sosialisasi dan pembentukan kepribadian

749 views

Published on

Materi SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN mata pelajaran sosiologi

Published in: Education
  • Be the first to comment

sosialisasi dan pembentukan kepribadian

  1. 1. 1. 2. 3. Jelaskan pengertian sosialisasi! Jelaskan tujuan sosialisasi! Jelaskan tahap-tahap sosialisasi!
  2. 2. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sosialisasi juga merupakan Proses individu mempelajari nilai-nilai dan norma-norma dalam lingkungan masyarakatnya agar mereka berperilaku sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakatnya
  3. 3. Pengertian sosialisasi menurut beberapa ahli sosiologi: 1. Bruce J. Cohen : sosialisasi adalah proses manusia memepelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya untuk memperoleh kepribadian dn membangun kapasitas untuk berfungsi, baik sebagai individu maupun kelompok 2. Soerjono Soekanto : sosialisasi adalah suatu proses yang menempatkan anggota masyarakat yang baru mempelajari normanorma dan nilai-nilai masyarakat di tempat dia menjadi anggota.
  4. 4.     Memberi keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melangsungkan kehidupan seorang kelak di tengah-tengah masyarakat tempat dia menjadi salah satu anggotanya. Menambah kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien serta mengembangkan kemampuannya untuk membaca, menulis, dan bercerita. Membantu pengendalian fungsi-fungsi organic yang dipelajari melalui latihan mawas diri yang tepat. Membiasakan individu dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat.
  5. 5.   Tahap Persiapan (Prepatory Stage) Tahap yang simulai sejak dilahirkan / tahap anak, ketika umur 0-20 tahun. Tahap ini juga dikatakan tahap mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya. Tahap Meniru (Play Stage) Tahap dimana anak mengambil peran orang yang dilihat, didengar, atau dijalankan.
  6. 6. Tahap Siap Bertindak (Game Stage) Tahap dalam mengetahui apa yang harus dilaksanakan sebagai seorang remaja. Tahap ini, seseorang telah mampu menempatkan dirinya.  Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage) Tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Saat ini mereka memahami peran secara optimal. 

×