?.” pinta Fajar, Cewek itu menatap Fajar lalu mengangguk “Baiklah besok malam aku tunggu kamu disini” kata Fajar. Malam yang gelap, tampak bintang-bintang yang betebaran di langit memberikan sinar terindah disetiap sudut kegelapan. Sesuai dengan janjinya, Fajar dan cewek itu bertemu ditempat biasa dengan harapan tidak ada kejadian buruk yang menimpanya. “Apa kamu benar ingin belajar agama ?” tanya cewek itu. “Iya aku sungguh-sungguh ingin belajar agama.” “Baiklah jika kamu ingin belajar agama dengan sungguh-sungguh, kamu harus janji tidak akan mengulangi perbuatan jahatmu itu ?” pintanya. “Aku janji nggak akan ulangi lagi” jawab Fajar. Sejak pertemuan dan pembelajaran hari pertama itu Fajar mulai merasakan, betapa Allah maha adil, Fajar bersyukur dengan apa yang diperbuatnya. Dia dapat tergugah hatinya karena kehadiran cewek itu. Fajar mulai menghargai jerih payah Kakeknya yang selalu 15
  23. 23. merawatnya. Suatu hari ketika Kakek hendak mengambil minuman, beliau melihat Fajar solat malam. Rasa heranpun menyerbu hatinya. Kakek baru menyadari Fajar hari-hari ini tampak berbeda dari biasanya, dan sering juga mendengar Fajar mengaji dikamarnya “Alhamdulillah ya Allah engkau telah berikan cucu hamba petunjuk hidup” gumamnya . Sudah hampir dua minggu Fajar di skors. Hari-harinya diisi untuk kegiatan yang bermanfaat entah itu belajar,mengaji, dan terkadang membantu Mbok Ijah dirumah. Hal itu membuat Kakek semakin bangga dengannya. Beliau penasaran, siapa yang bisa membuat cucunya berubah total seperti ini, malam harinya Fajar hendak menemui cewek misterius itu, melanjutkan pembelajaran malam kemaren. Adanya cewek itu membuatnya tambah bersemangat untuk berubah. Dan baru pertama ini dia bisa sedekat ini dengan cewek. Dia merasa nyaman dan ada rasa khusus yang hadir menyelimuti hati Fajar bersama cewek itu. Adanya pepatah bahwa “Witing tresno jalaran soko kulino” itu benar adanya. Karena itu Fajar ingin mengetahui lebih banyak dari cewek itu. Anehnya sampai sekarang Fajar belum tahu siapa nama cewek itu. “Maaf kalau boleh nanya, siapa nama kamu sebenarnya ?.” Tanya Fajar “ Apalah arti namaku untukmu, toh setelah kamu benar-benar berubah dan menjadi orang yang hebat pertemuan inipun akan berakhir dan kita tidak akan bertemu lagi.” Jawab cewek itu. “Jangan seperti itu, malahan aku berharap kita bisa menadi teman selamanya itupun jika kamu mau, aku ingin menjalin hubungan lebih dari sekedar teman dengan mu” kata Fajar. “Apa maksudmu ? aku tidak mengerti omongan mu tadi” “Ahhh lupakan saja omongan-omongan ku tadi, apa aku boleh kenal dengan orang tuamu ? biar tidak terjadi fitnah diantara kita nanti” pinta Fajar. “Aku sudah bilang jika aku tidak akan kenal lama dengan mu suatu saat nanti aku akan pergi.” “ Baiklah aku tidak akan memaksamu, tapi perlu kamu ketahui, ada yang bergejolak dihatiku, benih- benih cinta lama-kelamaan muncul saat aku bersamamu” jelasnya. Suasana menjadi hening. Keduanya saling menatap “Sebaiknya kamu pikirkan lagi, apakah perasaanmu itu tidak salah ?” jawabnya “ InsyaAllah, ini tidak salah, tulus dari lubuk hatiku.” “Tidak seharusnya kamu ngomong seperti itu kepada ku. ”Tiba-tiba wajah cewek itu muram, dia tampak kecewa dengan Fajar. “Maaf, aku harus pergi, Assalamu’alaikum” 16
