Ptk

629 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
629
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
26
Actions
Shares
0
Downloads
21
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ptk

  1. 1. Oleh:Lisa Atik Suryaningsih 09141131
  2. 2.  Berdasarkan observasi, diketahui bahwa pembelajaran menulis puisi di kelas IV SDN Katikan I Kec. Kedunggalar kurang memuaskan, karena guru hanya menjelaskan tentang puisi beserta unsur-unsurnya saja tanpa mempertimbangkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Kurangnya kreatifitas siswa dalam menulis puisi, karena disebabkan sumber belajar yang kurang. Pembelajaran yang masih bersifat Teacher Centered
  3. 3. “Apakah penerapan pembelajaran denganmenggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dapatmeningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswakelas IV SDN Katikan I Kec. Kedunggalar tahunajaran 2012/2013?”
  4. 4. TUJUAN PENELITIAN Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuanpenelitiannya adalah: Mendeskripsikan penggunaanlingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkankemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV SDNKatikan I Kec. Kedunggalar tahun ajaran 2012/2013 013”.
  5. 5. a. Bagi Siswab. Bagi Guruc. Bagi Sekolah
  6. 6. HIPOTESIS TINDAKANJika siswa kelas IV SDN Katikan I Kec. Kedunggalardibelajarkan menulis puisi dengan menggunakanlingkungan sebagai sumber belajar maka kemampuannyamenulis puisi akan meningkat.
  7. 7. KAJIAN PUSTAKA Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Henry Guntur tarigan ( 1986: 15) menyatakan bahwa menulis adalah kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampainya. Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias/imajinatif serta mempunyai nilai estetika. lingkungan berarti segala sesuatu benda baik hidup ataupun mati yang ada di sekitar kita.
  8. 8. METODE PENELITIAN Tempat Penelitian Penelitian ini akan diadakan di kelas IV SDN Katikan I Kec. Kedunggalar. Waktu Penelitian Waktu penelitian yaitu selama 3 bulan, yaitu pada bulan September sampai bulan November tahun ajaran 2012/2013.
  9. 9. SUBJEK PENELITIANSubyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNKatikan I Kec. Kedunggalar, dengan jumlah siswa 20anak, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswaperempuan.
  10. 10. RANCANGAN PENELITIAN SIKLUS 1a. Tahap perencanaanb. Tahap melakukan tindakanc. Tahap mengamatid. Tahap refleksi SIKLUS 2a. Tahap perencanaanb. Tahap melakukan tindakanc. Tahap mengamatid. Tahap refleksi
  11. 11. PENGUMPULAN DATA observasi langsung menggali berbagai kejadian, peristiwa, keadaan, tindakan yang berkaitan dengan system yang berlangsung pada proses pembelajaran di kelas dimana peneliti terlibat dengan kegiatan subjek yang diteliti sebagai sumber data penelitian. teknis tes yaitu dengan menggunakan soal evaluasi dimana siswa mengerjakan soal evaluasi. Dokumentasi yaitu dengan menggunakan RPP yang dalam oembelajarannya menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.
  12. 12. TERIMA KASIH

×