Uts

192 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
192
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Uts

  1. 1. (UTS)INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTERDosen Pengampu : Rama Adistya N.P, S.KomAbdul Rokhim (1412100117)
  2. 2. 1. a. ICON. Objek yang kehadirannya mewakili tema atau aspek seseorang. Pada kontekssemiotika yang lebih spesifik, icon adalah suatu jenis tanda (sign), dengan „petanda‟ secarafisik mewakili „penanda‟. Contoh, sebuah potret (petanda) merupakan reproduksi mekanisdari apa yang dipotret (penanda).b. Content Aggregator : aggregator konten adalah individu atau organisasi yangmengumpulkan konten dari web atau aplikasi lain dari sumber online yang berbeda-beda,konten aggregator ada dua jenis yaitu: siapasaja yang secara sederhana mengumpulkanbahan-bahan dari berbagai jenis sumber online untuk website mereka sendiri. Contoh :www.yahoo.comc. Advocacy : adalah mengejar mempengaruhi hasil - termasuk kebijakan publik danalokasi sumber daya keputusan di dalam politik, ekonomi, dan sistem sosial dan lembaga -yang secara langsung memengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. Contoh : Advocacyjournalism.d. wiki : adalah sebuah situs web yang memungkinkan mudah penciptaan dan pengeditansejumlah halaman web saling terkait melalui web browser menggunakan bahasa markupyang disederhanakan atau editor teks.Wikis biasanya didukung oleh perangkat lunak wikidan sering digunakan untuk membuat website kolaboratif, website komunitas berkuasa,untuk mengambil catatan pribadi, di intranet perusahaan, dan dalam sistem manajemenpengetahuan. Contoh : http://www.wikipedia.org
  3. 3. e. Jaringan syaraf tiruan (artifical neural network) adalah sistem komputasi yang arsitektur danoperasinya diilhami dari pengetahuan tentang sel syaraf biologis di dalam otak. Jaringan syaraf tiruanmerupakan salah satu representasi buatan dari otak manusia yang selalu mencoba menstimulasi prosespembelajaran pada otak manusia tersebut. Jaringan syaraf tiruan dapat digambarkan sebagai modelmatematis dan komputasi untuk fungsi aproksimasi non-linear, klasifikasi data cluster dan regresi non-parametrik atau sebuah simulasi dari koleksi model jaringan syaraf biologi.f. Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan Amerika yangbernama Microsoft. Sistem operasi adalah sistem dasar untuk mengoperasikan sebuah alat elektronik.(Sebagai gambaran lain, dalam istilah handphone kita mengenal adanya sistem operasi bernama bernamasymbian.) contoh : Windows XP/2000/7/8g. Bussiness/Marketing : adalah proses oleh perusahaan-perusahaan yang mengiklankan produk ataulayanan ke pelanggan potensial. Pemasaran yang digunakan untuk membuat pelanggan, untuk menjagapelanggan dan untuk memuaskan pelanggan. Dengan pelanggan sebagai fokus dari kegiatan, dapatdisimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan salah satu komponen utama manajemen bisnis.Evolusi pemasaran ini disebabkan karena pasar matang dan overcapacities dalam dekade terakhir.Perusahaan kemudian beralih fokus dari produksi kepada pelanggan agar tetap menguntungkan.Contoh : www.kaskus.usg. Entertainment : adalah kegiatan untuk menghibur diri di waktu luang seperti menoton, menbaca buku,melakukan hoby dan masih banyak yang lainnya. contoh: www.mangafox.comh. Gesture adalah sikap atau pose tubuh yang mengandung makna. Kita bisa menggunakan gestureuntuk berkomunikasi. Kita ketahui bahwa ada berbagai macam gesture. Antara lain gesture denganmenggunakan tangan, kepala, kaki, mata dan juga badan.Gesture dengan tangan sangat sering di pakai oleh English speakers untuk berkomunikasi. Misalnyamembuat symbol V dengan jari telunjuk dan jari tengah mereka yang menandakan “peace”.
  4. 4. 2 a. Monitor CrtCRT (Cathode Ray Tube) atau tabung sinar katoda ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, teknologi yangdipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda.Dalam tabung sinar katoda, electron – electron secara hati – hati diarahakn menjadi pancaran, dan pancaranini didefleksi oleh medan magnetic untuk menscan permukaan diujung pandan (anode), yang sebaris denganbahan berfosfor (biasanya berdasar atas logam transisi atau rate earth). Ketika electron menyentuh materialpada layar ini, maka electron akan menyebabkan timbulnya cahaya.kelebihan crt :1. Warna lebih akurat dan tajam2. Resolusi monitor fleksibel3.Perawatan mudah, jika rusak dapat di serviskekurangan crt:1.Konsumsi listrik2. Bergantung pada refreshrate3. Radiasi lebih besa.