  24. 24. merawatnya. Suatu hari ketika Kakek hendak mengambil minuman, beliau melihat Fajar solat malam. Rasa heranpun menyerbu hatinya. Kakek baru menyadari Fajar hari-hari ini tampak berbeda dari biasanya, dan sering juga mendengar Fajar mengaji dikamarnya “Alhamdulillah ya Allah engkau telah berikan cucu hamba petunjuk hidup” gumamnya . Sudah hampir dua minggu Fajar di skors. Hari-harinya diisi untuk kegiatan yang bermanfaat entah itu belajar,mengaji, dan terkadang membantu Mbok Ijah dirumah. Hal itu membuat Kakek semakin bangga dengannya. Beliau penasaran, siapa yang bisa membuat cucunya berubah total seperti ini, malam harinya Fajar hendak menemui cewek misterius itu, melanjutkan pembelajaran malam kemaren. Adanya cewek itu membuatnya tambah bersemangat untuk berubah. Dan baru pertama ini dia bisa sedekat ini dengan cewek. Dia merasa nyaman dan ada rasa khusus yang hadir menyelimuti hati Fajar bersama cewek itu. Adanya pepatah bahwa “Witing tresno jalaran soko kulino” itu benar adanya. Karena itu Fajar ingin mengetahui lebih banyak dari cewek itu. Anehnya sampai sekarang Fajar belum tahu siapa nama cewek itu. “Maaf kalau boleh nanya, siapa nama kamu sebenarnya ?.” Tanya Fajar “ Apalah arti namaku untukmu, toh setelah kamu benar-benar berubah dan menjadi orang yang hebat pertemuan inipun akan berakhir dan kita tidak akan bertemu lagi.” Jawab cewek itu. “Jangan seperti itu, malahan aku berharap kita bisa menadi teman selamanya itupun jika kamu mau, aku ingin menjalin hubungan lebih dari sekedar teman dengan mu” kata Fajar. “Apa maksudmu ? aku tidak mengerti omongan mu tadi” “Ahhh lupakan saja omongan-omongan ku tadi, apa aku boleh kenal dengan orang tuamu ? biar tidak terjadi fitnah diantara kita nanti” pinta Fajar. “Aku sudah bilang jika aku tidak akan kenal lama dengan mu suatu saat nanti aku akan pergi.” “ Baiklah aku tidak akan memaksamu, tapi perlu kamu ketahui, ada yang bergejolak dihatiku, benih- benih cinta lama-kelamaan muncul saat aku bersamamu” jelasnya. Suasana menjadi hening. Keduanya saling menatap “Sebaiknya kamu pikirkan lagi, apakah perasaanmu itu tidak salah ?” jawabnya “ InsyaAllah, ini tidak salah, tulus dari lubuk hatiku.” “Tidak seharusnya kamu ngomong seperti itu kepada ku. ”Tiba-tiba wajah cewek itu muram, dia tampak kecewa dengan Fajar. “Maaf, aku harus pergi, Assalamu’alaikum” 17
  25. 25. inginkan. Menjadi orang yang hebat bagi semua orang.dan aku yakin sekarang dirimu tersenyum melihat diriku disurga sana.” Selamat jalan malaikat cintaku,semoga kau abadi disana. By : Mudliatul Husna XI F Dika Ayu Zakiyah Agustianti XI F Kemilau Mimpiku Terlukis didalam bayang-bayang benakku Sebuah impian emas yang telah kiususun sejak dulu Tiada hari tanpa rintangan ujiku Hingga asa merenggutiku Berhari-hari kumerajut benang-benang kebahagiaan Dan takkan kubiarkan Jika tepisan sesal kian datang melawan Hingga tangisan berderaian Kemilau hariku mewarnai mimipiku Mimipi yang tlah lama mnjadi dambaan hatiku Jika itu menjadi takdir besarku Kan kujadikan sejarah terindah dalam hidupku Oh Tuhan........ Biarkan aku dapatkan pilihan Mungkin itu menjadi sebuah alasan Yang harus kudapatkan Indahnya anugrah ini...... Saat kuterima kebahagiaan diei Terima kasih Tuhan yg maha pemberi Dirimu tak kan pernah kulupakan hingga akhir nanti By : Salma Fadhilatul Lailiyah XI F Sederhana Aku ingin kau mengenalku Sederhana saja… Bagai bulan yang siap terangi bumi Bagai kembang pada kupu-kupu Bagai angin yang membelai pohon-pohon Ku ingin kau tau ketegaranku Bagai karang yang tetap tegak Maski terhempas ombak Ku ingin kau tau tulusku Bagai mentari pagi… Yang tertawa manja… Bagai bintang Yang setia temani bulan Meski tiada pelangi tanpa hujan Namun, ku ingin kau mengenalku Sederhana saja… Bgai rintik-rintik salju Di tiap mereka akan tertawasambut hadirnya Ku ingin juga, sederhana yang kau beri Kedamaian…keikhlasan…ketulusan Sungguh ku ingin Jadi pribadi yang sederhana Hanya itu… By : Arsi Siu Ara Hafifah XI J 18
  26. 26. Moshe Cai Cavalin This is
