Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Internet (edit) daniela

452 views

Published on

Published in: Business, Technology
  • Be the first to comment

Internet (edit) daniela

  1. 1. TEKNOLOGIINFORMASIDANKOMUNIKASI
  2. 2. Disusun oleh :Daniela Merani XII IA 4 / 06SMA Negeri 1 Ngawi
  3. 3. INTERNET
  4. 4. A. PENGENALANINTERNETPengertian InternetInternet (InterconnectionNetworking) merupakan jaringankomputer yang menghubungkankomputer-komputer di seluruhdunia (world wide network),sehingga terbentuk ruang mayajaringan komputer (cyberspace)dimana satu komputer lainnya
  5. 5. Ada beberapa istilah yang seringdigunakan apabila berada di dalamdunia internet, yaitua.World Wide Web (www), merupakankumpulan web server dari seluruhdunia yang berfungsi menyediakandata dan informasi untuk digunakanbersama.b.Website (situs web), merupakantempat penyimpanan data daninformasi dengan berdasarkan topik
  6. 6. c. Web page (halaman web),merupakan sebuah halaman khususdari situs web tertentu.d. Homepage, merupakan halamanyang berisi daftar isi atau menudari sebuah situs web.e. Browser, merupakan programaplikasi yang digunakan untukmemudahkan pengguna melakukannavigasi berbagai data daninformasi menggunakan www.
  7. 7. MANFAAT INTERNETManfaat Penggunaan Internet : Media untuk mendapatkan informasi secaracepat dan murah. Media untuk melakukan promosi danpenawaran bagi perusahaan untukmemperkenalkan produknya. Media komunikasi interaktif seperti email,chatting, mailing list, video konferensi, dll. Media untuk membantu dalam kegiatan bisnis,pendidikan (e-learning), maupun sistemperdagangan secara online (e-commerce).
  8. 8. FASILITAS DAN LAYANANINTERNET E-mail : Fasilitas untuk mengirimdan menerima pesan dalam bentuksurat elektronik dari alamat satu kealamat yang lain melalui internet. Mailing list : Fasilitas yangdigunakan oleh sekelompokpengguna sebagai sarana diskusiatau tukar-menukar informasidiantara para anggotanya melaluie-mail.
  9. 9. c. Newsgroup : Fasilitas ini digunakan untukmendistribusikan artikel, berita, tanggapan,surat penawaran, ataupun file ke pemakaiinternet lain yang tergabung dengankelompok diskusi untuk topik tertentu.d. IRC (Internet Relay Chat) : Fasilitas untukberkomunikasi secara interaktif antarpengguna komputer satu dan lainnya yangsaling terhubung dalam jaringan internet.e. FTP (File Transfer Protocol) : Fasilitas yangmemberi kemudahan bagi pengguna untukbertukar, menyalin, dan menempatkan file,data, serta program yang tersimpan dalaminternet.
  10. 10. f. Voice Over Internet Protocol (VOIP) : Fasilitasuntuk melakukan pembicaraan telepon melalui jaringaninternet.g. Telnet (Remote Login) : Fasilitas untuk mengakseskomputer lain dari jarak jauh.h. www (world wide web) : Layanan yangmenyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar,suara, dll yang dipresentasikan dalam bentuk hiperteksdan bisa diakses oleh program aplikasi browser.i. Gopher : Layanan yang menyediakan informasi diinternet yang disusun secara hierarkis (berbasis menu).
  11. 11. B. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET1. KOMPUTER Komputer merupakan suatu sarana dalam proses akses internet sehingga apabila komputer memiliki spesifikasi yang baik dan bagus, maka daya akses internet juga lebih cepat dibantu dengan koneksi ISP yang sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses internet.
