Nia Paramitha Sari
TUGAS KAKUBUJAR 2013
SELIMUT DUNIA
(ATMOSFER)
IPS TERPADU
Untuk SMP/MTs KELAS VII
B
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT,
atas rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat mewujudkan
a...
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .............................................................................. i
KATA PENGANTAR ....
A.Pengaruh cuaca di bidang pertanian……………………… 31
B. Pengaruh cuaca di bidang industri……………………….. 31
C. Pengaruh cuaca di b...
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR 1.1 Lapisan Atmosfer ......................................................... 7
Gambar 2.1 Alat hygr...
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Hay teman sebelum kalian mempelajari
buku ini, alangkah lebih baiknya kalian
menge...
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi
di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan...
ATMOSFER
BAB I
Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti pembelajaran, ibu harap kalian dapat
menjelaskan mengenai atmosfer.
1
A. PENGERTIAN ATMOSFER
Iya, bagus
banget ya La
Pelangi itu kira-kira
terjadi dimana ya
Sis? Kamu tahu
tidak ?
Kemarin kamu...
Gak tahu aku,
memang atmosfer
punya lapisan ya Sis? Hehe, ya punyalah
Lala masak kamu
gak tahu sih.
Untuk lebih
jelasnya b...
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lapisan atmosfer.
Tapi sebelumnya kalian semua harus tahu dulu ya pengertian a...
Sekarang kita bahas satu per satu dulu ya tentang gas pembentuk
atmosfer.
1. Nitrogen
Nitrogen yang masuk ke dalam atmosfe...
Kalian tau tidak kalau dua pertiga atau 67 % dari
sumber buatan ini berasal dari industry semen dan
pembakaran bahan bakar...
5.eksosfer.
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini
Gambar 1.1 Lapisan-lapisan atmosfer
Sumber : google i...
2. Stratosfer
Kalian tahu tidak berapa ketinggian stratosfer? Lapisan
stratosfer berada pada ketinggian antara 12 km sampa...
SEKILAS INFO :
Setiap peralihan antar lapisan terdapat lapisan antara. Antara
troposfer dengan stratosfer disebut lapisan ...
Nah, setelah membaca
buku ini kamu tahukan
apa itu atmosfer dan
lapisan-lapisannya.
Ya, sekarang aku tahu
apa itu atmosfer...
1. Lapisan udara yang menyelimuti bumi disebut……..
a. Atmosfer
b. Hidrosfer
c. Ionosfer
d. Thermosfer
2. Di bawah ini meru...
SUMBER :
Nurdin, Muh, dkk. 2008. Mari Belajar IPS untuk
SMP/MTs kelas VII. Jakarta: PT.Leuser Cita Pustaka
Prawirowardoyo,...
UNSUR-UNSUR
CUACA
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran, ibu harap kalian dapat menjelaskan
mengenai unsur-...
A. PENGERTIAN CUACA
Hari ini
cuacanya cerah
ya May.
Iya hari ini
cuacanya
nampak
cerah.Put
Berbicara
tentang cuaca,
memang...
Iya, aku tahu kalau
soal itu, tapi aku
itu tidak tahu
pengertian cuca.
Mau sih tapi aku
males baca
buku,hehe. Memang
bukun...
Seperti yang disampaikan dialog di atas kali ini kita akan
membahas mengenai pengertian cuaca dan unsur-unsur cuaca. Akan
...
Angin adalah udara yang bergerak karena terdapat perbedaan
tekanan yang disebabkan oleh perbedaan pemanasan bumi oleh
mata...
Kalian mau tahu jenis-jenis
angin, silahkan lihat
diagram di bawah ini ya
18
a. Angin pasat, yaitu angin yang bertiup dari daerah maksimum
subtropika menuju ke daerah minimum ekuator.
b. Angin barat ...
Nah saat ini kita akan membahas jenis angin yang terakhir
yaitu angin jatuh. Siapa yang tahu nama lain dari angin jatuh ?
...
Siapa yang tahu apa itu temperature? Temperatur adala
derajat panas dinginnya udara.
Ada 2 macam kelembaban udara lho, apa...
dari laut atau sumber air permukaan lainnya biasanya lebih kering.
Kelembaban mutlak terendah di wilayah gurun pasir. Hayo...