  27. 27. 19 MOSHE KAI CAVALIN Bocah Ajaib Lulusan Termuda Tentunya kalian pernah denger nama yang satu ini bukan ??? JENIUS …. Yeah sebutan yang tepat untuk orang yang satu ini, dia bisa menyelesaikan kuliah di usia 11 tahun dengan IPK 4,00. Moshe kai begitulah panggilan akrabnya, ABG yang super cerdas ini dilahirkan dari Ayah keturunan Brazil (Yosef Cavalin) dan Ibu keturunan Cina (Sandy Chien) .Moshe Kai lahir pada tanggal 14 Februari 1998.Moshe pernah meraih tiga emas “Tiger Claw Elite Qualifier Championship” / bela diri (tahun 2007, usia 9 tahun). Pada 6 Juni 2009, ia menjadi wisudawan termuda (11 tahun) yang lulus dengan gelar A.A dan predikat summa cum laude. Ketika Moshe mulai kuliah, ia berusia delapan tahun, menjadi siswa termuda di kelasnya. Moshe tidak pernah mengenyam pendidikan formal SD sampai dengan SMA karena beberapa kali ditolak mengingat kemampuannya yang sudah diatas rata-rata. Ayahnya pernah berkali - kali memasukkannya ke Sekolah Formal dan berkali - kali pula ditolak. Begitupun sekolah - sekolah lainnya ada yang berasalan Moshe dapat menganggu konsentrasi siswa lainnya karena akan menjadi pusat perhatian dan juga membuat siswa yang usianya diatasnya menjadi minder. Walhasil, Homeschooling akhirnya menjadi pilihan yang kemudian mengantarkannya menjadi orang hebat. Moshe tumbuh menjadi anak yang disiplin, bijaksana dan tidak pantang menyerah. Dia memiliki target dan strategi disetiap langkah yang dia ambil. Dia bisa menghabiskan waktu berjam - jam untuk belajar dan mengerjakan tugas. Yang menarik, dia malah memberi les privat bagi teman-teman sekelasnya yang berusia 19- 20 tahun pada mata pelajaran matematika dan fisika. Bocah yang mengidolakan Albert Einstein dan Bruce Lee ini berencana ingin belajar menulis buku mengenai mengenai kiat-kiat sukses di sekolah. Ajaib! ini luar biasa ! By : Ellya Isfiyati
  28. 28. Who ? Who ? Who ? Who ?
  29. 29. Rutherford Ernest Rutherford adalah seorang ahli kimia yang merupakan penemu inti atom . Ernest Rutherford lahir pada tanggal 30 Agustus 1871, di Nelson, Selandia Baru. Ayahnya bernama James Rutherford dari Skotlandia, ia seorang tukang roda, yang bermigrasi ke Selandia Baru dengan kakek dan seluruh keluarganya pada tahun 1842. Ibunya, née Martha Thompson, adalah seorang guru sekolah di Inggris. Ernest menerima pendidikan awal di sekolah pemerintah Nelson Collegiate School pada usia 16 tahun. Pada tahun 1889 ia mendapat beasiswa Universitas dan ia pindah ke Universitas di Selandia Baru. Dia lulus MA pada tahun 1893 di Fakultas Matematika dan Ilmu Fisika dan kemudian dia melanjutkan dengan penelitian di Collegenya dengan waktu yang singkat, dan menerima gelar B.Sc. di tahun berikutnya. Pada tahun 1894, ia mendapatkan beasiswa di bidang Sains pada tahun 1851 yang memungkinkan dia pergi ke Trinity College, Cambridge, sebagai mahasiswa riset di Cavendish Laboratory di bawah pimpinan JJ Thomson. Pada tahun 1897 ia dianugerahi titel B.A. dari Penelitian Gelar dan Kesiswaan Trotter Coutts-Trinity College. 20
  30. 30. Kesempatan datang ketika jabatan Ketua bidang Fisika di McGill University, Montreal, menjadi kosong, dan pada 1898 ia berangkat ke Kanada untuk mengambil posisis tersebut.Rutherford kembali ke Inggris pada tahun 1907 menjadi Profesor Fisika di Universitas Manchester, menggantikan Sir Arthur Schuster, dan pada 1919 ia menerima undangan untuk dari Sir Joseph Thomson sebagai Profesor Fisika Cavendish di Cambridge. Dia juga menjadi Ketua Dewan Penasehat, HM Pemerintah, Departemen Penelitian Ilmiah dan Industri; Profesor Filsafat Alam, Royal Institution, London; dan Direktur Laboratorium Mond Royal Society, Cambridge.Setelah ia lulus , ia mengadakan penelitian tentang sifat-sifat pancaran radium dan sinar alpha dan, bersama dengan H. Geiger, sebuah metode untuk mendeteksi satu partikel alpha dan menghitung jumlah radium yang di susun dan dipancarkan. Pada tahun 1911, Rutherford dapat menjelaskan penghamburan sinar alfa dengan mengajukan gagasan tentang inti atom. By : Ellya Isfiyati 21
