Proses proses di litosfer dan atmosfer boeat pmpg

15,661 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
15,661
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
584
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Proses proses di litosfer dan atmosfer boeat pmpg

  1. 1. PROSES-PROSES DI LITOSFER DAN ATMOSFER
  2. 2. PROSES-PROSES DI LITOSFER1. Pembentukan Batuan2. Pelapukan Batuan
  3. 3. Pembentukan Batuan•Batuan Beku•Batuan Endapan (Sedimen)•Batuan Malihan (Metamorf)
  4. 4. Batuan Beku1) Batuan Beku Dalam2) Batuan Beku Luar3) Batuan Beku Korok
  5. 5. Batuan Beku DalamBatuan beku dalam terjadi dari pembekuanmagma secara perlahan-lahan di dalamkulit bumi yang jauh dari permukaan bumi.Batu ini berwarna putih sampai abu-abu(kadang-kadang jingga) sehingga banyakdigunakan untuk menghias taman ataubangunan. Contoh batuan beku dalamadalah batu granit.
  6. 6. Batuan Beku LuarBatuan beku luar terjadi daripembekuan magma secara tiba-tiba dipermukaan bumi.Batuan beku luarseperti ini disebut batu kaca atauobsidian.Ada juga batuan beku luar yangmengandung rongga-rongga yang berisibanyak gas.Batuan seperti ini disebutbatu apung atau batu timbul. Contohyang lain adalah batu basal. Batu ba salterbentuk dari pendinginan magma yanggasnya telah menguap, terdiri ataskristal-kristal yang sangat kecil,berwarna hijau keabu-abuan, danberlubang-lubang.
  7. 7. Batuan Beku KorokPembekuan yang terjadi di bagian dalam bumi berjalanlambat.Oleh karena itu, terjadilah pendinginan cairanmagma di sela-sela saluran magma.Pendinginan cairanmagma itu menyebabkan terbentuknya batuan.Batuanseperti itu disebut batuan korok. Contoh batuan beku korokadalah granit posfer dan diorit.Pembekuan yang terjadi di bagian dalam bumi berjalanlambat.Oleh karena itu, terjadilah pendinginan cairanmagma di sela-sela saluran magma.Pendinginan cairanmagma itu menyebabkan terbentuknya batuan.Batuanseperti itu disebut batuan korok. Contoh batuan beku korokadalah granit posfer dan diorit.
  8. 8. Batuan Endapan (Sedimen)Batuan endapan terbentuk karena adanyaperistiwa pelapukan (perombakan) batuan dipermukaan bumi.Hasil pelapukan tersebutberupa butiran-butiran yang bermacammacamukurannya.Butiran-butiran hasil pelapukan adayang menumpuk di tempatnya dan ada yangterangkut oleh air atau angin.Setelahmengendap cukup lama, butiran-butiran tersebutmenyatu dan terbentuklah batuan endapan.
  9. 9. Batuan Malihan (Metamorf)Batuan malihan terjadi karena metamorfosis (proses malih) batuandalam kerak bumi.batuan ini dapat terjadi dalam waktu yanglama akibat tekanan dan suhu yang. tinggi. Tekanan yang tinggidisebabkan oleh tindihan batuan di atasnya, sedangkan suhuyang tinggi disebabkan oleh kedekatan atau persentuhan denganmagma.Batuan endapan atau beku dapat berubah menjadibatuan malihan.Contoh batuan endapan yang malih menjadibatuan metamorf.antara lain:1. batu pualam atau marmer, berasal dari batu gamping;2. sabak atau batu tulis, berasal dari serpih3. grafit (bahan pensil), berasal dlari karbon;4. kuarsit, berasal dari batu pasir;5. antrasit, berasal dari batu bara.
  10. 10. Pelapukan Batuan Batuan penyusun kerak bumi dapat berubah menjadi tanah setelah mengalami pelapukan.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa batuan merupakan balran dasar tanah.Pelapukan batuan terjadi sebagai akibat perubahan iklim, cuaca.kelembapan udara. gerak angin. aliran air, dan sinar matahari. Proses ini berlangsung sangat lama. Akibatnya.batuan-batuan dapat melapuk menjadi tanah.Dalam proses tersebut, bahan-bahan penyusun tanah mengalami pelapukan atau penguraian sehinggaterbentuk tubuh tanah. Tubuh tanah terdiri dari beberapa lapisan, antara lain lapisan tanah humus, tanah lempung dan pasir, batuan lunak, dan batuan keras. Lapisan tanah humus (lapisan paling atas) merupakan lapisan yang paling subur karena tanahnya gembur dan terdapat mineral-mineral yang diperlukan oleh tanaman. Karena letaknya paling atas, lapisan tanah humus akan terkikis lebih dulu jika terjadi hujan. Peristiwa pengikisan tanah disebut erosi tanah. Selain mengikis lapisan tanah humus, aliran air pada daerah yang miskin tumbuhan juga mengikis tanah.
  11. 11. PROSES-PROSES DI ATMOSFER •Bagian-Bagian Udara •Lapisan-lapisan Atmosfer •Pemanasan Udara oleh Matahari •Cuaca
