1 - Apa Itu Penelitian

5,425 views

Published on

For further information please visit www.touriano,com

Published in: Education
  • Be the first to comment

1 - Apa Itu Penelitian

  1. 1. Apa Itu Penelitian ?Melakukan penelitian adalah salah satu kewajiban yang harus diselesaikan oleh mahasiswa selamamenempuh program pendidikan akademik, namun banyak mahasiswa mengalami kesulitan ketikamenentukan masalah yang akan diteliti, serta hambatan dalam metodologi, sehingga perlu memperluaswawasan pemikiran dengan mengenali tema-tema yang diteliti. Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang di lakukan secara teliti dan kritisdalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalammencari fakta-fakta ini diperlukan usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban yang ilmiah dalam suatumasalah. Beberapa pakar lain, memberikan definisi penelitian sebagai berikut :David H. Penny Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta- fakta.J. Suprapto Penelitian adalah penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang di jalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, serta sistematis.Pengartian penelitian menurut kamus besar Bahasa Indonesia memiliki arti yaitu suatu penyelidikan yangdilakukan secara berhati-hati untuk memperoleh informasi yang benar. Kadang- kadang orang menyamakan pengertian dengan metode ilmiah. Sesuai dengan tujuannnyapenelitian dapat diartikan sebagai usaha untuk menemukan, mengembangakan dan menguji kebenaran suatupengetahuan dimana usaha-usaha itu dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. Kegiatan penelitianadalah suatu kegiatan objektif dalam usaha mengembangkan serta menguji ilmu pengetahuan berdasarkanatas prinsip- prinsip, teori-teori yang disusun secara sistematis melalui proses sistematis melalui proses yangintensif dalam pengembangan generalisasi. Sedangkan metode ilmiah lebih mementingkan aplikasi berpikirdeduktif-iduktif di dalam memcahkan suatu masalah.Macam Jenis PenelitianPenelitian adalah suatu usaha untuk menjelaskan sebuah gejala dengan cara menghubungkan berbagaivariabel berdasarkan kaidah tertentu dalam kaidah ilmu pengetahuan. Tujuan diadakannya sebuah penelitianadalah untuk menjawab pertanyaan, mengklarifikasi ilmu pengetahuan agar menjadi tahu dan benar adanyaakan sesuatu hal yang sulit untuk di mengerti. Penelitian berawal dari rasa keingin tahuan seseorang terhadapsesuatu. Untuk mencari tahu sebuah penelitian, seseorang harus tahu dan mengenal terlebih dahulu tentangpenelitian dan macam – macam penelitian yang pada umumnya sering di pakai. Untuk menjadi seseorangpeneliti tidak harus selalu mengikuti proses dan prosedur yang tertentu, akan tetapi untuk mengetahui ilmupengetahuan (sains), seseorang harus mengikuti proses, prosedur dan kaidah tertentu.
  2. 2. Penelitian secara garis besar terbagi menjadi dua macam, yaitu penelitian secara kualitatif danpenelitian secara kuantitatif. Dua macam penelitian ini yang kemudian menurun menjadi bermacam – macampenelitian seperti misalnya penelitian ekonomi, penelitian social, penelitian tentang suatu objek tertentu dansebagainya.Penelitian KuantitatifPenelitian kuantitatif adalah penelitian yang menghitung jumlah banyaknya suatu objek yang ditelitinya.Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didesain sangat spesifik, yaitu penelitian yang dirancang untukmengetahui objek tertentu, atau bena-benar focus terhadap suatu permalahan saja. Penelitian kuantitatif ada bermacam-macam. Umumnya penelitian kuantitatif adalah penelitiantentang ilmu eksak atau ilmu pasti (sains). Tujuan dari teori penelitian kuantitatif adalah untuk mengujipenelitian teori sebelumnya atau yang sudah ada. Salah satu contoh penelitian kuantitatif adalah penelitian tentang tingkat efisiensi atau kwalitas produkyang dihasilkan perusahaan pabrikasi. Penelitian tersebut termasuk penelitian kuantitatif karenamembutuhkan data-data yang sangat rill dan menghitung data-data yang pasti. Yang termasuk penelitian kuantitatif adalah : penelitian ekonomi, penelitian yang menggunakanprosedur, penelitian kependudukan dan penelitian yang menggunakan kaidah ilmiah yang sudah di tentukan.Penelitian KualitatifPenelitian kualitatif adalah penelitian yang berdasarkan pada mutu atau kualitas dari tujuan sebuah penelitianitu. Penelitian kualitatif bersifat secara umum yaitu penelitian yang dilakukan dengan objek yang tidakterbatas dan tidak