Menulis Resensi Buku

23,846 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
5 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
23,846
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
10
Actions
Shares
0
Downloads
578
Comments
1
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Menulis Resensi Buku

  1. 1. BAHASA INDONESIA MENULIS RESENSI BUKUKELAS XII IPA/IPSSEMESTER I J l . L e t n a n Mu c h t a r S a l e h N o . 07 K a y u a g u n g T e l p . (0712) 321147 K o d e P o s 30612 We b s i t e : w w w .s m a n 1k a y u a g u n g .s c h .i d E -m a i l :
  2. 2. STANDAR KOMPETENSI4.4 Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi KOMPETENSI DASAR4.4. Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format yang baku Created By: Putri’CC
  3. 3. INDIKATORMencatat identitas bukuMencatat pokok-pokok isiMencatat keunggulan isi bukuMencatat kelemahan isi bukuMenulis resensi buku denganMemperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi Created By: Putri’CC
  4. 4. MATERIKata “Resensi” berasal dari bahasa Latin, yaitudari kata kerja “revidere” atau “recensere” yangmemilik arti melihat kembali, menimbang ataumenilai.Dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilahreview, sedangkan dalam bahasa Belanda dikenaldengan istilah recensie.
  5. 5. MATERIMenurut “Kamus Istilah Sastra” yang ditulis olehPanuti Sudjiman (1984), Resensi adalah hasilpembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatukarya tulis.Pada Kamus Sinonim Bahasa Indonesia disebutkanbahwa resensi adalahpertimbangan, pembicaraan, atau ulasan buku. Akhir-akhir ini, resensi buku lebih dikenal denganistilah timbangan buku.
  6. 6. MATERIJadi, Pengertian Resensi adalah kupasan ataupembahasan tentang buku, film, atau drama yangbiasanya disiarkan melalui media massa, seperti suratkabar atau majalah.Resensi merupakan salah satu bentuk tulisanjurnalistik yang bertujuan untuk mendeskripsikan danmemberi pertimbangan kepada pembaca mengenaisebuah buku yang baru diterbitkan.
  7. 7. MATERITujuan resensi adalah memberi informasi kepadamasyarakat akan kehadiran suatu buku, apakah ada halyang baru dan penting atau hanya sekadar mengubahbuku yang sudah ada.Pembuat resensi disebut resensator.Resensator harus membaca buku itu terlebih dahulu.Resensator memiliki pengetahuan yang memadai, yangberhubungan dengan isi buku yang akan diresensi.
  8. 8. MATERIBeberapa syarat Meresensi Buku :1. Ada data buku, meliputi nama pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal buku.2. Pendahuluannya berisi perbandingan dengan karya sebelumnya, biografi pengarang, atau hal yang berhubungan dengan tema atau isi.3. Ada ulasan singkat terhadap buku tersebut.4. Harus bermanfaat dan kepada siapa manfaat itu ditujukan.
  9. 9. CONTOH RESENSI NOVEL Judul Buku: Laskar PelangiLASKAR PELANGI Penulis: Andrea Hirata Negara: Indonesia Bahasa: Indonesia Genre: Roman Penerbit: Yogyakarta: Bentang Pustaka Tanggal terbit: 2005 Halaman: xxxiv, 529 halaman ISBN: ISBN 979-3062-79-7
  10. 10. CONTOH RESENSIResensiLaskar Pelangi adalah novel pertama karya AndreaHirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka padatahun 2005.Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak darikeluarga miskin yang bersekolah (SD danSMP) disebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yangpenuh dengan keterbatasan.
  11. 11. CONTOH RESENSISinopsisCerita terjadi di desa Gantung, Kabupaten Gantung,Belitung Timur. Dimulai ketika sekolahMuhammadiyahterancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalautidak mencapai siswa barusejumlah 10 anak. Ketika itu baru9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapitepat ketikaPak Harfan, sang kepala sekolah, hendakberpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datanguntuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.