  12. 12. PERANGKAT KERAS YANG DIBUTUHKAN DALAM AKSES INTERNET :a. Prosesor : Otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer.b. RAM (Random Access Memor y) : Media penyimpanan sementara.c. Harddisk : Media penyimpanan data secara magnetik.d. VGA Card : Perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor.e. Monitor : Perangkat output untuk
  13. 13. 2. MODEMModem berasal dari singkatan ModulatorDemodulator.Alat ini digunakan untuk mengubah sinyal analogmenjadi digital dan sebaliknya. Modulator : Bagian yang mengubah sinyalinformasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dansiap untuk dikirimkan. Demodulator : Bagian yang memisahkan sinyalinformasi (yang berisi data atau pesan) dansinyal pembawa (carrier) yang diterima sehinggainformasi tersebut dapat diterima dengan baik.
  14. 14.  MODEM DIAL UPModem dial up biasa digunakan olehpersonal computer (PC) yanglangsung dihubungkan melaluisaluran telepon.Jenis modem dial up ada dua macam,yaitu :a. Modem Internal adalah modemkomputer yang dapat dipasang keslot yang ada di komputer. Modemini biasa digunakan untuk kabeltelepon dan harganya relatif murah.
  15. 15. KEUNTUNGAN menggunakan modem internal :1. Lebih hemat tempat dan harga lebihekonomis.2. Tidak membutuhkan adaptor sehinggaterkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.KELEMAHAN menggunakan modem internal :1.Modem ini tidak memerlukan lampu indikatorsehingga sulit untuk memantau status modem.2.Modem ini tidak menggunakan sumbertegangan sendiri sehingga membutuhkan dayadari power supply yang mengakibatkan suhudalam kotak CPU bertambah panas.
  16. 16. b. Modem Eksternal adalah modemyang letaknya di luar CPUkomputer. Modem eksternaldihubungkan ke komputer melaluiport COM atau USB. Pemasanganmodem ini adalah dengan caramenghubungkan modem ke power(arus) dan menghubungkannya lagike adaptor lalu disambungkankembali ke listrik (arus).
  17. 17. KEUNTUNGAN modem eksternal :1.Portabilitas yang cukup baik, sehingga bisadipindah-pindah untuk digunakan padakomputer lain.2.Dilengkapi dengan lampu indikator,sehingga mudah untuk memantau status darimodem.KELEMAHAN modem eksternal :1.Harga lebih mahal daripada modeminternal.2.Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiriuntuk menaruh modem tersebut.
  18. 18.  MODEM KABELModem kabel (cable modem) adalahperangkat keras yang menyambungkan PCdengan sambungan TV kabel. Modemkabel memiliki kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download kepengguna) dan 2,5 Mbps upstream(kecepatan upload dari pengguna).Agar komputer bisa terkoneksi denganinter net melalui modem kabel, makapengguna dihar uskanuntuk melakukanpendaftaran kepada penyedia jasa TVkabel dan ISP (Inter net Ser vice Provider)
  19. 19. C. MODEM 3GModem 3G adalah modem yangdigunakan untuk mengakses internetmenggunakan kabel seluler. Modem 3Gberupa handphone, atau berupa USBseperti flashdisk.Saat ini, terdapat 3G (Third Generation)pada telepon seluler berbasis CDMA(Code Division Multiple Access), dimana3G memiliki kecepatan transfer datasebesar 230 kbps.
  20. 20. KARAKTERISTIK Modem 3G :1.Diperlukaan perangkat lunak tambahanuntuk menggunakan modem 3G padakomputer.2.Kecepatan akses internet yang dapatdiperoleh menggunakan modem 3G sangatbergantung pada lokasi tower seluler yangmendukung akses 3G.3.Untuk lokasi yang dekat sekitar 100-200meter dari tower operator seluler 3G, usermungkin akan memperoleh akses internetsekitar 1-2 Mbps. Untuk lokasi di luar kotaatau daerah yang jauh dari tower operatorseluler 3G kemungkinan user akanmemperoleh kecepatan cukup pelan sekitar
  21. 21. D. MODEM ADSLModem ADSL (Asymmetric Digital SubscriberLine) adalah salah satu bentuk dari teknologiDSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yangasimetrik yaitu bahwa data ditransferkan dalamkecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisiyang lain.Ide utama teknologi ADSL adalah untukmemecah sinyal line telephone menjadi duabagian untuk suara dan data. Hal inimemungkinkan pengguna untuk melakukan ataumenerima panggilan telepon dan melakukankoneksi internet secara simultan tanpa salingmengganggu.
