Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Materi Pelatihan tentang Sales Management - Strategi Penjualan

94,814 views

Published on

Materi Pelatihan yang sangat bagus tentang Sales Management - Strategi Penjualan

Published in: Business

Materi Pelatihan tentang Sales Management - Strategi Penjualan

  1. 1. Sales Management and Strategy
  2. 2. 3 Langkah Kunci untuk Menciptakan High Impact Sales Management and Strategy
  3. 3. Step #1. Build Great Sales Talent
  4. 4. Identify and Recruit SDM potensial dalam bidang sales
  5. 5. Dari beragam studi, terdapat dua karakteristik penentu keberhasilan seorang sales : 1) persistensi 2) sikap optimisme. Dua kriteria kunci ini harus dijadikan acuan dalam melakukan proses seleksi SDM Sales. Proses psikotes dan wawancara harus diarahkan untuk mampu menentukan level persistensi dan level optimisme kandidat.
  6. 6. Setelah direkrut, berikan orientasi kerja yang sistematis
  7. 7. Dalam masa orientasi, sebaiknya salah satu yang yang memberikan materi adalah sales senior terbaik (best sales people). Best salesperson bisa menjadi role model, dan berbagi pengalaman nyata kenapa dia bisa menjadi terbaik (dalam hal penjualan) : apa kiat-kiatnya, dan strategi yang ia ciptakan sehingga selalu melampaui target penjualan.
  8. 8. Selain materi tentang Product Knowledge (fitur, benefit, keunggulan produk), maka harus juga diberikan materi tentang : 1) karaktaristik industri/bisnis pelanggan utama (agar salesperson memahami dinamika bisnis pelanggan) dan 2) materi tentang positive mindset (sejumlah penelitian menunjukkan ilmu positive mindset sangat berperan dalam sukses para sales person).
  9. 9. Berikan kompensasi dan skema insentif yang menarik to attract best sales person
  10. 10. Sediakan proses sales coaching secara rutin untuk meningkatkan kinerja sales people
  11. 11. Step #3. Optimize Sales Application Tools
  12. 12. Dayagunakan aplikasi/software IT untuk mendukung proses penjualan.
  13. 13. Tersedia beragam aplikasi/software Sales seperti dari Salesforce.com atau MicrosoftDynamics. Menggunakan aplikasi seperti ini bisa sangat membantu proses monitoring kinerja team sales dan men-track angka penjualan harian per produk, per sales area, secara real time, dan otomatis.
  14. 14. Di era digital seperti saat ini, bahkan semestinya semua smartphone sales team harus sudah dilengkapi dengan “sales apps” yang memudahkan proses berjualan dan interaksi dengan kantor pusat/atasan/pelanggan.
  15. 15. Gunakan social media tool (blog, twitter, facebook) untuk membangun relasi dengan pelanggan/prospek
  16. 16. Never underestimate the power of social media sebagai media untuk mendapatkan prospek / calong pelanggan. Manfaatkan setiap channel social media untuk berbagi ilmu dan edukasi tentang manfaat produk Anda. Dengan cara ini, pelan-pelan nama atau produk Anda dikenal oleh calon pelanggan (awareness) dan dan selanjutnya bisa menjadi pelanggan Anda.
  17. 17. Manfaatkan setiap akun social media untuk berbagi/edukasi. Rumusnya : berikan konten yang edukatif sebanyak 5 kali, lalu konten jualan 1 kali. Dengan pola seperti itu, perlahan Anda bisa membangun database calon pelanggan/prospek yang banyak, dan pasti ada diantara mereka yang kelak akan menjadi pelanggan Anda.
  18. 18. Seharusnya setiap anggota team Sales diberikan sesi materi tentang ilmu the power of social media for selling. Tentang trik dan strategi memanfaatkan social media untuk membantu meningkatkan angka penjualan.
  19. 19. Manfaatkan kontak di BB atau WA untuk membangun list prospek dan calon pembeli.
  20. 20. Slide ini hanya SAMPEL. Slide lengkap bisa di-download di www.RajaPresentasi.com

×