Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Kimia
Sma Negeri 18 Surabaya
Xii iPa 2
KelomPoK 3


aNggota :
- CaNberra C. e.
- raKa baguS S.
- rio Satria N
(29)

(10)
(27)
Ciri umum goloNgaN
KalKogeN
Nama
Unsur

Nomor
Atom

Deret
Kimia

Penampilan

Massa
Atom

Konfigurasi
Elektron

Oksigen
(O)...
Ciri FiSiK goloNgaN
KalKogeN
Nama
Unsur

Massa
Jenis
(g/cm3)

Titik
Lebur
(oC)

Titik
Didih
(oC)

Struktur
Kristal

Bilang...
goloNgaN KalKogeN




Golongan Kalkogen yaitu golongan
sebangsa oksigen yang menempati
golongan VI A pada Sistem Periodi...
goloNgaN
KalKogeN
uNSur uNSur
goloNgaN
KalKogeN
oKSigeN (o)




Oksigen adalah unsur kimia dalam sistem
tabel periodik yang mempunyai lambang O
dan nomor atom 8. Ia mer...
KeguNaaN oKSigeN




Untuk membantu pernapasan makhluk
hidup (manusia, dan hewan)
Oksigen digunakan dalam produksi baja...
Cara Pembuatan


Oksigen dapat dibuat dalam skala
besar di industri dan dapat juga dalam
skala kecil di laboratorium. Dal...
KelimPahan di alam


Oksigen merupakan unsur yang terbanyak
terdapat dalam kerak bumi hingga mencapai
sekitar 50% berat d...
OKsigen di dalam air
belerang (s)




Belerang atau sulfur adalah suatu unsur
Kimia dalam tabel periodik yang memiliki
lambang S dan nomor at...
Cara mendaPatKan


Belerang diperoleh dengan proses
Frash yaitu dengan memasukkan uap
panas ke dalam tanah yang
mengandun...
Kegunaan sulfur






Penggunaan komersilnya terutama
dalam fertilizer serta pembuatan
bubuk mesiu,
korek api,
insekt...
KelimPahan di alam


Dalam keadaan bebas Umumya
belerang terdapat dalam gunung
berapi. Adapun dalam bentuk
senyawanya, Be...
gambar unsur
sulfur
selenium

(se)

Selenium adalah suatu unsur Kimia
dalam tabel periodik yang memiliki
lambang Se dan nomor atom 34.
 Ciri-...
Kegunaan






Digunakan dalam xerografi untuk
memperbanyak salinan dokumen, surat
dan lain-lain.
Digunakan oleh indust...
Cara MendapatKan


Selenium diperoleh dari memanggang
endapan hasil elektrolisis dengan soda
atau asam sulfat, atau denga...
KeliMpahan di alaM




Selenium terjadi secara alami dalam
beberapa bentuk anorganik, termasuk
selenide, selenate, dan S...
gaMbar unsur
seleniuM
teluriuM

(te)

Telurium adalah suatu unsur Kimia
dalam tabel periodik yang memiliki
lambang Te dan nomor atom 52.
 Ciri-...
Kegunaan







Telurium dapat memperbaiki kemampuan
tembaga dan baja tahan karat untuk digunakan
dalam permesinan.
·
...
Cara MendapatKan


Senyawa Telurium dijual secara
komersial, akan tetapi biasanya unsur
ini dibuat dengan mensintesis
beb...
KeliMpahan


Dibumi kelimpahan Tellurium sangat sedikit
dan jarang, sebab hanya terdapat dengan
konsentrasi yang rendah.T...
gaMbar unsur
teluriuM
Polonium




(Po)

Polonium adalah suatu unsur Kimia
dalam tabel periodik yang memiliki
lambang Po dan nomor atom 84.
Un...
Kegunaan




Karena kebanyakan radiasi alfa dihentikan di
sekitar bahan padat sedangkan wadahnya
melepaskan energinya, s...
Cara mendaPatKan




Karena polonium-210 diproduksi selama peluruhan alami
uranium-238, Polonium-210 secara luas didistr...
KelimPahan di alam
Polonium adalah unsur alam yang radioaktif
dan sangat langka yang ditemukan dalam
bijih Uranium.
 Untu...
Gambar Unsur Polonium
KesimPulan







Golongan Kalkogen memiliki elektron
valensi berjumlah 6
Titik didih dari atas ke bawah semakin
besar
Titik le...
selesa
i
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kimia Kelas XII Kimia UnsurGolongan oksigen