Akibatnya, udara akan mengembang naik ke atmosfer. Hujan konveksi
ini seringkali disertai oleh guruh, guntur, dan jatuhnya...
Sekilas Info:
Hujan yang disertai angin kencang dan petir dapat dikatakan badai, maka
dari itu ketika teman-teman berada d...
1. Keadaan harian udara pada suatu wilayah yang tidak luas pada
suatu saat tertentu dan dalam waktu yang singkat, disebut…...
2. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut…..
a. Hidrologi,
b. meteorologi,
c. kartografi,
d. oceanografi
3. Di bawah ini term...
Sekarang saatnya
kalian tahu darimana
sumber buku ini.
27
Sumber :
Kartubi. 2009. Sudut Bumi IPS Terpadu.
Jakarta: PT.Leuser Cita
Pustaka
Prawirowardoyo,Susilo.1996.
Meteorologi. B...
PENGARUH CUACA
TERHADAP
PEREKONOMIAN
BAB 3
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran, ibu harap kalian dapat me...
Aku penasaran deh Rak kenapa ya,
kok beras yang aku makan sekarang
tidak sebanyak dulu, padahal bosku
selalu ngasih makan ...
Hujan? Memang hujan bisa
membuat makananku jadi
sedikit?
Sebenarnya hujan itu dapat kita sebut dengan
cuaca, tidak hanya p...
A. PENGARUH CUACA TERHADAP BIDANG PERTANIAN
Bagi Indonesia yang sebagian besar penduduknya bergerak
dalam sektor agraris d...
C. PENGARUH CUACA TERHADAP BIDANG PERIKANAN
Para nelayan tradisional sering kali memanfaatkan pola angin
dan musim pada ak...
1. Angin sangat berpengaruh terhadap bidang perekonomian di
bawah ini, yaitu….
a. Pertanian,
b. perdagangan,
c. perikanan,...
SUMBER :
http://Pengaruh%20Cuaca%20dan%20Iklim%20bagi%20Kehidupan%2
0_%20 Geografi.htm (diakses tanggal 5 Maret 2013)
Nah ...
Buku KAKUBUJAR
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Buku KAKUBUJAR

1,191 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,191
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
36
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Buku KAKUBUJAR

  1. 1. Nia Paramitha Sari TUGAS KAKUBUJAR 2013 SELIMUT DUNIA (ATMOSFER) IPS TERPADU Untuk SMP/MTs KELAS VII B
  2. 2. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat mewujudkan aspirasinya untuk menyusun Buku Ajar untuk SMP/MTs kelas VII yang kami beri judul “SELIMUT DUNIA (ATMOSFER). Buku ini penulis susun sesuai dengan Kurikulum 2006 (KTSP) yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan siswa. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tujuan yang baik ini tidak akan tercapai tanpa batuan guru, siswa, dan siapa saja yang memanfaatkan buku ini. Untuk kritik dan saran penulis harapkan demi sempurnanya buku ini. Akhirnya semoga buku ini dapat memacu keberhasilan pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS, sehingga dapat meningkatkan SDM putra putri bangsa. Surakarta, 29 Mei 2013 Penulis ii
  3. 3. DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL .............................................................................. i KATA PENGANTAR ............................................................................ ii DAFTAR ISI........................................................................................... iii HALAMAN SK DAN KD…………………………………………….. iv BAB I ATMOSFER................................................................................ 1 Diagram Alir ........................................................................ 1 A. Pengertian Atmosfer………………………………………… 2 B. Lapisan-lapisan Atmosfer…………………………………… 6 C. Evaluasi…………………………………………………… 11 D. Daftar Pustaka BAB II UNSUR-UNSUR CUACA ....................................................... 13 Diagram Alir ........................................................................ 13 A. Pengertian Cuaca…………………………………………. 13 B. Unsur-unsur Cuaca……………………………………….. 16 C. Evaluasi…………………………………………………… 25 D. Daftar Pustaka BAB III PENGARUH CUACA TERHADAP PEREKONOMIAN ...... 28 Diagram Alir........................................................................ 28 iii
