Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

0

Share

Download to read offline

1 pendahuluan hidrogeologi

Download to read offline

Proses Pendahuluan Hidrogeologi

  • Be the first to like this

1 pendahuluan hidrogeologi

  1. 1. HIDROGEOLOGI Siklus Hidrogeologi, Akuifer dan Mataair (18 September 2015) Roishe Miyafto Prabowo 21100113120004
  2. 2. PENGERTIAN HIDROGEOLOGI Istilah “Hidrogeology” pertama-tama digunakan oleh Lamarck (Prancis) pada tahun 1802, istilah tersebut identik dengan hidrogeology yang di definisikan sebagai studi fenomena dari degradasi (erosi) dan pengendapan oleh air. Pada saat ini persoalan airtanah semakin kompleks dengan adanya kerjasama dari berbagai disiplin ilmu antara lain. Geologi, Hidrologi, Hidrolika, Agronomi, kimia, fisika. Sehingga pengertian tentang airtanah sangat luas dan kompleks.
  3. 3. SIKLUS HIDROGEOLOGI Source : Barissington, Rick.2007. Field Hidrogeology. Page 2.
  4. 4. PROPERTI AIRTANAH o Akuifer Batuan yang bisa menyimpan dan menyalurkan air dibawah permukaan. Biasanya berupa batupasir yang memiliki porositas dan permeabilitas yang tinggi.Contoh pasir, kericil , batupasir dsb o Akuiklud Batuan yang hanya dapat menyimpan air namun tidak dapat menyalurkan air, disebabkan porositas yang tinggi sedangkan permeabilitas rendah. Contohnya Lempung, shale, tuff o Akuifug Batuan tidak dapat menyimpan dan menyalurkan air. Dikarenakan porosits dan permeabilitas yang rendah. Contohnya Granit, Batuan yang kompak o Akuitar batuan yang dapat menyimpan air dan dapat menyimpan air namun dalam jumlah yang terbatas, disebakan oleh adanya permeabiltas yang tidak selalu perhubungan.
  5. 5. POROSITAS DAN PERMEABITAS Dintinjau dari Kejadianya ; 1. Porositas Primer Terbentuk saat terbentuknya batuan. contohnya ; Kompaksi, Sementasi, sortasi 1. Porositas Sekunder Terbentuk setelah batuan itu terbentuk. Contohnya ; Kekar, Sesar, Pelarutan Ditinjau dari Ukuran Lubang 1. Ukuran kapiler Air dapat tersimpan pada lubang-lubang pori karena tegangan permukaan 2. Ukuran Sub-kapiler, ukuran lebih kecil dari kapiler 3. Ukuran Super-kapiler, ukuran lebih besar dari ukuran kapiler Source ; barssington, Rick. 2007. Field Hidrogrology. Page 28
  6. 6. PENYEBARAN VERTIKAL AIRTANAH
  7. 7. TIPE AKUIFER Source : Suharyadi.1984. Geohidrologi. UGM. Modified ; Prabowo, Roishe.2015.
  8. 8. MATAAIRYANG DISEBABKAN OLEH GRAVITASI Melalui Lubang Sekunder
  9. 9. MATAAIRYANG DISEBABKAN SELAIN DENGAN GAYA GRAVITASI Mataair yang muncul bukan karena pengaruh gaya gravitasi contohnya mataair vulkanik dan mataair celah. Munculnya mataair disebabkan karena adanya tenaga dari dalam bumi misalnya panas, geiser dan sebagainya.

Proses Pendahuluan Hidrogeologi

Views

Total views

1,512

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

4

Actions

Downloads

74

Shares

0

Comments

0

Likes

0

×