Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Program setara d1 teknologi informasi dan komunikasi

315 views

Published on

.

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Program setara d1 teknologi informasi dan komunikasi

  1. 1. PROGRAM SETARA D1 TEKONOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI NAMA KELOMPOK : •INTAN AYU NOVIRA AKUWAN •ELVIRA DHANA P •HEDY PRASTIYAN R
  2. 2. SEJARAH INTERNET Perkembangan internet berawal tahun 1969, ketika Departemen Amerika Serikat memiliki sebuah cita-cita untuk bisa menghubungkan sejumlah komputer yang ada, sehingga tercipta sebuah sistem atau jaringan organik. Proyek ini diberi nama ARPANET. Selama setahun, proyek ini berhasil menghubungkan 10 jaringan komputer yang masing-masing bisa saling berkomunikasi. Selanjutnya pada tahun 1972 Roy Tomlinson yang merupakan pencipta sistem ARPANET, berhasil menyempurnakan program email sebelumnya dibuat untuk ARPANET. Pada tahun ini pulalah, lambang @ dijadikan sebuah lambang yang mengacu pada kalimat “at” atau “pada”. Tahun 1973 jaringan ARPANET dibawa keluar Amerika, dimana komputer milik College University di London menjadi pelopor jaringan ARPANET di luar Amerika. Vinton Cerf dan Bob Kahn, dua orang pakar komputer mengemukakan pikiran unutk mengembangkan ARPANET menjadi lebih luas, yang akhirnya menjadi Internet.
  3. 3. E-MAIL Electronic mail (e-mail) merupakan salah satu layanan yang tersedia di internet. Layanan ini digunakan untuk saling korespondensi antar teman, relasi, lembaga dan lain sebagainya. Dengan Email data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan. Konsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas.
  4. 4. CARA MEMBUAT E-MAIL 1. Masukan alamatnya urlnya http://mail.google.com/ atau http://gmail.com. Sehingga tampil gambar seperti di bawah ini. Kemudian pilih tombol [create an account] atau Buat Akun yang berada di pojok kanan atas 2. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, tidak jauh berbeda dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com. Perhatikan contoh pengisiannya di bawah ini. 3. Pendaftaran pada akun gmail lebih ketat dari akun yahoo, sehingga kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel. Caranya tinggal masukkan nomor ponsel kamu pada Kolom nomor telepon seperti gambar di bawah ini.
  5. 5. 4. Setelah masukkan nomor ponsel, silahkan cek kotak sms yang ada di ponsel kamu. kamu akan mendapatkan sms kode verifikasi dari google seperti gambar di bawah ini. 5. Masukkan kode dalam sms tersebut ke dalam kotak kode verifikasi yang telah ditampilkan seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol Verifikasi 6. Jika kode verifikasi yang kamu masukkan benar, kamu akan di bawa ke halaman selanjutnya, seperti gambar di bawah ini. Di halaman ini Kamu boleh mengupload Foto profil, atau langsung klik pada tombol langkah berikutnya. 7. Setelah melewati tahap di atas, kamu telah berhasil membuat email. Untuk langkah berikutnya, silahkan klik tombol Lanjut Ke Gmail.
  6. 6. 8. seperti inilah tampilan antar muka Dashboard Gmail kamu. Di dalam sini kamu bisa menulis email, mengirim email, menerima email, dan juga membaca email. Selain itu kamu juga bisa chating langsung dengan teman kamu yang juga pengguna gmail.
  7. 7. SOSIAL MEDIA
  8. 8. FACEBOOK Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 denganMark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal berdirinya, Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian tepatnya tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook
  9. 9. Manfaat Facebook Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini : • Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini. • Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman Indovisual Presentatama sebagai tempat promosi situs saya. • Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun. • Sebagai Tempat Untuk Menjalin Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook mudah saja kita mendapatkan seorang pacar. • Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebookjuga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya.
  10. 10. TWITTER Twitter adalah sebuah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut Tweet. Ini adalah sebuah cara baru yang mudah untuk menemukan berita terbaru atau apa yang sedang terjadi terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda gemari. Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga. Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di beranda Anda untuk Anda baca. Rasanya seperti dikirimi sebuah koran yang berita utamanya selalu Anda rasa menarik - Anda dapat menemukan berita pada saat sedang terjadi, belajar lebih banyak tentang topik yang penting bagi Anda, dan mendapatkan informasi langsung dari narasumber secara aktual.
  11. 11. SEARCH ENGINE search engine (mesin pencari) adalah sebuah pemrograman yang dibikin untuk membantu orang dalam mencari serta menemukan sebuah informasi dengan mengetikkan suatu kata kunci (keyword). Untuk pengertian search engine secara bahasa adalah mesin pencari, mesin penelusur, dan mesin pelacak. Sedangkan menurut wikipedia, Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
  12. 12. Cara kerjanya adalah dengan cara menyimpan database yang ada di internet untuk kemudian ditampilkan sesuai dengan kecocokan kata kunci yang diketikkan pada search engine dengan database yang ada. Biasanya akan ada banyak sekali data yang dimunculkan, dan untuk data yang berada di urutan pertama relatif merupakan hasil yang paling akurat. Tak hanya menampilkan hasil pencarian berupa halaman web, search engine juga menampilkan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, misalnya audio, video, gambar, foto, dsb. Bahkan seiring majunya teknologi pun terus berkembang, mesin pencari juga menampilkan hasil pencarian berupa produk, layanan dan beragam informasi lainnya. Ada banyak sekali mesin pencari populer yang digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia, diantaranya yaitu Google.com, Yahoo.com, bing.com, MSN, AOL.com, Ask.com, dll. Bahkan salah satu situs jejaring sosial yang terpopuler saat ini yaitu Facebook pun tersemat mesin pencari yang bisa anda manfaatkan untuk menjelajah informasi di internet. CONTOH SEARCH ENGINE
  13. 13. TERIMA KASIH WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

×