Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Mendeskripsikan ekonomi makro dan mikro

17,816 views

Published on

Mendeskripsikan ekonomi makro dan mikro

  1. 1. ROKU GORUPU Andrianto Bela kurnia ningsih Foni rahmayeni Reni hernita
  2. 2. Mendiskripsiakn Ekonomi Mikro dan Makro.  Ekonomi Makro. Ekonomi makro membahas atau menganalisis perubahan ekonomi rumah tangga, perusahaan, dan pasar secara luas. Hal ini berkaitan dengan permasalahan permintaan dan penawaran agregat seperti pendapatan internasonal, dan lain-lain. Komponen yang dibahas dan ekonomi makro adalah sbb:  Pemanfaatan sumber daya ekonomi  Stabilitas ekonomi  Pertumbuhan ekonomi  Ekonomi internasional  Neraca pembayaran internasional
  3. 3.  Ekonomi mikro ekonomi miro mempelajari bagin kecil dari perekonomian. Dalam kegiatan ekonomi manusia terdapat beberapa permasalahan yang tergolong dalam lingkup yang lebih kecil. Secara umum ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi dalam lingkup individu, rumah tangga, perusahaan dan pasar. Komponen yang dibahas dalam sistem ekonomi miro :  Interaksi dipasar barabg  Interaksi dipasar produksi  Perilaku konsumen dan produsen  Perbedaan ekonomi makro dan mikro secara umum, perbedaan antara ekonomi makro dan ekonomi mikro terleak pada keluasan pembahasan dan ruang lingkupnya.
  4. 4. MASALAH EKONOMI MAKRO • Masalah kemiskinan upaya menanggulangi kemiskinanan dapat silakukan melalui berbagai cara, misalnya program Impres Desa Tertinggal (IDT), Kredit Usaha Kecil (KUK), dan lain-lain. • Masalah keterbelakangan untuk mengatasi masalah keterbelakangan, pemerintah berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM), melakukan pertukaran tenaga ahli, dan lain-lain.
  5. 5. • Masalah pengangguran dan keterbatasan kesempatan kerja. Untuk mengatasi masalah pengangguran dan keterbatasan kesempatan kerja, pemerintah melakukan pelatihan bagi tenaga kerja sehingga tenaga kerja memiliki keahlian sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia. • Masalah kekurangan modal. Untuk mengatasi masalah-masalah kekurangan modal, pemerintah melakukan suatu program besar sehingga dapat memutuskan lingkaran setan, misalnya melalui peningkatan kualitas SDM. • Masalah pemerataan pendapatan. Pembangunan ekonomi indonesia terkonsentrasi hanya dikota-kota besar, terutama dipulau jawa dan didominasi oeeh kelompok tertentu.
  6. 6. KEBIJAKAN EKONOMI MAKRO  Kebuijakan fiskal. Kebijakan fiskal adalah kebijakan ekonomi yang digunakan pemerintah untuk mengendalaikan atau mengarah kan perekonomian pada kondisi lebih baik. Caranya, yaitu mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah.  Kebijakan moneter. Kebijakan moneter adalah kebijakan ekonomi yang digunakan Bank Indonesia sebagai otoritas moneter, untuk mengendalaikan atau mengarahkan perekonomian pada kondisi yang lebih baik.
  7. 7.  Kebijakan perdagangan luar negeri. Kebijakan perdagangan luar negeri adalah peratuan yang dibuat oleh pemerintah yang memengaruhi struktur atau komposisi dan arah transaksi perdagangan sert pembayaran internasional.
  8. 8. Masalah dan Kebijakan Ekonomi Mikro Teori ekonomi mikro dapat didefinisikan sebagai satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian - bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Ekonomi Mikro mengupas ilmu ekonomi dari sudut pandang ‘kepentingan unit-unit ekonomi terkecil’ Misalnya membahas : a. perilaku rumah tangga konsumen b. perilaku rumah tangga produsen c. perilaku pasar secara individual
