Stagflasi dan kebijakan segi penawaran

4,314 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Stagflasi dan kebijakan segi penawaran

  1. 1. Stagflasi adalah keadaan inflasi yang sangat tinggi danberkepanjangan, ditandai dengan macetnya kegiatanperekonomian yang menyebabkan pengangguran.
  2. 2.  Pendapatan negara merosot, harga pasaranmeningkat Kenaikan biaya pengeluaran dalam ekonomiakan menimbulkan dua kesan buruk kepadaekonomi yaitu inflasi dan kurangnya peluangkerja.
  3. 3.  Pekerja dalam Industri menuntut kenaikanupah Harga barang mentah meningkat Ekonomi berkembang pesat dan pengusahaberusaha meningkatkan margin keuntungan.
  4. 4. Kebijakan segi penawaran adalah langkah pemerintah yangberusaha meningkatkan segi efisiensi kegiatan perusahaan-perusahaan dan tenaga kerja sehingga produksi dapatditingkatkan, biaya produksi dapat dikurangkan dan teknologisemakin berkembang.
  5. 5.  Untuk mendorong lebih banyak Investasi Mengembangkan infrastruktur Meninggalkan segi efisiensi administrasipemerintah Memberi subsidi Mengurangkan pajak perusahaan dan individu
  6. 6. Langkah – langkah untuk mengatasi masalahinflasi dengan menjalankan kebijakan segipenawaran : Melakukan langkah – langkah untuk mengurangi pajakimpor dan pajak bahan mentah Melakukan penetapan harga Manggalakan pertambahan produksi Menggalakan perkembangan ekonomi

×