  22. 22. KELEBIHAN modem ADSL :1.Adanya pembagian frekuensi tinggi danrendah yang difungsikan secara proporsional.2.Memiliki frekuensi tinggi untung browsing diinternet, sedangkan frekuensi rendahdifungsikan sebagai saluran telepon biasa.3.Penggunaan internet dengan modem inibiayanya lebih murah dibandingkan denganmodem dial up.KELEMAHAN modem ADSL :1.Dipengaruhi oleh jarak pada kecepatanpengiriman data.2.Tidak semua software dapat menggunakanmodem ADSL seperti Linux dan Windows 98.
  23. 23. E. MODEM WIFI (WIRELESS FIDELITY)Modem WiFi (Wireless Fidelity) adalahmodem yang secara internal dapat langsungdipakai di ruangan yang telah tersediahotspot dan biasanya sudah terpasang padakomputer jenis laptop. Sebagian besarperalatan WiFi biasanya bekerja padafrekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz.Pada penggunaan modem ini terdapat istilahhotspot yaitu istilah yang digunakan bagijaringan internet berbasis WiFi di sebuahruangan. Kecepatan akses internetmenggunakan WiFi cukup cepat dengankecepatan minimal 1 Mbps sampai dengan
  24. 24. 3. SALURAN TELEKOMUNIKASIa.Saluran Telepon (Line Telephone) Saluran telepon merupakan perangkat kerasyang penting dan diperlukan untuk menghubungkankomputer dengan internet. Penggunaan salurantelepon ini juga diikuti dengan modem dial up. Saatini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnyadengan menggunakan paket Telkomnet@instan yangsecara langsung dapat melakukan akses internet.
  25. 25. b. TV KabelUntuk bisa mengakses internetmenggunakan jaringan TV kabelmaka modem yang dipakai adalahmodem kabel. Agar dapatmengakses modem kabel,komputer harus dilengkapi denganethernet (ethernet card). Layananakses modem kabel dapat melaluijaringan TV kabel dengan ISPdiantaranya CBN, Linknet,
  26. 26. c. ISDN (Integrated Services DigitalNetwork)ISDN adalah suatu sistem telekomunikasidimana layanan atara data, suara, dangambar diintegrasikan ke dalam suatujaringan, serta merupakan transmisi sistemtelepon analog ke sistem digital.Keuntungan yang didapatkan oleh parapengguna ISDN berupa fleksibilitas danpenghematan biaya karena biaya untuksistem terintegrasi ini akan jauh lebihmurah apabila menggunakan sistem yangterpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISPyang disebut dengan NSP (Network Service
  27. 27. d. SatelitSatelit yang digunakan adalahVSAT (Very small ApertureTerminal) merupakan stasiunpenerima sinyal dari satelit denganantena penerima berbentuk piringandengan diameter kurang dari 3meter.Fungsi utama dari VSAT adalahuntuk menerima dan mengirim data
  28. 28. e. HandphoneInternet juga dikembangkan untukaplikasi wireless (tanpa kabel) denganmemanfaatkan handphone. Protokolyang digunakan disebut WAP (WirelessApplication Protocol) adalah sebuahprotokol atau teknik messaging serviceyang memungkinkan sebuah telepongenggam digital atau terminal mobileyang mempunyai fasilitas WAP, melihatatau membaca isi sebuah situs di internetdalam sebuah format teks khusus.