  9. 9. 1. Masalah ekonomi mikro Dalam teori ekonomi mikro masalah ekonomi dibedakan menjadi 3 persoalan yang dinyatakan dengan : 1. Apakah jenis – jenis barang dan jasa yang perlu diproduksi? 2. Bagaimanakah barang dan jasa yang diperlukan masyarakat akan dihasilkan? 3. Untuk siapakah barang dan jasa dihasilkan ?
  10. 10. Adapun masalah yang dihadapi oleh ekonomi mikro ini ialah : a. Masalah Harga Dasar dan Harga Tertinggi Krisis ekonomi yang pernah melanda dunia terjadi cukup lama dan diyakini bahwa mekanisme pasar tidak mampu menyelesaikan masalah ekonomi tersebut. Artinya, keseimbangan permintaan dan penawaran di pasar tidak tercapai. Pengaruh dari krisis tersebut adalah melambungnya harga berbagai jenis barang yang di butuhkan oleh produsen dan konsumen.
  11. 11. b. Meningkatnya Permintaan Beras Gagal panen akan menyebabkan berkurangnya penawaran beras sehingga harga beras akan naik. Tingginya harga beras akan menambah beban hidup masyarakat yang berpenghasilan rendah dan tidak tetap. Untuk mengatasi pasokan beras ini, pemerintah melakukan program impor beras melalui tender terhadap beberapa perusahaan swasta nasional dan asing. c. Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Sehubungan dengan naiknya harga BBM, para pengusaha angkutan umum bus kota, angkutan kota (angkot), dan taksi mengalami penurunan pendapatan dan mengurangi laba bagi pengusaha dan para sopir.
  12. 12. d. Masalah Monopoli Praktik monopoli akan mengakibatkan penguasaan pasar terhadap barang atau jasa tertentu yang dihasilkan oleh satu perusahaan. Praktik monopoli seringkali merugikan masyarakat dan konsumen. Di samping itu, monopoli akan mempersempit peluang usaha bagi masyarakat lain sehingga kurang menumbu e. Masalah Distribusi Jalur distribusi barang dan jasa yang panjang akan mengakibatkan tingkat harga barang menjadi tinggi dan mahal ketika sampai ke tangan konsumen. Untuk itu, beberapa upaya telah dilakukan oleh pemerintah atau swasta untuk memperpendek jalur distribusi sehingga harga barang ketika sampai ke tangan konsumen tidak mahal.hkan semangat berwirausaha masyarakat
  13. 13. 2. Kebijakan Pemerintah dalam Ekonomi mikro 1. Penetapan Harga Minimum (floor price) Penetapan harga minimum atau harga dasar yang dilakukan oleh pemerintah bertujuan untuk melindungi produsen, terutama untuk produk dasar pertanian. Misalnya harga gabah kering terhadap harga pasar yang terlalu rendah. Hal ini dilakukan supaya orang/pihak yang membeli dengan harga murah dan dijual kembali dengan harga yang mahal. Jika pada harga tersebut tidak ada yang membeli, pemerintah akan membelinya melalui BULOG (Badan Usaha Logistik) kemudian didistribusikan ke pasar. Namun, mekanisme penetapan harga seperti ini sering mendorong munculnya praktik pasar gela, yaitu pasar yang pembentukan harganya di luar harga minimum.
  14. 14. 2. Penetapan Harga Maksimum (ceiling price) Penetapan harga maksimum atau Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk melindungi konsumen. Kebijakan HET dilakukan oleh pemerintah jika harga pasar dianggap terlalu tinggi diluar batas daya beli masyarakat (konsumen). Penjual tidak diperbolehkan menetapkan harga diatas harga maksimum tersebut.
  15. 15. Perlunya peran dan fungsi pemerintah dalam perekonomian , yaitu sebagai berikut : a. Pembangunan ekonomi dibanyak negara umumnya terjadi akibat intervensi pemerintah baik ,secara langsung maupun tidak langsung . Intervensi pemerintah diperlukan dalam perekonomian untuk mengurangi dampak kegagalan pasar (market fauluse). Seperti kekakuan harga monopoli dan dampak negatif kegiatan usaha swasta , seperti pencemaran lingkungan. b. Mekanisme pasar tidak dapat berfungsi tanpa keberadaan aturan yang dibuat pemerintah . Aturan ini memberikan landasan bagi penetapan aturan