5,859 views

Published on

  • Be the first to comment

Kimia Kelas XII Kimia UnsurGolongan oksigen

  1. 1. Kimia Sma Negeri 18 Surabaya
  2. 2. Xii iPa 2 KelomPoK 3  aNggota : - CaNberra C. e. - raKa baguS S. - rio Satria N (29) (10) (27)
  3. 3. Ciri umum goloNgaN KalKogeN Nama Unsur Nomor Atom Deret Kimia Penampilan Massa Atom Konfigurasi Elektron Oksigen (O) 8 Non logam Tak berwarna 16 2,6 1s2,2s2,2p4 Sulfur (S) 16 Non metal Kuning lemon 32 2,8,6 (Ne) 3s2,3p4 Selenium (Se) 34 Non metal Gray, metalic luster 79 2,8,18,6 (Ar) 3d10,4s2,4p4 Telurium (Te) 52 Metaloid Silvery lustrous gray 128 2,8,18,18,6 (Kr) 4d10,5s2,5p4 Polonium (Po) 84 Metaloid Kuning hitam 210 (Xe) f14,5d10,6s2,6p4
  4. 4. Ciri FiSiK goloNgaN KalKogeN Nama Unsur Massa Jenis (g/cm3) Titik Lebur (oC) Titik Didih (oC) Struktur Kristal Bilangan Oksida Oksigen (O) 1,14 -218,8 -183 Kubus -2 Sulfur (S) 2,07 119 445 orthorhombik -2,2,4,6 Selenium (Se) 4,8 217 685 Hexagonal -2,4,6 Telurium (Te) 6,24 450 990 Hexagonal -2,4,6 Polonium (Po) 9,2 254 - - 2,4
  5. 5. goloNgaN KalKogeN   Golongan Kalkogen yaitu golongan sebangsa oksigen yang menempati golongan VI A pada Sistem Periodik Unsur (SPU). Unsur-unsurnya yaitu : O (Oksigen) S (Belerang) Se (Selenium) Te (Telurium) Po (Polonium)
  6. 6. goloNgaN KalKogeN
  7. 7. uNSur uNSur goloNgaN KalKogeN
  8. 8. oKSigeN (o)   Oksigen adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida) Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi.Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumi.
  9. 9. KeguNaaN oKSigeN    Untuk membantu pernapasan makhluk hidup (manusia, dan hewan) Oksigen digunakan dalam produksi baja, plastik, dan tekstil, Sebagai penyokong kehidupan pada pesawat terbang, kapal selam, penerbangan luar angkasa, dan penyelaman.
  10. 10. Cara Pembuatan  Oksigen dapat dibuat dalam skala besar di industri dan dapat juga dalam skala kecil di laboratorium. Dalam skala besar di industri, pembuatan oksigen diperoleh dari destilasi bertingkat udara cair.
  11. 11. KelimPahan di alam  Oksigen merupakan unsur yang terbanyak terdapat dalam kerak bumi hingga mencapai sekitar 50% berat dalam berbagai bentuk perseyawaan karbonat, nitrat, sulfat, dan silikat yang tersebar luas. Air mengandung hingga 89% berat oksigen. Udara mengandung hingga 21% volume oksigen. Persentase in hampir tetap karena adanya proses fotosintesis. Oksigen merupakan unsur esensial penyusun makhluk hidup. Oksigen ada dalam dua bentuk alotrop, yaitu dioksigen dan trioksigen.
  12. 12. OKsigen di dalam air
  13. 13. belerang (s)   Belerang atau sulfur adalah suatu unsur Kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Ciri-cirinya: - Zat padat (solid) - Bentuknya non-metal yang tak berasa - Tak berbau dan multivalent  Di alam belerang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral-mineral sulfide dan sulfate.
  14. 14. Cara mendaPatKan  Belerang diperoleh dengan proses Frash yaitu dengan memasukkan uap panas ke dalam tanah yang mengandung belerang melalui pipa agar mencair.
  15. 15. Kegunaan sulfur      Penggunaan komersilnya terutama dalam fertilizer serta pembuatan bubuk mesiu, korek api, insektisida dan fungisida.
  16. 16. KelimPahan di alam  Dalam keadaan bebas Umumya belerang terdapat dalam gunung berapi. Adapun dalam bentuk senyawanya, Belerang ditemukan dalam bentuk mineral sulfida, seperti besi sulfida (FeS2), gips (CaSO4 . 2H2O), dan seng sulfida (ZnS). Selain itu Belerang juga terkanung dalam gas Alam, seperti H2S dan SO2.
  17. 17. gambar unsur sulfur
  18. 18. selenium (se) Selenium adalah suatu unsur Kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Se dan nomor atom 34.  Ciri-cirinya: - Zat padat (solid) - Termasuk Bentuk non-metal - Struktur kristal Hexagonal 
  19. 19. Kegunaan    Digunakan dalam xerografi untuk memperbanyak salinan dokumen, surat dan lain-lain. Digunakan oleh industri kaca untuk mewarnakan kaca dan untuk membuat kaca dan lapisan email gigi yang berwarna rubi. Digunakan sebagai tinta fotografi dan sebagai bahan tambahan baja tahan karat.
  20. 20. Cara MendapatKan  Selenium diperoleh dari memanggang endapan hasil elektrolisis dengan soda atau asam sulfat, atau dengan meleburkan endapan tersebut dengan soda  dan niter (mineral  yang mengandung kalium nitrat).