menggunakan metode ilmiah sebagai patokan. Penelitian kualitatif ada bermacam-macam. Umumnya, penelitian kualitatif objeknya bersifat non-eksak, seperti misalnya ilmu etika, ilmu bahasa dan adat istiadat. Contoh penelitian kualitatif adalah, ketika kita akan melakukan sebuah penelitian tentang suatu desaterhadap suatu penduduk yang tinggal di suatu tempat. Misalnya kita akan meneliti tentang ritual-ritual ghaibyang tidak masuk akal, maka penelitian itu akan membutuhkan batasan ilmiah, karena objek yang kita kajimemanglah jauh dari ilmiah. Yang termasuk pada bagian penelitian kualitatif adalah, penelitian social, penelitian budaya, penelitianagama dan lain sebagainya yang intinya tidak memerlukan prosedur ilmiah dan kaidah.
  3. 3. Proses Penelitian KuantitatifProses penelitian kuantitatif dikembangkan dalam diagram alur dapat terlihat pada Gambar 1 di bawah ini : Gambar 1 - Langkah-Langkah Penelitian KuantitatifBerdasarkan Gambar 1 di atas, setiap penelitian selalu berangkat dari masalah, atau dari potensi. Dalampenelitian kuantitatif, masalah yang dibawa oleh peneliti harus sudah jelas, dan ditunjukkan dengan data yangvalid. Setelah masalah diidentifikasikan, dan dibatasi, maka selanjutnya masalah dirumuskan. Rumusanmasalah pada umumnya dinyatakan dalam kalimat pertanyaan. Dengan pertanyaan ini maka akan dapatmemandu peneliti untuk kegiatan penelitian. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitimenggunakan berbagai teori untuk memperjelas masalah dan menjawabnya. Jawaban terhadapap rumusanmasalah yang baru menggunakan teori tersebut dinamakan hipotesis. Hipotesis tersebut selanjutnya akan dibuktikan kebenarannya secara empiris di lapangan. Untuk itupeneliti menetapkan populasi sebagai tempat pengujian dan sekaligus menyiapkan instrument penelitiannya.Bila populasi terlalu luas dan ada keterbatasan dari peneliti baik dari segi tenaga, biaya dan waktu, makapeneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi tersebut. Bila peneliti bermaksud membuatgeneralisasi, maka sampel yang diambil harus representative dengan tingkat kesalahan tertentu. Instrumenyang akan digunakan untuk mengumpulkan data harus valid dan reliable. Untuk itu sebelum instrumentdigunakan maka harus diuji validitas dan reliabilitasnya. Setelah instrument teruji validitas dan reliabilitasnya, maka dapat digunakan untuk mengukur variableyang telah ditetapkan untuk diteliti. Instrumen untuk pengumpulan data dapat berbentuk test dan non-test.Untuk instrument yang berbentuk non-test, datapat digunakan sebagai kuesioner, pedoman obserbasi danwawancara. Dengan demikian teknik pengumpulan data selain berupa test dalam peneleitian ini dapatberupa kuesioner, observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis. Analisis diarahkan untuk menjawab rumusan masalahdan hipotesis yang diajukan. Dalam penelitian kuntitatif analisis data menggunakan statistic. Statistik yangdigunakan dapat berupa statistic deskriptif dan inferensial/induktif. Statistik inferensial dapat berupa statisticparametric dan statistic nonparametric. Peneliti menggunakan statistic inferensial bila penelitian dilakukanpada sampel yang diambil secara random.
  4. 4. Data hasil analisis selanjutnya disajikan dan diberikan pembahasan. Penyajian data dapatmenggunakan tabel, tabel distribusi frekuensi, grafik garis, grafik batang, piechart dan pictogram.Pembahasan terhadap hasil penelitian merupakan penjelasan yang rasional dan mendalam serta interprestasiterhadap data-data yang telah disajikan. Setelah hasil penelitian diberikan pembahasan, maka selanjutnya dapat disimpulkan. Kesimpulan berisijawaban singkat terhadap setiap rumusan masalah yang bedasarkan data yang telah terkumpul. Jadi kalaurumusan masalah ada lima, maka kesimpulannya juga ada lima. Karena peneliti melakukan penelitianbertujuan untuk memecahkan masalah, maka peneliti berkewajiban untuk memberikan saran-saran. Melaluisaran-saran tersebut diharapkan masalah dapat dipecahkan. Saran yang diberikan harus berdasarkankesimpulan hasil penelitian. Jadi jangan membuat saran yang tidak berdasarkan hasil penelitian yang telahdilakukan. Apabila hipotesis penelitian yang diajukan tidak terbukti, maka perlu dicek apakah ada yang salahdalam penggunaan teori, instrument, pengumpulan, analisis data, atau rumusan masalah yang diajukan.Next Chapter :Memilih Judul SkripsiReferences :Derist Touriano, ST., M.Kom., CCNA.http://www.touriano.com

×