main , termasuk pemberian sanksi bagi pelaku ekonomi yang melanggarnya . Peranan pemerintah menjadi lebih penting karena mekanisme pasar saja tidak bisa menyelesaikan semua persoalan ekonomi. Selain itu , peran penting negara secara langsung dan tidak langsung didalam kehidupan ekonomi adalah untuk menghindari timbulnya eksternalitas, khususnya dampak sampingan bagi lingkungan alam dan sosial . Pada umumnya mekanis me pasar (sektor swata ) tidak mampu mengatasi dampak eksternalitas merugikan , seperti pencemaran lingkungan yang timbul karena persaingan antara lembaga ekonomi
  16. 16. 1. Fungsi stabilisasi Yaitu fungsi pemerintah dalam menciptakan kestabilan ekonomi , siosial politik , hukum , pertahanan dan keamanan. 2. Fungsi alokasi Yaitu fungsi pemerintah sebagai penyedia barang dan jasa publik seperti pembangunan jalan raya , gedung sekolah , penyedia fasilitas penerangan dan telepon. 3. Fungsi distribusi Yaitu fungsi pemerintah dalam pemerataan atau distribusi pendapatan masyarakat.
  17. 17. 1. Intervensi pemerintah dalam perekonomian
  18. 18. Penetapan Harga Dasar ( Floor Price )
  19. 19. Penetapan harga maksimum merupakan batas tertinggi harga penjualan yang harus dipatuhi oleh produsen.
  20. 20. Perhatikan gambar di samping. Harga keseimbangan antara supply dan demand adalah Rp 3000. Harga ini dipandang terlalu tinggi. Maka pemerintah menetapkan HET sebanyak Rp 2.000, agar barang dapat dibeli oleh masyarakat. Tetapi pada harga Rp 2.000 ini Qd >Qs. Jumlah yang mau dibeli 30, sedangkan jumlah yang mau dijual pada harga itu hanya 15. jadi ada kekurangan. Kekurangan ini dapat menimbulkan pasar gelap sebab untuk memperoleh jumlah sebanyak 15 tersebut para pembeli bersedia membayar sampai Rp 3.500.
  21. 21. Seandainya jumlah 15 ini dijual di pasar bebas, maka akan bisa mencapai harga Rp 3.500. Tetapi HET yang ditetapkan oleh pemerintah hanya Rp 2.000. Inilah yang menimbulkan pasar gelap, barang dijual secara gelap dengan harga di atas HET yang ditetapkan oleh pemerintah. Cara ini hanya menguntungkan pedagang, sedang masyarakat yang membutuhkan barang tidak kebagian. Persoalan yang timbul bila HET ditetapkan lebih rendah daripada harga keseimbangan pasar adalah bahwa pada harga HET itu jumlah yang mau dibeli lebih besar daripada jumlah yang mau dijual ( Qd > Qs ) sehingga timbul kekurangan suplai.
  22. 22. b. Intervensi pemerintah secara tidak langsung 1) Penetapan Pajak Kebijakan penetapan pajak dilakukan pemerintah dengan cara mengenakan pajak yang berbeda beda untuk berbagai komoditas. Misalnya , untuk melindungi produsen dalam negeri, pemerintah dapat meningkatkan tarif pajak yang tinggi untuk imor barang. Hal ini akan menyebabka kondumen membeli produk dalam negeri yang harganya relatif lebih murah.
  23. 23. KURVA KEBIJAKAN PENETAPAN PAJAK E1 E D S S1 Q1 Q 0 Q P P P1
  24. 24. Keterangan Pengaruh pajak terhadap pembentukan harga adalah sebagai berikut: o Pajak yang dikenakan atas penjualan suatu barang menyebabkan harga jual barang tersebut naik. o Sebab setelah dikenakan pajak, produsen akan berusaha mengalihkan sebagian beban pajak tersebut kepada konsumen, yaitu dengan menawarkan harga jual yang lebih tinggi, artinya harga penawaran bertambah.
  25. 25. 2) Pemberian subsidi
  26. 26. Kurva kebijakan pemberian subsidi P P P1 E E1 Q Q1 0 D S S1 Q
  27. 27. Pengaruh subsidi terhadap harga pasar adalah sebagai berikut:  Subsidi yang diberikan atas produksi suatu barang menyebabkan harga jual barang tersebut turun, karena biaya produksi menjadi lebih rendah.  Subsidi dapat dinikmati oleh produsen dan konsumen, sebab
  28. 28. DOMO ARIGATOU GOZAIMASHITA

×