  5. 5. b. Monitor LCDMonitor jenis apakah yang sekarang anda gunakan ? Jenis CRT atau LCD ?Jika anda pengguna monitor LCD, di postingan kali ini saya akan mencoba membahaspengertian dan cara kerja monitor jenis tersebut. Teknologi layar kristal cair/LiquidCrystal Display (LCD) bekerja dengan cara memblok cahaya. Secara khusus, sebuahLCD terdiri dari dua lembar kaca polarized (juga disebut substrat) yang berisi materikristal cair di antara mereka. Sebuah backlight membuat cahaya yang melewatisubstrat yang pertama. Pada saat yang sama, arus listrik menyebabkan molekul kristalcair menyesuaikan untuk memungkinkan berbagai tingkat cahaya untuk melewatiuntuk substrat kedua dan membuat warna dan gambar yang kemudian bisa anda lihat.Memang menurut pengalaman saya, menggunakan monitor jenis LCD ini sangatnyaman, baik dari tampilan, maupun dari ukuran yang tidak memakan tempat. Setahusaya, radiasi yang dipancarkan dari monitor LCD ini pun lebih kecil jika dibandingkandengan monitor CRT.
  6. 6. c. Plasma MonitorPlasma Monitor adalah teknologi yang menggunakangas neon/xenon yang diapit dua lapisan pelat kaca.Kejutan listrik dimasukkan kelapisan gas, yanglangsung memberi reaksi berupa penciptaan elemengambar (disebut sebagai piksel). Proses penciptaangambar dilakukan langsung, tanpa diurai pakai proseslain seperti CRT atau RPTV. Tentu ini membuatkualitas gambar juga jadi lebih bagus.
  7. 7. d. LEDmonitorLED Dirancang untuk aplikasi warna yang sangat teliti, sepertidesktop publishing, editing video dan fotografi serta desain grafis,XL30 menguntungkan para profesional yang membutuhkantemperatur warna yang akurat, tracking detail garis-garis warna,keseragaman kualitas brightness dan reproduksi warna.Dibandingkan dengan layar LCD terdahulu yang umumnyamemiliki 82 persen NTSC color gamut standar, monitor SyncMasterXL30 yang baru ini memiliki LED BLU yang unik dan memilikihingga 123% NTSC color gamut. LED BLU membuat XL30mampu secara signifikan menghasilkan imej yang lebih baik denganwarna-warna alami dan mendukung warna natural Adobe RGBsecara menyeluruh.
  8. 8. 3. Perbedaan Printer Dot matrix, Inkjet, Thermal, Laserjet dan PlotterDot-matrix: printer ini mencetak karakter dengan menekankan pin pada pita tinta. Setiap pin menghasilkan titik, dankombinasi titik-titik ini membentuk karakter atau ilustrasi. cara kerja:Printer jenis ini tergolong jenis printer yang mencetak ke kertas dengan cara “langsung”. Artinya, head printer langsung“mengetuk” pita tinta yang berhadapan sama kertas. Keuntungannya, cara kerja dot matrix yang mirip mesin tik ini bisadiaplikasikan juga buat pencetakan beberapa kertas sekaligus, dengan kertas karbon yang diselipkan di tiap halaman kertas.Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printerjenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akanterlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom.Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi. Pada saat head-printer bergerak dari kirikekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Polahuruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuahmatrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Umumnya, printerjenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon)khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.Printer ini masih banyak digunakan karena memangterkenal „bandel‟ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untukprinter jenis inkjet dan laserjet.
  9. 9. Inkjet PrinterInkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakantinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambarberwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halamanpada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merkprinter tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebihlama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
  10. 10. Thermal printer: printer ini menggunakanpin yang dipanaskan yang menekan kertasyang sensitif dengan panas. Printer inibanyak digunakan pada kalkulator danmesin faks.
  11. 11. Printer Laset JetLaser printer iJenis printer laset jet merupakan jenis printeryang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasadisebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah.selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan denganjenis printer dot metrix maupun ink jet,printer laser jet jugamemiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknyapun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesinphoto copy.
  12. 12. PlotterPlotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khususguna menghasilkan output komputer yang berupa gambarataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistemkomputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapatdisajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyakmenggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape,potongan pohon, ataupun untuk membantumemvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

×