Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

The True Syahadah Part 1

Makna syahadat bukan sekedar dari arti lafadznya

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

The True Syahadah Part 1

  1. 1. the way to belief Aturan Allah Hisab Allah Pencipta AllahBeribadah Kepada Allah Darimana asal manusia? Apa tujuan hidupnya? Akan kemana setelah hidupnya?
  2. 2. Islam adalah solusi kebutuha n jasmani keingina n naluri akal doronga n kecenderung an aktivitas Islam
  3. 3. Surga Allah Musibah / Cobaan Orang Sinis jalan ke surga
  4. 4. “Syahadat adalah pintu pembeda antara muslim dan kafir. Syahadat seharusnya menghasilkan perubahan bagi pelakunya. Bila manusia tidak mengetahui keterbatasan dan kelemahan dirinya, Maka syahadat ini akan menjadi syahadat palsu Semakin pintar seorang Mukmin, maka ia akan menyadari Bahwa dia sangat lemah dan Allah lah yang Maha Kuat”
  5. 5. Pondasi Sistem perakaran Keyakinan 100 % “Sesuatu yang diyakini oleh qalbu (hati dan akal), diucapkan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan” - Imam Syafi’i - Syahadatain
  6. 6. #1: Between Habit and Truth Apa sih arti dari kalimat syahadat? #2: Between God and devote ‫رب‬ ‫اله‬V s
  7. 7. Keadaan yang sama terjadi pada kaum muslim saat ini Namun, kaum Muslim masih mencari sesembahan yang lain SYIRI K Memahami, mempercayai dan meyakini syahadat sebatas Laa ilaha Ilallah
  8. 8. ‫ا‬ً‫ب‬‫ا‬َ‫ب‬ ْ‫ر‬َ‫أ‬ ْ‫م‬ُ‫ه‬َ‫ن‬‫ا‬َ‫ب‬ْ‫ه‬ُ‫ر‬ َ‫و‬ ْ‫م‬ُ‫ه‬َ‫ار‬َ‫ب‬ْ‫ح‬َ‫أ‬ ‫وا‬ُ‫ذ‬َ‫خ‬َّ‫ت‬‫ا‬ْ‫ب‬‫ا‬ َ‫ح‬‫ي‬ِ‫س‬َ‫م‬ْ‫ال‬ َ‫و‬ ِ َّ‫اَّلل‬ ِ‫ُون‬‫د‬ ْ‫ن‬ِ‫م‬َ‫ن‬ َ‫و‬ ‫ا‬ً‫ه‬ََٰ‫ل‬ِ‫إ‬ ‫ُوا‬‫د‬ُ‫ب‬ْ‫ع‬َ‫ي‬ِ‫ل‬ َّ‫َّل‬ِ‫إ‬ ‫وا‬ُ‫ر‬ِ‫م‬ُ‫أ‬ ‫ا‬َ‫م‬ َ‫و‬ َ‫م‬َ‫ي‬ ْ‫ر‬َ‫م‬ُ‫س‬ ۚ َ‫و‬ُ‫ه‬ َّ‫َّل‬ِ‫إ‬ َ‫ه‬ََٰ‫ل‬ِ‫إ‬ َ‫َّل‬ ۖ ‫ًا‬‫د‬ ِ‫اح‬ُ‫ه‬َ‫ن‬‫ا‬َ‫ح‬ْ‫ب‬ َ‫ون‬ُ‫ك‬ ِ‫ر‬ْ‫ش‬ُ‫ي‬ ‫ا‬َّ‫م‬َ‫ع‬ Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. QS. At Taubah: 31
  9. 9. Fakta di negeri sendiri........ • Kita menjadikan selain Allah sebagai tandingan- tandingan-NYA dalam permasalahan penentuan halal dan haram • Sistem negara kita, suara terbanyak adalah kebenaran dan perintah Allah hanya dijadikan sebagai “option”. • Sehingga, halal dan haram bisa dikompromikan.
  10. 10. • Ketika Allah jelas dalam firman-NYA mengharamkan riba dan menggolongkannya sebagai perbuatan keji: • Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat): “Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba,” padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Rabbnya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang meng-ulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS. 2:275) • Namun, ayat tersebut tak berefek sama sekali.
  11. 11. • Ketika Allah memperbolehkan poligami sebagai salah satu syariat dan solusinya kepada tatanan hidup masyarakat dengan ayat-NYA: • Namun ayat ini ditentang dengan alasan ini dan itu. • Penentang menginginkan muslimah meninggalkan Al – Qur’an dan berpaling pada peradaban sampah barat. An Nisa ayat 3
  12. 12. • Fenomena ini adalah suatu indikasi bahwa dua kalimat syahadat yang mereka ucapkan hanyalah rutinitas tanpa makna, sekedar kebiasaan yang kehilangan kebenarannya. • Oleh karena itu, perlu makna syahadat dikembalikan kepada makna sebenarnya. • Sehingga, kesempurnaan syahadatain = kesempurnaan iman.

×