  12. 12. Bagian-Bagian UdaraUdara tersusun atas campuran gas-gas,debu, dan uap air.Campuran gas-gasdalam udara tidak berwarna dan tidakdapat dilihat.Gas Banyak (%)Nitrogen 78.00Oksigen 21,00Gas mulia 0,93Karbon dioksida 0,03Gas lain 0,04Jumlah 100,00
  13. 13. Lapisan-lapisan Atmosfer• Troposfer•Stratosfer•Mesosfer•Termosfer•Ionosfer•Eksosfer
  14. 14. TroposferTroposfer merupakan lapisan atmosferyang mernpunyai ketinggian sekitar 0 km sampai 10 km. Hampir 80% massaseluruh gas penyusun atmosfer berada pada lapisan ini. Selain itu.peristiwa-peristiwa cuaca juga terjadi pada lapisan ini. Makin jauh dari permukaan bumi, suhu udara makin rendah.
  15. 15. Stratosfer Lapisan ini berada di atas lapisan troposferdengan ketinggian sekitar 10 km sampai 50 km. Pada lapisan ini, suhunya akan naik jika tempatnya makin tinggi. Di bagian atas lapisan stratosfer, terdapat lapisan ozon (O,).Ozon mempunyai daya serap yang kuat terhadap radiasi sinar ultraviolet dari rnatahari.
  16. 16. Mesosfer Mesosfer berada di atas lapisan stratosfer dengan ketinggian sekitar 50 km sampai 80km. Pada lapisan ini tidak ada gas yang dapat menahan radiasi sinar matahari. Oleh karena itu, pada lapisan ini suhu akan makin rendah jika tempatnya makin tinggi. Bahkan, suhu pada lapisan ini dapat mencapai -140C.
  17. 17. Termosfer Termosfer adalah lapisan di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 80 km sampai 400 km. Lapisan ini juga disebut lapisan panas. Disebut demikian karena suhu pada lapisan ini akan naik jika tempatnya makin tinggi. Padalapisan ini, gas oksigen banyak menyerap sinar ultraviolet dari matahari.
  18. 18. Ionosfer Lapisan ionosfer terletak kira-kira 80 km-450 km di atas permukaan bumi. Dalam lapisan ini, molekul-molekul nitrogendan oksigen banyak melepaskan elektron setelah menyerap sinar ultraviolet.Akibatnya, pada lapisan ini banyak terdapat ion-ion positif dan elektron bebas.Peristiwa seperti ini disebutionisasi.Pada keadaan tertentu elektron bebas dapat menumbuk ion positif.Akibat tumbukan tersebut, ion positif berubah menjadi atom netral.Peristiwa seperti ini disebut rekombinasi.Ionosfer dapat memantulkan gelombang radio.Pemantulan tersebut dapat berlangsung beberapa kali antara lapisan ionosfer dan permukaan bumi.Akibatnya, gelombang radio dapat mencapai tempat yang sangat jauh.Itulah sebabnya.kita dapat mendengarkan siaran radio atau televisi dari pemancar yang letaknya sangat jauh.
  19. 19. Eksosfer lapisan ini merupakan lapisan atmosfer paling luar. Pada lapisan ini hampir tidak adatekanan udara. Dengan kata lain, berat udara pada lapisan ini sama dengan nol (tidak ada pengaruh gravitasi bumi). Akibatnya, molekul- molekul gas pada lapisan ini dapatmenunggalkan atmosfer menuju angkasa luar.
  20. 20. Pemanasan Udara oleh MatahariSinar matahari dipancarkan ke segala arah, tetapi hanya sebagian kecil yangsampai ke bumi.Namun, sinat itu sudah cukup sebagai sumber panas bagikehidupan di bumi.Sebenarnya, bumi juga memacarkan panas ke udara.Namun,panas tersebut terlalu kecil dibandingkan panas matahari.Sinar matahari yang sampai ke atmosfer, 36 % dipantulkan kembali ke angkasa,19 % diserap, dan 45 % sampai ke permukaan bumi. Panas yang sampai ke bumiinilah yang memanasi daratan, lautan, tumbuh-tumbuhan, dan hewan.Panas yangsampai ke permukaan bumi sebagian besar oleh bumi dan sebagian kecildipantulkanbanyaknya sinar matahari yang diserap oleh permukaan bumi ditentukan olehempat faktor, yaitu :1. sifat muka bumi, bagian muka bumi yang lebih gelap mempunyai daya seraplebih besar2. kemiringan sinar matahari, makin tegak sinar matahari makin banyak sinar yangdiserap3. lama penyinaran, makin lama penyinaran makin banyak sinar yang terserap4. keadaan awan, makin banyak awan makin sedikit sinar matahari yang sampaike bumi
  21. 21. CuacaCuaca adalah keadaan lapisan udara (tropoefer) disuatu tempat yang tidak luas pada saat tertentu dandalam waktu yang tidak terlali lama.Adapaun cuacarata-rata pada suatu wilayah yang luas dan dalamwaktu yang alam disebut iklimCuaca dapat diamati berdasarkan unsur-unsur cuaca.Unsur-unsur yang dimaksud, antara lain suhu udara,tekanan udara, kelembapadn udara, angin, awan,dan curah hujan.
  22. 22. unsur-unsur cuacaa. Suhu Udarab. tekanan udarac. kelembapadn udara,d. angin,e. awan,f. curahg. hujan.

×