Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kebutuhan Dasar Manusia

Aktualisasi Diri

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Kebutuhan Dasar Manusia

  1. 1. AKTUALISASI DIRI
  2. 2. Dosen Pembimbing : Tanty Wulan Dari, S.Kep. Ns. M.Kes •Anggota Kelompok 4 : •Putri Amrillia Utami (P27820414018) •Amelia Candra Dhevi (P27820414005) •Mita Puji Rahayu (P27820414027) •Achmad Zuhri (P27820414029) •Nila Prameswari (P27820414031) •Brilliant Surya Pambudi (P27820414034) •Sri Utami (P27820414035)
  3. 3. ABRAHAM MASLOW Abraham Maslow dikenal sebagai pelopor aliran psikologi humanistik. Maslow percaya bahwa manusia tergerak untuk memahami dan menerima dirinya sebisa mungkin. Teorinya yang sangat terkenal sampai dengan hari ini adalah teori tentang Hierarchy of Needs atau Hirarki kebutuhan.
  4. 4. TEORI ABRAHAM MASLOW Lima tingkat kebutuhan dasar menurut teori Maslow adalah sebagai berikut : 1.Kebutuhan fisiologis atau dasar 2.Kebutuhan akan rasa aman 3.Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi 4.Kebutuhan untuk dihargai 5.Kebutuhan untuk aktualisasi diri
  5. 5. AKTUALISASI DIRI • Kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. • Aktualisasi diri dapat di definisikan sebagai perkembangan yang paling tinggi dari semua bakat, pemenuhan kapasitas dan kualitas. • Aktualisasi diri merupakan tahap pencapaian seseorang manusia terhadap apa yang mulai di sadarinya ada di dalam
  6. 6. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTUALISASI DIRI
  7. 7. 1. Faktor internal Yang merupakan faktor hambatan yang ada dalam diri seseorang meliputi ketidaktahuan akan potensi diri, perasaan ragu dan takut mengungkapkan potensi diri sehingga tidak dapat berkembang
  8. 8. 2. Faktor eksternal Merupakan hambatan yang berasal dari luar diri seseorang, seperti : 1. Budaya masyarakat yang tidak mendukung upaya aktualisasi potensi diri seseorang karena perbedaan karakter. 2. Faktor lingkungan. • Lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap upaya mewujudkan aktualisasi diri. • Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu,baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-psikologis.
  9. 9. 1. Berorientasi secara realistik 2. Penerimaan umum atas kodrat, orang orang lain dan didi sendiri 3. Spontanitas, kesederhanaan, kewajaran 4. Memusatkan diri pada masalah dan bukan pada diri sendiri. 5. Memiliki kebutuhan akan privasi dan independensi. 6. Berfungsi secara otonom terhadap lingkungan sosial dan fisik. 7. Apresiasi yang senantiasa segar. Sifat sifat orang yang mencapai aktualisasi diri
  10. 10. 8. Mengalami pengalaman-pengalaman puncak (peak experiences). 9. Minat sosial. 10. Hubungan antarpribadi yang kuat. 11. Struktur watak demokratis. 12. Mampu mengintegrasikan sarana dan tujuan. 13. Selera humor yang tidak menimbulkan permusuhan. 14. Sangat kreatif. 15. Menentang konformitas terhadap kebudayaan.
  11. 11. HAMBATAN DALAM PENCAPAIAN AKTUALISASI DIRI 1. Berasal dari individu itu sendiri yakni berupa ketidak tahuan, keraguan bahkan bisa karena ketakutan yang dialami oleh individu itu sendiri. 2. Berasal dari luar atau masyarakat, biasanya berupa kecenderungan untuk mendispersonalisasikan individu, kerepresian sifat-sifat, bakat, potensi. 3. Berasal dari pengaruh yang dihasilkan dari kebutuhan yang kuat akan rasa aman.
  12. 12. LANGKAH SEDERHANA MENGAKTUALISASIKAN DIRI MENCAPAI SUKSES a) Kenali potensi dan bakat unik yang ada dalam diri. kita harus dan wajib mengenali bakat dan potensi unik yang ada dalam diri anda. Ia adalah anugerah Tuhan yang tidak ternilai. b) Asah kemampuan unik anda setiap hari. Tidak perlu malu, kemampuan sekecil apapun yang anda miliki sekarang adalah modal untuk menciptakan kesuksesan di masa depan. Petuah bijak mengatakan “Lakukanlah hal-hal kecil yang tidak anda sukai dengan disiplin tinggi, sehingga kelak anda dapat menikmati hal- hal besar yang sangat anda sukai“.
  13. 13. c) Buat diri anda berbeda dan jadilah “One in a million kind of person” . Yakinilah anda adalah maha karya Tuhan yang luar biasa. Anda adalah tambang emas dan berlian yang tidak ternilai harganya. Maka buatlah diri berharga dengan menjadi yang berbeda dan bukan asal beda, tetapi harus unik. Berikanlah perbedaan besar dalam hidup sehingga hidup anda merupakan berkah dan anugerah bagi orang lain.
  14. 14. Terima Kasih j

×