  4. 4. A.Pengaruh cuaca di bidang pertanian……………………… 31 B. Pengaruh cuaca di bidang industri……………………….. 31 C. Pengaruh cuaca di bidang peikanan…………………….. 32 D.Evaluasi………………………………………………….. 33 E. Daftar Pustaka iv
  5. 5. DAFTAR GAMBAR GAMBAR 1.1 Lapisan Atmosfer ......................................................... 7 Gambar 2.1 Alat hygrometer ................................................................. 21 v
  6. 6. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR Hay teman sebelum kalian mempelajari buku ini, alangkah lebih baiknya kalian mengetahui Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) buku ini dulu ya. Standar Kompetensi : Memahami usaha manusia untuk memahami lingkungannya. vi
  7. 7. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. vi
  8. 8. ATMOSFER BAB I Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti pembelajaran, ibu harap kalian dapat menjelaskan mengenai atmosfer. 1
  9. 9. A. PENGERTIAN ATMOSFER Iya, bagus banget ya La Pelangi itu kira-kira terjadi dimana ya Sis? Kamu tahu tidak ? Kemarin kamu lihat pelangi tidak Sis ??? Memang kamu tidak tahu ya La pelangi terjadi dimana. Kata guruku pelangi terjadi di lapisan atmosfer. 2
  10. 10. Gak tahu aku, memang atmosfer punya lapisan ya Sis? Hehe, ya punyalah Lala masak kamu gak tahu sih. Untuk lebih jelasnya baca aja buku ini, ok ! 3
  11. 11. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lapisan atmosfer. Tapi sebelumnya kalian semua harus tahu dulu ya pengertian atmosfer. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Atmosfer merupakan bagian bumi yang terdiri dari campuran beberapa macam gas yang menyelubungi bumi sampai pada ketinggian kurang lebih hingga 1.100 km di atas permukaan air laut. Kalian mau tahu apa saja gas-gas pembentuk atmosfer & presentasenya. Silahkan lihat di bawah ini ya, cekidot… 4
  12. 12. Sekarang kita bahas satu per satu dulu ya tentang gas pembentuk atmosfer. 1. Nitrogen Nitrogen yang masuk ke dalam atmosfer berasal dari peluruhan sisa-sisa hasil pertanian dan letusan gunung api, sedangkan pengeluaran nitrogen dari atmosfer terutama disebabkan oleh proses biologis dalam tumbuh-tumbuhan dan kehidupan di laut. Banyaknya nitrogen di dalam atmosfer pada kenyataannya konstan. Ini menunjukkan bahwa masukkan dan keluran nitrogen adalah seimbang. 2. Oksigen Banyaknya oksigen dalam atmosfer juga konstan. Oksigen dihasilkan melalui proses fotosintesis pada tumbuhan. Pada proses ini dedaunan menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Oksigen diambil dari atmosfer oleh proses pernafasan makhluk hidup. Oksigen di dalam atmosfer dapat bereaksi dengan bahan lain (prosesnya disebut oksidasi), besi berkarat merupakan contoh dari oksidasi. 3. Karbondioksida Karbondioksida yang masuk ke dalam atmosfer dapat berasal dari sumber alami dan sumber buatan. Sumber alami adalah proses pernafasan makhluk hidup, baik itu di darat, di laut, maupun peluruhan bahan organic. Sumber buatan adalah pembakaran bahan bakar fosil, industry semen, pembakaran hutan, dan perubahan tata guna lahan. 5
  13. 13. Kalian tau tidak kalau dua pertiga atau 67 % dari sumber buatan ini berasal dari industry semen dan pembakaran bahan bakar fosil. 4. Ozon Ozon adalah gas yang molekulnya terdiri dari tiga atom oksigen. Meskipun di dalam atmosfer keberadaannya sangat kecil sekali tetapi sangat penting bagi manusia. Ozon menyerap dengan kuat radiassi ultraviolet yang dipancarkan matahari ke bumi sehingga radiasi ultraviolet yang mencapai bumi menjadi berkurang sampai ketingkatan tidak berbahaya untuk makhluk hidup. Setelah kalian mengetahui gas-gas pembentuk atmosfer sekarang saatnya kalian tahu sifat-sifat gas yang terdapat di atmosfer itu seperti apa. Sifat-sifat gas tersebut antara lain : tidak berwarna, tidak berbau, tidak bisa diraba, dan transparan. A. LAPISAN-LAPISAN ATMOSFER Apakah kalian tahu kue lapis? Atmosfer juga memiliki beberapa lapisan seperti kue lapis lho, pengen tahu lapisan apa saja yang terdapat di atmosfer? Atmosfer dibagi menjadi empat lapisan. Keempat lapisan tersebut adalah sebagai berikut: 1.troposfer, 2.stratosfer, 3.mesosfer, 4.thermosfer, dan 6
