Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
STRATEGI UNTUK MENGHADAPI
KOMPETISI
ZAENAL MUTTAQIN –
A2.1000207 (TI-VIIIA)
COST LEADERSHIP STRATEGY
Dalam membuat rengginang kotak sumedang,
kami menekan angka biaya yang kecil dalam proses
produks...
Differentation Strategy
Produk yang kami hasilkan memiliki keunggulan adalah
segi tampilan dan rasa. Berbeda dengan renggi...
Focus Strategy
Cakupan pangsa pasar yang kami utamakan
adalah besarnya wisatawan yang berkunjung ke
Sumedang. Kami berfoku...
Growth Strategy
Untuk meningkatkan penjualan, kami berniat
untuk memasarkan rengginang kotak sumedang ke
berbagai outlet o...
Alliance Strategy
Kami berencana bekerja sama dengan dinas pariwisata
sumedang untuk meningkatkan penjualan kami, timbal b...
Inovation Strategi
Untuk menarik banyak konsumen, kami
melakukan berbagai inovasi pada produk kami sehingga
rengginang yan...
Internal Efficiency Strategy
Untuk peningkatan kualitas dan
produktifitas dan dalam menciptakan suasana
kondusif dalam int...
Customer Oriented Strategy
Kami berusaha untuk mengetahui dan
memenuhi kebutuhan pelanggan. Pelanggan
yang kami khususkan ...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Strategi untuk menghadapi kompetisi

226 views

Published on

tuga sesi 7 strategi e-commerce

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Strategi untuk menghadapi kompetisi

  1. 1. STRATEGI UNTUK MENGHADAPI KOMPETISI ZAENAL MUTTAQIN – A2.1000207 (TI-VIIIA)
  2. 2. COST LEADERSHIP STRATEGY Dalam membuat rengginang kotak sumedang, kami menekan angka biaya yang kecil dalam proses produksi rengginang kotak tersebut, dengan memilih bahan baku dengan harga rendah namun kualitas bagus. Proses produksi rengginang kami produksi dengan skala besar untuk menekan biaya produksi dan demi menghemat bahan baku serta ongkos karyawan kami. Dalam promosi dan pemasaran kami menggunakan teknologi internet khususnya website, dengan demikian maka produk kami dapat dikenal secara luas oleh masyarakat luar sumedang tanpa harus membayar agen atau jasa iklan dalam proses pemasaran produk kami.
  3. 3. Differentation Strategy Produk yang kami hasilkan memiliki keunggulan adalah segi tampilan dan rasa. Berbeda dengan rengginang pada umumnya yang terkesan sebagai makanan sederhana, kami berusaha meningkatkan citra rengginang sebagai makanan tradisional namun modern, dengan memaksimalkan kemasan, bentuk, kehigienisan, kehalalan, warna serta cita rasa yang beragam dan tentunya sangat berbeda dengan rengginang pada umumnya. Dengan demikian rengginang kami akan diterima dengan baik oleh masyarakat dari berbagai kalangan, yang dahulunya rengginang hanya dibeli oleh masyarakat golongan menengah kebawah, dengan berbagai perbedaan yang kami unggulkan, kami yakin rengginang kami akan menembus pasar nasional.
  4. 4. Focus Strategy Cakupan pangsa pasar yang kami utamakan adalah besarnya wisatawan yang berkunjung ke Sumedang. Kami berfokus kesana karena mereka biasanya mencari makanan tradisional sebagai oleh- oleh untuk kerabat atau keluarga mereka. Tapi untuk kedepannya kami tidak menutup kemungkinan untuk membuka pasar yang lebih luas dalam penjualan rengginang kotak ini. Dengan proses pemasaran kami yang menggunakan website, kami menyasar pangsa pasar yang lebih besar.
  5. 5. Growth Strategy Untuk meningkatkan penjualan, kami berniat untuk memasarkan rengginang kotak sumedang ke berbagai outlet oleh-oleh yang terdapat diluar kota Sumedang. Dengan perluasan pasar tersebut kami harapkan dapat meningkatkan penjualan rengginang kotak sumedang. Selain itu, kami akan merekrut karyawan baru yang bertugas untuk mensuplai rengginang kotak sumedang kami ke berbagai warung-warung di Sumedang, selain itu tidak menutup kemungkinan produk kami juga akan kami pasarkan di berbagai minimarket maupun supermarket.
  6. 6. Alliance Strategy Kami berencana bekerja sama dengan dinas pariwisata sumedang untuk meningkatkan penjualan kami, timbal balik yang kami lakukan adalah melestarikan makanan tradisional khas sumedang untuk dapat dikenal luas oleh masyarakat luar sumedang, dengan demikian jika dinas mengenalkan rengginang yang kami buat maka dapat meningkatkan penjualan rengginang kotak sumedang. Selain itu kami juga berniat bekerja sama dengan produsen-produsen makanan tradisional khas sumedang lainnya seperti opak, dan olahan ubi cilembu, agar konsumen dapat membeli dan memilih makanan tradisional lainnya sehingga tidak hanya rengginang saja yang kami jual, tapi makanan tradisional sumedang lainnya.
  7. 7. Inovation Strategi Untuk menarik banyak konsumen, kami melakukan berbagai inovasi pada produk kami sehingga rengginang yang kami buat dapat lebih unggul dari rengginang pada umumnya. Inovasi yang kami buat dalam rengginang ini adalah sebagai berikut : 1. Bentuk Kotak 2. Kemasan yang Menarik 3. Berbagai varian rasa yang unik 4. Jaminan kesehatan dan kehigienisan serta kehalalan yang tercantum dalam kemasan yang sebelumnya telah kami daftarkan di dinas kesehatan serta badan pengawas obat dan makanan dan juga sertfikasi halal dari MUI
  8. 8. Internal Efficiency Strategy Untuk peningkatan kualitas dan produktifitas dan dalam menciptakan suasana kondusif dalam internal perusahaan. Kami menjamin kesejahteraan karyawan kami dengan memberikan berbagai fasilitas tunjangan, dimulai dari tunjangan kesehatan, lembur, dan bonus. Serta dengan bahan baku dan alat yang memadai dalam membuat rengginang kotak sumedang.
  9. 9. Customer Oriented Strategy Kami berusaha untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang kami khususkan adalah para wisatawan yang berkunjung ke sumedang, mereka tentunya membutuhkan produk khususnya makanan sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga mereka di daerah asalnya. Dengan kebutuhan tersebut kami menyebutnya sebagai peluang usaha, maka dari itu kami menciptakan produk makanan tradisional khas sumedang yaitu rengginang kotak sumedang.

×