  29. 29. WAP bekerja dengan modus teks dengankecepatan 9,6 kbps. Selain WAP,dikembangkan pula teknologi GPRS(General Packet Radio Services), GPRSmenjanjikan kecepatan mulai dari 56kbps sampai 115 kbps, sehinggamemungkinkan akses internet,pengiriman data multimedia kekomputer, notebook dan handheldcomputer
  30. 30. C. PERANGKAT PENDUKUNGAKSES INTERNET PADA JARINGAN1. Hub / Switch Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain. Dalam topologi bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk ke dalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju
  31. 31. 2. NIC (Network Interface Card)NIC (Network Interface Card) merupakanperangkat berupa kartu yang dipasang padamainboard komputer, agar komputer bisaterhubung dalam jaringan.Kartu jaringan yang banyak digunakanadalah kartu ethernet, kartu token ring, dankartu local talk. Pada umumnya, komputerPC menggunakan kartu ethernet,sedangkan untuk konektor local talkbiasanya untuk komputer Macintosh.
  32. 32. 3. Kabel dan KonektorPada jaringan komputer, kabel berfungsi untukmenghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.Ada dua jenis kabel yang bisa digunakan untuk jaringan,yaitu kabel twisted pair yang terdiri dari UTP (UnshieldedTwisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair), serta kabelkoaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.Selain kabel juga dibutuhkan konektor untuk membuatjaringan. Pada kabel twisted pair menggunakan konektorRJ-45, sedangkan jika memakai kabel koaksial makamenggunakan konektor BNC.
  33. 33. 4. RouterRouter adalah sebuah perangkat yang khususdigunakan untuk keperluan routing danpenyampaian paket di jaringan komputerseperti di internet.Router berfungsi sebagai penghubung antaradua atau lebih jaringan untuk meneruskan datadari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.Kelebihan router adalah kemampuan mencarijalur yang terbaik dalam mentransmisikan pesanatau data dari alamat asal ke alamat tujuan.
  34. 34. ROUTER berbeda dengan SWITCH.Switch merupakan penghubung beberapaalat untuk membentuk suatu Local areaNetwork (LAN).Fungsi penggunaan ROUTER adalah,a.Untuk mengatur jalur sinyal secaraefisiensib.Untuk mengatur pesan diantara dua buahprotocol.c.Untuk mengatur pesan diantara topologijaringan bus dan stard.Untuk mengatur pesan yang melewati
  35. 35. 5. BridgeBridge merupakan perangkat untukmenghubungkan dua buah jaringan secara fisikyang menggunakan protocol sama / sejenis.Bridge juga bertugas untuk mengirimkanpaket-paket data. Sehingga bridge memilikikemampuan yang lebih baik dibandingkandengan hub / switching yang disebabkankarena bridge mampu membagi-bagi traffic kesegmen-segmen dengan sistem filtering traffic.Selain itu, bridge dapat dikatakan sebagaimedia expander untuk menambah jangkauandari sebuah jaringan LAN danmenghubungkannya dengan jaringan yang lain
  36. 36. PERBEDAAN BRIDGE dengan ROUTER :a.Pada pemakaian BRIDGE maka dua buahjaringan yang dihubungkan harusmenggunakan protocol yang sama / sejenis.b.Pada pemakaian ROUTER, dua buahjaringan yang dihubungkan bisamenggunakan protocol yang sama maupunprotokol yang berbeda. Untuk memadukanjaringan dengan protocol yang berbedamaka biasanya menggunakan protocol yang
  37. 37. 6. RepeaterRepeater adalah sebuah stasiun yangmenerima sinyal pada suatu frekuensidan memancar ulangkannya kembali(repeat) pada frekuensi yang lain secaraotomatis pada saat yang sama (simultan).Contohnya, apabila terdapat sebuah LANdengan menggunakan kabel twisted pair,dimana kabel tersebut memiliki panjang100 meter. Untuk menguatkan sinyaldari kabel tersebut maka kita bisamemasang repeater pada jaringannya.
  38. 38. DEMIKIAN PRESENTASI TENTANGINTERNET INI ..SAYA MENGUCAPKAN,• TERIMAKASIH, • THANK YOU, • GAMSAHAMNIDA,  :*• ARIGATOU GOZAIMASU, • MATUR NUWUN .... WASSALAMU’ALAIKUM Wr. Wb .... 

×