  14. 14. 5.eksosfer. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini Gambar 1.1 Lapisan-lapisan atmosfer Sumber : google image Nah, ayo untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu ya…. 1. Troposfer Hayo, siapa yang tahu nama lain dari lapisan atmosfer paling bawah? Lapisan atmosfer yang paling bawah dinamakan troposfer. Ketinggian rata-rata lapisan troposfer berkisar 8 km di kutub hingga 12 km di katulistiwa, dengan temperatur sekitar –50°C. 11 SEKILAS INFO : Pada lapisan troposfer ini seringkali terjadi gejala-gejala cuaca seperti hujan, petir, pelangi, awan, angin, dan lain-lain. 7
  15. 15. 2. Stratosfer Kalian tahu tidak berapa ketinggian stratosfer? Lapisan stratosfer berada pada ketinggian antara 12 km sampai dengan 50 km. Lapisan stratosfer masih dibagi menjadi dua yaitu : a. Lapisan isoterm. Temperatur pada lapisan ini tetap, yaitu - 50°C, terletak pada ketinggian 12 km sampai dengan 35 km. b. Lapisan ozonosfer (lapisan panas), dengan temperatur yang berubah-ubah dari -50°C sampai dengan +50°C. Lapisan ini banyak mengandung ozon (O3), terletak pada ketinggian antara 35 km sampai dengan 50 km. 3. Mesosfer Lapisan mesosfer terletak di atas stratosfer dengan ketinggian 50- 80 km di atas permukaan bumi. Lapisan ini berfungsi memantulkan gelombang radio, yaitu gelombang UHF, VHF, AM, FM, dan SW. 4. Thermosfer Siapa yang tahu lapisan apa yang terletak di atas lapisan mesosfer? Iya bear sekali lapisan yang terletak di atas lapisan mesosfer adalah lapisan thermosfer. Thermosfer memiliki ketinggian lebih dari 80 km di atas permukaan bumi. Di lapisan ini terjadi kenaikan suhu udara secara tajam, oleh sebab itu lapisan ini dinamakan thermosfer (thermos artinya panas). Siapa yang tahu kenapa di lapisan ini terjadi kenaikan suhu yang sangat tajam? Kenaikan suhu udara ini terjadi karena adanya radiasi sinar X dan Ultra Violet (UV). 8
  16. 16. SEKILAS INFO : Setiap peralihan antar lapisan terdapat lapisan antara. Antara troposfer dengan stratosfer disebut lapisan tropopause, antara stratosfer dengan mesosfer disebut lapisan stratopause, dan antara mesosfer dengan thermosfer disebut lapisan mesopause. 5. Eksosfer Kalian tahu kenapa lapisan ini dinamakan eksosfer? Lapisan ini dinamakan eksosfer karena lapisan ini merupakan lapisan terluar dari atmosfer, dimana pengaruh gaya berat sangat kecil sehingga benturan- benturan udara jarang terjadi. Ketinggian lapisan ini di antara 500 km sampai dengan 1.000 km. Butiran-butiran gas pada lapisan ini berangsur- angsur meloloskan diri ke angkasa luar. Lapisan ini juga dinamakan dissipasisfer. 9
  17. 17. Nah, setelah membaca buku ini kamu tahukan apa itu atmosfer dan lapisan-lapisannya. Ya, sekarang aku tahu apa itu atmosfer dan lapisannya, apalagi saat ini aku juga tahu dimana pelangi itu terbentuk. Terima kasih kawan dan memberikanku pengetahuan yang berarti 10
  18. 18. 1. Lapisan udara yang menyelimuti bumi disebut…….. a. Atmosfer b. Hidrosfer c. Ionosfer d. Thermosfer 2. Di bawah ini merupakan lapisan atmosfer, kecuali….. a. Mesosfer b. Hidrosfer c. Troposfer d. Eksosfer 3. Di bawah ini merupakan gas pembentuk atmosfer yang memiliki presentase terbesar adalah… a. Oksigen b. Nitrogen c. Karbondioksida d. Ozon 4. Di bawah ini merupakan fenomena yang terjadi di lapisan troposfer, kecuali….. a. Hujan b. Petir c. Tsunami d. pelangi Setelah kalian tahu tentang atmosfer, kalian harus diperiksa dulu ya apakah sudah paham atau belum. Tolong dijawab ya. 11
  19. 19. SUMBER : Nurdin, Muh, dkk. 2008. Mari Belajar IPS untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: PT.Leuser Cita Pustaka Prawirowardoyo, Susilo. 1996.Meteorologi. Bandung : ITB Kalian mau tahu darimana sumber-sumber buku ini tadi?
