Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Penyulingan minyak serai wangi

25,357 views

Published on

Uji coba

Penyulingan minyak serai wangi

  1. 1. Oleh: Afriyan KasmanRici Mainaki
  2. 2. • Menurut ilmu taksonomi, sereh wangi ini termasuk dalam famili gramineae (rumput- rumputan)dan genus Cymbopogon.• Sereh wangi merupakan tanaman tahunan (perennial) dan stolonifera (berbatang semu).
  3. 3.  Divisi: Spermatophyta Subdivisi : Angiospermae Kelas : Angiospermae Subkelas : Monocotyledonae Ordo : Graminales Famili : Panicodiae Subfamili : Panicodiae Tribe : Andropoginae Genus : Cymbopogon Spesies : Cymbopogon nardus L.
  4. 4.  Di Indonesia sendiri, terdapat 2 jenis tanaman serai yaitu: lemabatu dan mahapengiri
  5. 5.  Jenis mahapengiri mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: daunnya lebih luas dan pendek, disamping itu menghasilkan minyak dengan kadar sitronellal dan geraniol yang tinggi. Sedangkan jenis lenabatu menghasilkan dengan kadar sitronellal dan genariol yang lebih rendah.
  6. 6.  Tumbuh berumpun. Akar serabut dengan jumlah yang cukup banyak. Akarnya mampu menyerap unsur hara di dalam tanah cukup baik sehingga pertumbuhannya lebih cepat. Daun pipih memanjang menyerupai daun alang-alang. Panjang daun dapat mencapai 1 meter. Melengkung antara pertengahan daun hingga ujung. Bila pertumbuhan normal, lebar daun berkisar 1-2 cm. Bila daunnya diremas tercium aroma khas serai wangi. Warna daun hijau muda sampai hijau kebiru-biruan. Batang berwarna hijau dan merah keunguan.
  7. 7. Beberapa senyawa penyusun minyak atsiri seperti: Sitronellal Geraniol Mirsen Nerol Farnesol metil heptenol Dipenten n-desialdehid Linalool dan Metal heptenon
  8. 8. Panen Pemanenan I dilakukan pada saat tanaman berumur 7 – 8 bulan. Dan Pemanenan II saat umur 10 – 12 bulan. Setelah tahun ke-2, tanaman memasuki tanaman produktif sehingga dapat dipanen setiap 3 – 4 bulan sekali.
  9. 9.  Minyak sereh wangi juga digunakan : pewangi sabun, detergen, pembersih lantai, aerosol, dan aneka jenis produk teknis lainnya. Dalamjumlah yang kecil digunakan pada industri makanan dan minuman seperti anggur, saus, permen, rempah, dan lainnya
  10. 10. Alat yang digunakan adalah : Alat penyulingan Bak Pendingin Tangki pemisahBahan yang digunakan adalah : Bahan yang digunakan adalah sereh wangi dan air
  11. 11. Menyiapkan bahan yang akan digunakan yaitu sereh wangi yang masih segar.Daun sereh dirajang dahulu sampai panjangnya menjadi sekitar 10 – 15 cm dan secepatnya dimasukkan ke dalam ketel suling selama 1-3 jam.Hasil uap air dan minyak tersebut kemudian di tampung dalam tangki pemisah dan tunggu sampai dingin.Minyak yang sudah dingin kemudian dikemas dalam botol.
  12. 12.  Tingkat kesegaran bahan olah. Semakin segar bahan olah, semakin tinggi rendemennya. Bahan yang kering/layu kemungkinan telah terjadi penguapan sejumlah kecil minyak ke udara bebas. Kualitas bahan olah. Bahan olah yang mengandung banyak batang semu dibandingkan daunnya akan menghasilkan rendemen minyak yang kecil. Minyak atsiri banyak terdapat dalam daun, sedangkan tangkai/batangnya sedikit menghasilkan minyak padahal kehadiran batang pada bahan olah berkontribusi besar terhadap berat bahan olah. Perlakuan awal bahan olah. Perajangan akan menurunkan rendemen minyak namun
  13. 13. Sereh wangi adalah tumbuhan layaknya familirumput- rumputan yang panjang daunnyaberkisar 0,6-1,2m tersusun pada setolon.Tanaman serai wangi mempunyai beberapakegunaan salah satunya adalah sebagaivegetasi konservasi yaitu potensial untukmencegah terjadinya erosi tanah danmerehabilitasi lahan-lahan kritis.

×