Workshop akhir semester indonesia inggris

695 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
695
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
102
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Workshop akhir semester indonesia inggris

  1. 1. 1 WORKSHOP AKHIR SEMESTER BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS SEMESTER GASAL 2012/2013 TUJUAN WORKSHOP Workshop yang dilakukan dalam rangka proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro ini bertujuan untuk: 1. Memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari selama satu semester ke dalam sebuah proyek penulisan ilmiah. 2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami bahan bacaan berbahasa Inggris yang terkait dengan bidang perencanaan wilayah dan kota. 3. Menjadikan bahan bacaan berbahasa Inggris sebagai salah satu bahan penulisan ilmiah. 4. Melatih mahasiswa untuk bisa menulis karya ilmiah dalam bentuk artikel sesuai dengan kaidah penulisan artikel yang baik dan benar. HASIL YANG DIHARAPKAN Setelah melakukan workshop ini, diharapkan mahasiswa akan mampu untuk: 1. Menyusun sebuah ringkasan dari 2 bahan bacaan (artikel) dalam bahasa Inggris; 2. Menggunakan bahan bacaan berbahasa Inggris sebagai sumber tulisan ilmiah; 3. Menulis sebuah karangan ilmiah dalam bentuk artikel yang memenuhi kaidah penulisan esai yang baik dan benar. KELUARAN WORKSHOP Setelah menyelesaikan workshop ini, setiap mahasiswa harus menyerahkan artikel ilmiah dalam bentuk tertulis dan file. Artikel yang diserahkan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: • Ditulis/diketik dengan huruf Times New Roman ukuran huruf 12 dan diketik dengan spasi ganda. • Jumlah kata minimum adalah 2.000 kata dan maksimum 3.000 kata, tidak termasuk daftar pustaka dan abstrak. • Artikel ditulis dalam kertas ukuran A4 dengan batas kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. • Penulisan daftar pustaka dilakukan dengan mengacu pada gaya author-date system. Mahasiswa bisa memilih gaya Harvard, APA, atau MLA. Penggunaan gaya tertentu harus konsisten. TEMA YANG TERSEDIA Ada empat tema yang diangkat untuk tugas ini, yaitu:
  2. 2. 2 • Perumahan (perkotaan), khususnya masalah rumah sewa dan pembiayaan perumahan; • Kemiskinan kota, dengan fokus pada cara atau instrumen kebijakan baru untuk menangani kemiskinan perkotaan; • Kemiskinan pedesaan, berhubungan dengan bagaimana upaya mengentaskan kemiskinan masyarakat pedesaan; • Urbanisasi, dengan mengambil kasus pola urbanisasi dan kecenderungan yang terjadi di Indonesia; dan • Persampahan, dengan penekanan khusus mencari solusi yang efektif untuk menangani sampah di kota-kota besar di Indonesia. TEKNIS PELAKSANAAN Beberapa ketentuan pelaksanaan workshop adalah sebagai berikut: 1. Tugas ini adalah tugas individu. Setiap mahasiswa wajib menyerahkan tugasnya pada waktu yang ditentukan. 2. Satu tema dikerjakan oleh paling sedikit 10 orang mahasiswa dan sebanyak-banyaknya 15 orang mahasiswa. 3. Mahasiswa boleh melakukan diskusi dan tukar pikiran sehubungan dengan bacaan yang digunakan sebagai acuan. Namun demikian, hasil akhir berupa artikel adalah murni karya masing-masing mahasiswa. Setiap tindakan plagiasi akan berakibat pada pengurangan nilai. 4. Mahasiswa membawa laptop pada jadwal workshop di kelas. 5. Jadwal pelaksanaan workshop dan pengumpulan hasil adalah sebagai berikut: a. Workshop 1: Senin dan Jumat, 10 dan 13 Desember 2012 b. Workshop 2: Senin dan Jumat, 17 dan 21 Desember 2012 c. Pengumpulan printout artikel: Jumat, 28 Desember 2012 d. Pengumpulan CD artikel per kelas: Jumat, 28 Desember 2012 TAHAPAN KEGIATAN Kegiatan dalam rangka workshop ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kegiatan pra-workshop, dalam workshop, dan pasca-workshop. Penjelasan dari masing-masing tahapan adalah sebagai berikut: 1. Kegiatan sebelum workshop: a. Pemilihan tema oleh mahasiswa sebagaimana ketentuan di atas. b. Pemahaman terhadap bahan bacaan wajib. c. Pencarian bahan bacaan pendukung yang berasal dari media massa, baik cetak maupun daring (online). 2. Kegiatan selama workshop a. Diskusi antar-teman mengenai substansi tema yang dibahas. b. Pembuatan rencana penulisan artikel. c. Penyusunan struktur penulisan artikel.
  3. 3. 3 d. Penulisan draft artikel. 3. Kegiatan sesudah workshop a. Proses penghalusan tulisan hasil workshop b. Penyuntingan ejaan dan bahasa c. Penyusunan format artikel sesuai dengan ketentuan d. Pengumpulan tugas STRUKTUR ARTIKEL Artikel yang dihasilkan oleh mahasiswa harus memenuhi ketentuan sebagai berikut ini. Judul – Times New Roman 14 Bold Nama Penyusun – Times New Roman 12 Bold NIM – Times New Roman 12 Italic Abstrak – Times New Roman 12 Bold Isi abstrak – Times New Roman 12 Italic Kata kunci: Times New Roman 12 Judul subbagian – Times New Roman 12 Bold; jarak antara teks sesudahnya adalah 6 pt dan teks sebelumnya 12 pt. Paragraf pertama setelah judul subbagian – Times New Roman 12 tanpa indentasi Paragraf biasa – Times New Roman 12 dengan indentasi 1 cm dari batas kertas kiri. Semua paragraf dan tulisan lain dibuat dengan rata kiri-kanan (justify). Ini adalah contoh paragraf. Bahan bacaan atau referensi – Times New Roman 12 dengan baris kedua menjorok ke dalam sebanyak 1 cm dari batas kertas kiri. Jarak antara satu sumber rujukan dengan rujukan sebelumnya adalah 6 pt. Beginilah referensi seharusnya ditulis. LAIN-LAIN File yang dikumpulkan dinamai dengan format sebagai berikut: nama_NIM_tema. Contohnya adalah sebagai berikut: jawoto_1995121001_persampahan. Setiap kelas mengumpulkan hanya 1 CD yang di dalamnya terdapat hasil karya tulis setiap mahasiswa di kelasnya masing- masing dengan format file seperti di atas. Selamat bekerja. Jika ada pertanyaan bisa dilayangkan ke email: jawoto@gmail.com. Say no to plagiarism!

×