Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Blog sbg media informasi

0 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Blog sbg media informasi

  1. 1. Disusun Oleh: ROCHIMUDIN http://pkndisma.blogspot.com/ Blog sebagai Media Informasi, Inspirasi dan Pembelajaran
  2. 2. PENDAHULUAN Blog atau lebih lengkapnya web blog, pada awalnya merupakan sebuah website untuk menumpahkan pikiran, ide-ide, atau catatan pribadi. Namun kini blog telah berkembang pesat tidak sekedar catatan harian atau pribadi. Perkembangan seiring kemajuan teknologi informasi dan komputer.
  3. 3. Blog telah berkembang menjadi seperti website pada umumnya. Bahkan Wikipedia telah mengelompokan jenis blog menjadi 18 jenis, seperti blog politik, pribadi, bertopik, perjalanan, dan sebagainya.
  4. 4. Diperlukan kemampuan tambahan (kustomisasi) agar blog menjadi lebih menarik yang pada akhirnya akan memiliki rating yang tinggi dan SEO (Search Engine Optimizatiton). Penyedia domain blog juga semakin banyak seperti Blogger.com, blogdetik, kompasiana, dan lain-lain.
  5. 5. Seiring dengan banyaknya jenis blog maka fungsi blog juga semakin berkembang yang awalnya untuk berbagi cerita atau informasi. Fungsi blog dapat sekarang ini antara lain sebagai: FUNGSI BLOG:
  6. 6. Sebagai sarana menyampaikan informasi yang akan disampaikan dan dibagi kepada orang lain (publik). Informasi dapat berupa pengalaman pribadi, pengumu-man, cerita, berita, hobi, hiburan, politik, dan sebagainya. 1. Media Informasi
  7. 7. Berikut contoh-contoh blog jenis informasi: a. Pengalaman Pengalaman yang kita ceritakan dapat menghibur pembaca, memberi motivasi orang lain, dan memberi hikmah atau pelajaran.  Contoh blog jenis ini antara lain:  1. Blog pengalaman umroh, contohnya: - ratnawatiutami.blogspot.com - amiratnawatiutami.blogspot.com - dll. 2. Blog perjalanan, contohnya: - perjalanan-grey.blogspot.com - perjalanan.over-blog.com - dll.
  8. 8. b. Pengumuman dan pengenalan sebuah institusi Pengumuman atau kabar dapat diinformasikan dengan menggunakan media blog. Disini akan sangat menguntungkan karena kita dapat mengetahui respon atau komentar dari pembaca apabila belum jelas atau butuh penjelasan tambahan. Contoh blog jenis ini antara lain: dishubkominfoblogcompetition.blogspot.com gmpsmaga-2013.blogspot.com - dll.
  9. 9. c. Cerita (Hoby) Apabila kita memiliki cerita pendek, puisi, syair, komik, cerita bersambung, dan sebagainya dapat kita tampilkan dalam blog. Hobi juga dapat tersalurkan. Pembaca akan mengikuti blog kita dan memberikan masukan agar hasil karya cerita lebih baik lagi.
  10. 10. d. Berita Kita dapat menceritakan kejadian atau peristiwa yang kita alami yang berkaitan dengan kepentingan umum. Misalnya apabila kita menjadi saksi suatu peristiwa besar, kita mengikuti sebuah konser atau pertandingan olahraga, dan sebagainya.
  11. 11. e. Pendidikan Kita dapat mengambil contoh blog jenis pendidikan sebagai sarana informasi seperti: - penmakabmagetan.blogspot.com - minsidorejo.blogspot.com - belajarnegara.blogspot.com - education-vionet.blogspot.com - dan lain-lain
  12. 12. Inspirasi dapat kita peroleh dengan menuliskannya di blog bahkan orang lain dapat terinspirasi oleh tulisan kita. Motivasi yang baik dapat mendorong orang lain terinspirasi. Ada banyak kisah inspiratif yang tentunya pemilik blog mengajak orang lain minimal sama seperti yang dilakukannya. 2. Media Inspirasi
  13. 13. Perkembangan lebih lanjut dari blog adalah sebagai sarana atau media pembelajaran bahkan dapat digunakan sebagai e-learning. 3. Media Pembelajaran Kita ambil contoh tayangan presentasi powerpoint, presentasi dapat berjalan seperti saat kita menayangkan off line (manual di komputer) dengan bantuan www.slideshare.net ataupun google drive.
  14. 14. Situs penyimpanan sarana presentasi langsung
  15. 15. SIMPULAN Demikianlah, blog telah berkembang pesat dan mendapatkan komunitas tersendiri yang bersifat terbuka dan tidak eksklusif. Di berbagai tempat muncul komunitas blogger seperti Komunitas Blogger Jogja dan sebagainya. Salah satu budaya pupuler yang berkembang di masyarakat adalah memiliki dan merawat atau mengup date blog. Dengan sering mengunjungi blog teman atau orang lain kita belajar menjadikan blog itu penting sebagai media informasi, inspirasi, dan pembelajaran.
  16. 16. Referensi a. Gambar 1: http://pkndisma.blogspot.com b. Gambar 2: www.datamaya.com c. Gambar 3: www.molly-greene.com d. Gambar 4: www.wpsite.net e. Gambar 5: www.maxmanroe.com f. Gambar 6: blogactionday.org g. Gambar 7: blogdetik.com h. Gambar 8: log.viva.co.id i. Gambar 9: my.opera.com j. Gambar 10: dumsky.wordpress.com k. Gambar 11: rivafauziah.wordpress.com l. Gambar 12: otobloggerindonesia.wordpress.com m.Gambar 13: hantuseo.blogspot.com n. Gambar 14: unidentifyowner92.blog o. Gambar 15: arwan.web.id p. Gambar 16: dirgantara.blogdetik.com q. Gambar 17: coretanseadanya.blogspot.com

×