  21. 21. KeliMpahan di alaM   Selenium terjadi secara alami dalam beberapa bentuk anorganik, termasuk selenide, selenate, dan Selenite. Dalam tanah, selenium paling sering terjadi dalam bentuk larut seperti selenate (analog dengan sulfat), yang tercuci ke sungai sangat mudah oleh limpasan. Selenium ini paling sering dihasilkan dari bijih sulfida selenide di banyak, seperti tembaga, perak, atau timah.
  22. 22. gaMbar unsur seleniuM
  23. 23. teluriuM (te) Telurium adalah suatu unsur Kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Te dan nomor atom 52.  Ciri-cirinya: - Zat padat (solid) - Termasuk Metaloid - Struktur kristal Hexagonal 
  24. 24. Kegunaan     Telurium dapat memperbaiki kemampuan tembaga dan baja tahan karat untuk digunakan dalam permesinan. · Pada Timbal yang ditambahkan Telurium dapat mengurangi reaksi korosi oleh asam sulfat, dan juga memperbaiki kekuatan serta kekerasannya. · Digunakan sebagai pelapis besi pada menara pendingin. · Telurium juga digunakan dalam campuran warna keramik.
  25. 25. Cara MendapatKan  Senyawa Telurium dijual secara komersial, akan tetapi biasanya unsur ini dibuat dengan mensintesis beberapa bijih tellurium dilaboratorium dimana tellurium ini merupakan hasil sampingan dari pemurnian tembaga. Sedangkan prosesekstraksinya dengan melibatkan reaksi oksidasi dari senyawa Natrium Karbonat. 
  26. 26. KeliMpahan  Dibumi kelimpahan Tellurium sangat sedikit dan jarang, sebab hanya terdapat dengan konsentrasi yang rendah.Telurium lebih sering  ditemukan di alam sebagai senyawa tellurida darih emas (kalaverit), dan terkadang bergabung dengan logam lainnya. Telurium juga didapatkan secara komersil dari lumpur anoda yang dihasilkan selama proses pemurnian elektrolisis tembaga panas. Amerika Serikat, Kanada, Peru dan Jepang  adalah penghasil terbesar unsur ini.
  27. 27. gaMbar unsur teluriuM
  28. 28. Polonium   (Po) Polonium adalah suatu unsur Kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Po dan nomor atom 84. Unsur radioaktif yang langka ini termasuk kelompok metaloidengan Telurium yang memiliki sifat Kimia yang mirip dengan Telurium dan Bismut.
  29. 29. Kegunaan   Karena kebanyakan radiasi alfa dihentikan di sekitar bahan padat sedangkan wadahnya melepaskan energinya, sehingga polonium menarik perhatian untuk digunakan sebagai sumber panas yang ringan sebagai sumber energi termoelektrik pada satelit angkasa. Polonium terdapat dalam mineral Uranium dan Tellurium sebagai produk rangkaian peluruhan radioaktif.
  30. 30. Cara mendaPatKan   Karena polonium-210 diproduksi selama peluruhan alami uranium-238, Polonium-210 secara luas didistribusikan dalam jumlah kecil di kerak bumi. Meskipun dapat diproduksi melalui proses kimia dari bijih uranium atau mineral,. Awalnya, polonium-210 diperoleh dari bijih bijihbijih kaya uranium yang ditemukan di Bohemia, tetapi juga dapat diperoleh dari garam radium. Meskipun sejumlah isotop polonium lainnya hadir dalam seri peluruhan alami, waktu paruhnya yang singkat menyebabkan isotop-isotop itu pada umumnya berada pada konsentrasi yang rendah.  Karena langka, polonium-210 biasanya diproduksi artifisial dalam reaktor nuklir dengan membombardir bismuth-209 (sebuah isotop yang stabil) dengan neutron.
  31. 31. KelimPahan di alam Polonium adalah unsur alam yang radioaktif dan sangat langka yang ditemukan dalam bijih Uranium.  Untuk mendapatkan unsur ini, para ahli melakukan penembakan bismut alam (209Bi) dengan neutron, diperoleh 210Bi yang merupakan induk polonium. Sejumlah milligram polonium kini didapatkan dengan cara seperti ini, dengan menggunakan tembakan neutron berintensitas tinggi dalam reaktor nuklir. Reaksinya adalah:  209Bi+1n→210Po+ e-
  32. 32. Gambar Unsur Polonium
  33. 33. KesimPulan
  34. 34.       Golongan Kalkogen memiliki elektron valensi berjumlah 6 Titik didih dari atas ke bawah semakin besar Titik lebur dari atas ke bawah semakin besar kecuali Unsur Polonium (254) Massa jenis dari atas ke bawah semakin besar. Mempunyai biloks yang hampir sama yaitu -2,4,6 Berakhir dikulit p4
  35. 35. selesa i

×