  12. 12. CONTOH RESENSITokoh-tokoh yang muncul dalam Laskar Pelangi:1)Ikal : Tokoh aku dalam cerita ini. Ikal yang selalu menjadi peringkat kedua memiliki temansebangku bernama Lintang, yang merupakan anak terpintar dalam Laskar Pelangi.2)Lintang : Teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius. Ayahnya bekerja sebagai nelayan miskinyang tidak memiliki perahu dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga.3)Sahara : Satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi. Sahara adalah gadis keras kepala berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama.
  13. 13. CONTOH RESENSI4)Mahar : Pria tampan bertubuh kurus ini memiliki bakat dan minat besar pada seni. Pertama kalidiketahui ketika tanpa sengaja Bu Muslimah menunjuknya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara.5)A Kiong : Anak Hokian. Keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu.Baginya Mahar adalah suhunya yang agung.6)Syahdan : Anak nelayan yang ceria ini tak pernah menonjol. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan.7)Kucai : Ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Ia menderita rabun jauh karenakurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat
  14. 14. CONTOH RESENSI8)Borek : Pria besar maniak otot. Borek selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Ketikadewasa ia menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara.9)Trapani : Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. Apapun yang ialakukan harus selalu didampingi ibunya.10)Harun : Pria yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya .
  15. 15. CONTOH RESENSITokoh-tokoh Lain :1)Bu Muslimah : Bernama lengkap N.A. Musimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid. Diaadalah Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi.2)Pak Harfan : Nama lengkap K.A. Harfan Efendy Noor bin K.A. Fadillah Zein Noor. Kepalasekolah dari sekolah Muhammadiyah.3)Flo : Bernama asli adalah Floriana, seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya.4)A Ling : Cinta pertama Ikal yang merupakan saudara sepupu A Kiong. A Ling yang cantik dantegas ini terpaksa berpisah dengan Ikal karena harus menemani bibinya yang tinggal sendiri.
  16. 16. Latihan Soal1. Buku ini menceritakan tentang kisah seorang anak yang memperoleh perlakuan yang sangat tidak manusiawi. Selain itu, isi buku ini disajikan dalam bahasa yang mampu menarik perhatian pembaca sehingga masuk kedalam salah satu keunggulan buku tersebut. Kutipan resensi buku di atas membahas mengenai… A amanat dan penilaian buku D isi buku dan amanat B isi buku dan bahasa E amanat dan bahasa C sistematika dan penilaian buku Created By: Putri’CC
  17. 17. Latihan Soal2. Di bawah ini yang bukan sasaran resensi yaitu… A identitas buku B tujuan pengarang C keunggulan dan kelemahan buku D isi dari buku E latar belakang Created By: Putri’CC
  18. 18. Latihan Soal3. Supernova adalah sebuah superimajinatif. Sungguh tidak lazim bagi dunia sastra Indonesia. Ditulis dengan gaya pop, tetapi sarat dengan problema filsafat dan teori-teori ilmiah. Baru kali ini dalam sastra Indonesia, seorang penulis mampu mengartikulasikan labirin kehidupan kontemporer secara eksperimentif dengan gaya yang hampir science fiction. Dalam kutipan tersebut hal yang diresensi ialah… A kepengarangan pengarang D gaya penulis cerita B kesimpulan terhadap buku E bahasa pengarang dalam buku C kekurangan dan keunggulan buku Created By: Putri’CC
  19. 19. Jawaban 1 2 3SELAMAT, Anda Benar !! Created By: Putri’CC
  20. 20. Jawaban 1 2 3MAAF, Anda Salah !! Created By: Putri’CC
  21. 21. ReferensiSumber :1. http://www.psb-psma.org2. Ganeca exact, Suyono. Hal. 15 Created By: Putri’CC
  22. 22. PenyusunNama Dra. Reni LaksmiAsal SMA-BI Negeri 1 KayuagungE-mail Created By: Putri’CC
  23. 23.  Terima Kasih ! Selamat Belajar ! Semoga Bermanfaat Created By: Putri’CC

×