Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pendidikan lingkungan hidup

3,776 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pendidikan lingkungan hidup

  1. 1. Pendidikan Lingkungan Hidup
  2. 2. • Ahmad Ridhani• Erlidayanti• Mas Hendra Ramadhani• Maulida Yuniarti• Nur Laila Shofia• Shinta Melati SuciNama Anggota:
  3. 3. • Pengertian dan Pemahamantentang Lingkungan HidupMenu:
  4. 4. LANDASAN TEORI • Pengertian dan PemahanTentang PendidikanLingungan Hidup
  5. 5. Pengertian dan Definisi• Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar agarpeserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritualkeagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak manusia, serta keterampilanyang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.• . Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan mahlukhidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsunganperikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lain.• Pendidikan lingkungan hidup adalah upaya mengubah perilaku dan sikap yang dilakukanoleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkanpengetahuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isupermasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untukberperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingangenerasi sekarang dan yang akan datang.
  6. 6. Persoalan lingkungan hidup merupakan persoalan yang bersifatsistemik, kompleks, serta memiliki cakupan yang luas. Oleh sebabitu, materi atau isu yang diangkat dalam penyelenggaraankegiatan pendidikan lingkungan hidup juga sangat beragam.Sesuai dengan kesepakatan nasional tentang PembangunanBerkelanjutan yang ditetapkan dalam Indonesian Summit onSustainable Development (ISSD) di Yogyakarta pada tanggal 21Januari 2004, telah ditetapkan 3 (tiga) pilar pembangunanberkelanjutan yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan.
  7. 7. Ketiga pilar tersebut merupakan satu kesatuan yang bersifat saling ketergantungandan saling memperkuat. Adapun inti dari masing-masing pilar adalah :•Pilar Ekonomi: menekankan pada perubahan sistem ekonomi agar semakin ramahterhadap lingkungan hidup sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunanberkelanjutan. Isu atau materi yang berkaitan adalah: Pola konsumsi dan produksi,Teknologi bersih, Pendanaan/pembiayaan, Kemitraan usaha, Pertanian, Kehutanan,Perikanan, Pertambangan, Industri, dan Perdagangan•Pilar Sosial: menekankan pada upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalamupaya pelestarian lingkungan hidup. Isu atau materi yang berkaitan adalah:Kemiskinan, Kesehatan, Pendidikan, Kearifan/budaya lokal, Masyarakat pedesaan,Masyarakat perkotaan, Masyarakat terasing/terpencil,Kepemerintahan/kelembagaan yang baik, dan Hukum dan pengawasan•Pilar Lingkungan: menekankan pada pengelolaan sumberdaya alam dan lingkunganyang berkelanjutan. Isu atau materi yang berkaitan adalah: Pengelolaan sumberdayaair, Pengelolaan sumberdaya lahan, Pengelolaan sumberdaya udara, Pengelolaansumberdaya laut dan pesisir, Energi dan sumberdaya mineral, Konservasisatwa/tumbuhan langka, Keanekaragaman hayati, dan Penataan ruang
  8. 8. IDENTIFIKASI KUALITAS HIDUP• Lingkungan biotik adalah segala makhluk hidupmulai dari organisme yang tidak kasat matasampai pada hewan dan vegetasi raksasa yangterdapat dipermukaan bumi. Sedangkanlingkungan abiotik merupakan segala segalasesuatu yang ada di sekitar makhluk hidupyang bukan berupa organisme.• Adanya keinginan untuk mencapai sasaranpembangunan yang ideal ialah membentukmanusia Indonesia seutuhnya secara materialdan spiritual. Setiap pembangunan perlumengkaji komponen yang meliputi komponenbiotik, abiotik dan kultur yaitu sebagai berikut:1. Pembangunan berwawasan lingkunganMerupakan pengelolaan sumber daya sebaikmungkin dengan pembangunan yangberkesinambungan serta peningkatanterhadap mutu hidup masyarakat. Sasaranpembangunan yaitu untuk meningkatkankesejahteraan masyarakat. Kegiatanpembangunan dapat menimbulkanpengaruh yang cukup besar terhadaplingkungan. Kegiatan tersebut dapat bersifatsecara alamiah, kimia maupun secara fisik.
  9. 9. 2. Kualitas Lingkungan hidupYaitu dengan memperhatikan kondisi lingkungan hidup sekitar yangberhubungan dengan mutu hidup. Kualitas hidup dapat ditentukan oleh tigakomponen utama yaitu terpenuhinya kebutuhan untuk kelangsungan hiduphayati, terpenuhinya kebutuhan untuk kelangsungan hidup manusiawi danterpenuhinya kebebasan untuk memilih. Lingkunganharus dijaga agar dapat mendukung terhadap kualitas berupa tingkat hidupmasyarakat yang lebih tinggi. Lingkungan mempunyai kemampuan untukmenghasilkan sumber daya serta mengurangi zat pencemaran dan ketegangansosial terbatas. Batas kemampuan itu disebut daya dukung. Dalam Undang-UndangLingkungan Hidup, daya dukung lingkungan ialah kemampuan suatu lingkunganuntuk mendukung peri kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
  10. 10. 3. Keterbatasan Ekologi dalam PembangunanBiologi lingkungan atau yang biasa dikenal dengan ekologi adalah bagian dari ilmupengetahuan yang mempunyai hubungan erat dengan lingkungan. Ekologi berasal dari kataoikos yang berarti rumah tangga dan logos yang mempunyai arti ilmu pengetahuan. Jadi,ekologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang hubungan timbal balik antaramakhluk hidup dengan keadaan lingkungannya yang bersifat dinamis. Hubungan antaramakhluk hidup dengan lingkungannya sangat terbatas terhadap lingkungan yangbersangkutan, hubungan inilah yang disebut dengan keterbatasan ekologi. Dalamketerbatasan ekologi terjadi degradasi ekosistem yang disebabkan oleh dua hal yaituperistiwa alami dan kegiatan manusia. Secara alami merupakan peristiwa yang terjadi bukankarena disebabkan oleh perilaku manusia. Sedangkan yang disebabkan oleh kegitan manusiayaitu degradasi ekosistem yang dapat terjadi diberbagai bidang meliputi bidang pertanian,pertambangan, kehutanan, konstruksi jalan raya, pengembangansumber daya air dan adanya urbanisasi
  11. 11. TERIMAKASIH~ =D

×