  31. 31. ExtraMarching Band PAKER PMR Teasa In IKIP 22
  32. 32. Marching Band 23
  33. 33. Check This Out 24
  34. 34. PAKER 25
  35. 35. 26
  36. 36. PMR 27
  37. 37. Teasa In IKIP 28
  38. 38. Yuk manfaatin flora kita
  39. 39. Flora Sobat tarby, apakah anda pecinta tumbuhan?. Kalau iya, yuk manfaatin tumbuhan sebagai obat alami untuk kesehatan tubuh kita. Intip manfaat tumbuhan untuk kesehatan tubuh yuuuk. Nama nama tumbuhan dan manfaatnya · Alpukat, daunnya bermanfaat untuk mengobati diuretik dan stomatick · Asem, buahnya bermanfaat untuk mengobati korigen · Bawang merah, daunnya bermanfaat untuk mengobati febrifuga · Bayam merah, akar dan daunnya bermanfaat untuk mengobati diuretik dan emollensia · Belimbing manis, buah dan daunnya bermanfaat untuk mengobati dan menurunkan kolesterol · Cabai, daunnya bermanfaat untuk mengobati perut mules dan bisul · Cengkeh, daun dan bunganya bermanfaat untuk mengobati sakit gigi · Ceplukan, daunnya bermanfaat sebagai anti diabetik · Delima merah, buahnya bermanfaat untuk mengobati diare · Duku, bijinya bermanfaat untuk mengobati astrigen dan disentri · Ekaliptus, daunnya bermanfaat untuk mengobati rematik dan sebagai antiseptik. Serta bunga dan akarnya bermanfaat untuk mengobati asma · Gagan/pegagan, bermanfaat untuk sedatif dan mengobati obat penyakit kulit · Jahe, bermanfaat untuk mengobati laktogaga 29
  40. 40. · Jambu biji, bermanfaat untuk mengobati diare · Jambu monyet, bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit · Jeruk bali, kulit dan buahnya bermanfaat untuk menghaluskan kulit · Jeruk nipis, buanya untuk stimulan dan obat batuk · Jinten hitam bijinya bermanfaat untuk stimulan dan karminatif · Kayu merah, daun dan kulitnya bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit · Kedondong, daun dan rantingnya bermanfaat untuk mengobati disentrim dan diare · Kencur, rimpangnya bermanfaat untuk roboransia · Kucai, bermanfaat untuk anti kejang dan aromatik · Kumis kucing, daunnya sebagai diuretik dan bermanfaat untuk mengobati batu ginjal · Kunyit, rimpangnya bermanfaat untuk kholagoga dan desinfektan · Labu siam, buahnya bermanfaat untuk mengobati sariawan juga ambeien · Lidah buaya, bermanfaat untuk mengobati batuk dan penumbuh rambut · Lada hitam, buah dan bijinya bermanfaat untuk karminatif · Nangka, daunnya bermanfaat untuk laktagoga · Nanas, buah mudanya bermanfaat untuk antiik dan buah masaknya bermanfaat untuk mengobati mulas dan radang amandel · Orang aring, bermanfaat sebagai haritonik yang menghitamkan rambut 30
  41. 41. · Pacar air, daunnya bermanfaat untuk obat bisul. Bunga dan bijinya bermanfaat untuk mengobatiencok dan luka memar. · Pace/mengkudu, buahnya bermanfaat untuk anti hipertensi · Pepaya, daunnya bermanfaat untuk laksatif serta buah dan bijinya bermanfaat untuk obat disentri. · Pare, daunnya bermanfaat untuk laksatif serta buah dan bijinya bermanfaat untuk obat disentri. · Salam, daunnya bermanfaat untuk pencegah diare · Sambiloto, daunnya bermanfaat sebagai febrifuga · Sawo, bijinya bermanfaat sebagai antelmintik. Serta akarnya bermanfaat sebagai astringen. · Sirih, daunnya bermanfaat sebagaiobat batuk dan antiseptik · Tebu ireng, akarnya bermanfaat sebagai alksatif · Teki/rumput teki, akarnya bermanfaat sebagai analgetik · Temu lawak, rimpangnya bermanfaat sebagai amarum dan laksatif · Tomat,buahnya bermanfaat sebagai tonik, sumber vitamin A dan C · Turi, kulit kayunya bermanfaat sebagai obat diare dan radang usus · Waru, daunnya bermanfaat sebagai laksatif. Dan Akarnya bermanfaat sebagai febrifuga 31
  42. 42. See You Next Edition

×