Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Membangun identitas brand di era digital

40 views

Published on

saat Pelatihan Marketing Online Pemasaran di Era Digital, saya selalu awali dengan brainstorming mengenai membangun Identitas Brand di Era Digital. Loh kenapa brand? karena menurut saya, saat kita memasarkan produk di era digital ini yang kita kuatkan adalan identitas brand nya, sehingga si pemilik produk aware terhadap brand dan bagaimana membangun identitas brand di era digital.

Published in: Marketing
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Membangun identitas brand di era digital

  1. 1. Geri Sugiran AS, STP Praktisi Digital Marketing – CEO SukabumiToday.com
  2. 2. Membangun merek adalah membangun identitas Brand Identity
  3. 3. Nilai Gojek mengalahkan Garuda Indonesia
  4. 4. Memahami Brand 1. Brand bukan Logo 2. Brand adalah visi dan Komitmen, yang menjadi titik tolak perjuangan 3. Brand adalah Janji 4. Brand adalah tangan untuk merangkul konsumen
  5. 5. Strategi Branding & Pemasaran di Era Digital
  6. 6. #1 Content
  7. 7. #2 Localize ◼ Meskipun internet berkembang secara global, users tetap merindukan pengalaman lokal. Tahun ini, kita akan menemukan banyak sekali brandglobal yang bermain di ranah lokal. Misalnya Uber for Jakarta, TripAdvisor Indonesia.
  8. 8. #3 OMNICHANNEL Insight yang paling sering terdengar adalah kampanye sosial harus tersebar luas melalui banyak channel/omnichannel (ta hun ini kita menyebutnya crosschannel). Itu benar, tapi tidak mudah dilakukan.
  9. 9. #4 BAYAR SESUKANYA ◼ Tahun ini adalah rumah bagi transaksi digital. Artinya kita lebih suka transaksi yang cara pembayarannya mudah. Salah satu yang termudah saat ini tentunya pembayaran via internet dan ponsel (uang elektronik tak berwujud). Suatubrand harus bisa melebarkan cara untuk memudahkan users membayar barang, dan meminimalisir gangguan checkout time saat pembelian impulsif.
  10. 10. #5 APLIKASI CHAT WA, Line, Snapchat, seluruhnya menawarkan beragam cara berkomunikasi secara langsung, dan membuka lahan baru untuk beriklan bagi brand. Banyak brand sudah menjalankan kampanye terorganisir dan berbayar dengan channel ini, selagi terus menggali inovasi kreatifnya.
  11. 11. #6 PERSONALIZED ◼ Tak diragukan bahwa era digital berfokus pada konten yang lebih personal bagi para fans suatu brand dan organisasi.
  12. 12. #7 INFLUENCER Mark Ruffalo, selebriti Hollywood yang juga menjadi marketing influencer untukcampaign Clean Energy 100% Berpartner dengan influencer kunci untuk mempromosikan brand kita dengan membuat konten bagi audience mereka menjadi semakin lazim
  13. 13. #7 MOBILE ◼ Inilah era dimana segala sesuatu mayoritas digerakkan dalam konsep mobile. Artinya, saat ini kampanye tercerdas akan diciptakan menjadi mobile terlebih dulu. Secara global, smartphone membuat dunia kita semakin terbuka sehingga mengarah pada peningkatan budaya multikultural internet.
  14. 14. #9 REAL-TIME Social-team yang selalu siaga akan menjadi suatu yang sangat berharga dan kuat di era digital. Pasalnya, audiences mengharapkan respon lebih cepat dan brandyang sanggup menyediakannya harus menawarkan hal tersebut secara luas.
  15. 15. ◼ di era digital ini, keunggulan fitur dan benefit-benefit fungsional belumlah cukup untuk membenamkan kesan merek di benak konsumen, tapi harus dibarengi dengan upaya pencitraan terhadap merek itu sendiri secara digital dan menguatkan brand melalui kegiatan Marketing Digital .

×