Pencemaran tanah dan penyebabnya

19,420 views

Published on

Published in: Education
2 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • gimana cara nge savenya ya
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • kopas dari gua cacad lu
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
19,420
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
644
Comments
2
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pencemaran tanah dan penyebabnya

  1. 1. NURUL FARIDAH (20)NUR ULFIATUS (19)OKTAVIA MERRIANDY (21)PRASETYO NUGROHADI (22)RATNA MAR’ATUS (23)
  2. 2. Pengertian TanahTanah adalah bagian dari kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik
  3. 3. “Tanah adalah salah satu komponen lahanberupa lapisan teratas kerak bumi yang terdiridari bahan mineral dan bahan organik sertamempunyai sifat fisik, kimia, biologi, danmempunyai kemampuan menunjang kehidupanmanusia dan makhluk hidup lainnya.”
  4. 4. Pengertian Pencemaranberubahnya tatanan (komposisi) air, udara,atau tanah oleh kegiatan manusia dan prosesalam, sehingga kualitasnya menjadi kurangatau tidak dapat berfungsi lagi sesuai denganperuntukkannya
  5. 5. PengertianPencemaran TanahDalam PP No. 150 th.2000 disebutkan bahwa“Kerusakan tanah untukproduksibiomassa adalahberubahnya sifat dasartanah yang melampauikriteria baku kerusakantanah”.
  6. 6. MenurutWikipedia
  7. 7. Penyebab Kerusakan Tanah• Limbah • Limbah Domestik Pertanian • Limbah Industri
  8. 8. Limbah Domestik
  9. 9. Limbah PadatBerupa sampah anorganik yangtidak dapat diuraikan olehmikroorganisme
  10. 10. Kantong Plastik
  11. 11. Botol Plastik
  12. 12. Kaleng Minuman
  13. 13. BungkusAluminium Snack
  14. 14. Limbah CairBerupa cairan yang jika meresap kedalamtanah akan merusak kandungan air tanahbahkan dapat membunuh mikroorganisme didalam tanah.
  15. 15. Deterjen
  16. 16. Cat
  17. 17. Oli
  18. 18. Limbah Industri
  19. 19. Limbah PadatPenimbunan limbah padat mengakibatkanpembusukan yang menimbulkan bau disekitarnya karena adanya reaksi kimia yangmenghasilkan gas tertentu seperti sisapengolahan pabrik gula, pulp, kertas, rayon,plywood, pengawetan buah, ikan daging dll.
  20. 20. Ampas tahu
  21. 21. Limbah Cairzat yang sangat beracun terhadapmikroorganisme jika meresap ke dalam tanahakan mengakibatkan kematian bagimikroorganisme yang memiliki fungsi sangatpenting terhadap kesuburan tanah.
  22. 22. Zat-zat Sisa Yg Mengandung Logam timbal arsen boron
  23. 23. Limbah Pertanian
  24. 24. Pupuk
  25. 25. Pupuk berlebihan Unsur hara tanah terkikis Tanaman tidak dapat tumbuh subur
  26. 26. Pestisida
  27. 27. Kesehatan Ekosistem Pertanian
  28. 28. EFEK PADA KESEHATANDampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. Kuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal, beberapa bahkan tidak dapat diobati. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Organofosfat dan karmabat dapat dapat menyebabkan ganguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Yang jelas, pada dosis yang besar, pencemaran tanah dapat menyebabkan kematian.
  29. 29.  Perubahan kimiawi tanah dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme yang hidup di lingkungan tanah tersebut. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan. Banyak dari efek-efek ini terlihat pada saat ini, seperti konsentrasi DDT pada burung menyebabkan rapuhnya cangkang telur, meningkatnya tingkat kematian anakan dan kemungkinan hilangnya spesies tersebut.
  30. 30. Efek Pada Pertanian• Perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman dimana tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi.
  31. 31. Penanganan Pencemaran Tanah REMEDIASI BIOREMEDIASI
  32. 32. REMEDIASI Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Ada dua jenis remediasi tanah, On-site. Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah, terdiri dari pembersihan, venting (injeksi), dan bioremediasi. Off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. Setelah itu di daerah aman, tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. Caranya yaitu, tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap, kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Pembersihan off-site ini jauh lebih mahal dan rumit.
  33. 33. BIOREMEDIA SI Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air). Menurut Dr. Anton Muhibuddin, salah satu mikroorganisme yang berfungsi sebagai bioremediasi adalah jamur vesikular arbuskular mikoriza (vam). Jamur vam dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam remediasi tanah. Berperan langsung, karena kemampuannya menyerap unsur logam dari dalam tanah dan berperan tidak langsung karena menstimulir pertumbuhan mikroorganisme bioremediasi lain seperti bakteri tertentu, jamur dan
  34. 34. PERAN PEMERINTAHDalam Pasal 68 UU PPLH disebutkan bahwa: Setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan berkewajiban: a. memberikan informasi yang terkait dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara benar, akurat, terbuka, dan tepat waktu; b. menjaga keberlanjutan fungsi lingkungan hidup; dan c. menaati ketentuan tentang baku mutu lingkungan hidup dan/atau kriteria baku kerusakan lingkungan hidup.Setiap pelaku usaha hendaknya memenuhi kewajiban sebagaimana terdapat dalam pasal tersebut, terutama dalam memberikan informasi yang dibutuhkan sehingga pemerintah juga terbantu dalam pengawasan lingkungan dan dapat mempredikisi sejauh mana kerusakan atau pencemaran lingkungan yang mungkin terjadi sehingga tidak merugikan banyak pihak.
  35. 35. • Miladina Nahar (29)Bagaimana remediasi of-site mampu menangani wilayah yang luas?Ferli M. (02)Bagaimana cara pengangkutan offsite? Daerah yang aman dari pencemaranFirdausi Afifah (11)Pencemaran tanah bilamana melakukan penanganan dengan bioremediasi?Devi Retno (07)Kadar pemberian pupuk yang benar?Amelia (05)Kapan kita harus melakukan penanganan on dan off-site?

×