  20. 20. UNSUR-UNSUR CUACA Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti pembelajaran, ibu harap kalian dapat menjelaskan mengenai unsur-unsur cuaca. BAB 2 13
  21. 21. A. PENGERTIAN CUACA Hari ini cuacanya cerah ya May. Iya hari ini cuacanya nampak cerah.Put Berbicara tentang cuaca, memang cuaca itu apa sih May Cuaca ya cuaca, masak kamu ga tahu sih Put 14
  22. 22. Iya, aku tahu kalau soal itu, tapi aku itu tidak tahu pengertian cuca. Mau sih tapi aku males baca buku,hehe. Memang bukunya isinya tentang apa sih. Ya ada pegertian cuaca sama unsur-unsur cuaca, kalau pengen tahu lebih jelas ini dia bukunya, silahkan dibaca ya. Ow gitu tho, ak juga belum tahu pasti sih, tapi aku punya bukunya kok, kamu mau pinjem? 15
  23. 23. Seperti yang disampaikan dialog di atas kali ini kita akan membahas mengenai pengertian cuaca dan unsur-unsur cuaca. Akan tetapi, sebelum membahas unsur-unsur cuaca kita harus tahu dulu apa pengertian cuaca. Siapa yang tahu pengertian cuaca? Cuaca adalah keadaan harian udara pada suatu wilayah yang tidak luas pada suatu saat tertentu dan dalam waktu yang singkat. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi. Apakah kalian sering lihat berita yang menyampaikan ramalan cuaca? Ramalan cuaca tersebut dapat diartikan sebagai suatu prediksi keadaan suatu daerah pada saat tertentu dan dalam waktu tertentu pula. B. UNSUR-UNSUR CUACA Siapa yang tahu ada berapa unsur cuaca? Unsur-unsur cuaca yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ada 3, yaitu : 1. Angin, 2. kelembaban udara, 3. curah hujan, Kalian ingin tahukan penjelasan tentang masing-masing unsur, ayo kita bahas satu per satu. 1. Angin Apakah setiap malam hari kalian merasakan ada sebuah hembusan yang membuat badan kalian dingin? Apakah kalian tahu hembusan itu dinamakan apa? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hal ini. Hembusan yang kalian rasakan itu sering disebut dengan angin. 16
  24. 24. Angin adalah udara yang bergerak karena terdapat perbedaan tekanan yang disebabkan oleh perbedaan pemanasan bumi oleh matahari. Perbedaan tekanan ini menyebabkan terjadinya aliran udara. Aliran udara bergerak dari daerah yang bertekanan udara tinggi ke daerah udara yang bertekanan rendah. Kalian tahu apa nama alat untuk mengukur kecepatan angin? Alat itu biasa disebut dengan nama anemometer, dan salah satu jenis dari anemometer adalah anemometer mangkok. Selain kita membahas pengertian angin, kita juga akan membahas mengenai jenis-jenis angin. Sekilas Info : Mengenai angin juga dibahas di dalam Hukum Buys Ballot. Hukum Buys Ballot berbunyi “Udara mengalir dari daerah yang bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum. Arah angin akan membelok ke kanan di belahan bumi utara serta membelok ke kiri di belahan bumi selatan”. 17
  25. 25. Kalian mau tahu jenis-jenis angin, silahkan lihat diagram di bawah ini ya 18
  26. 26. a. Angin pasat, yaitu angin yang bertiup dari daerah maksimum subtropika menuju ke daerah minimum ekuator. b. Angin barat bertiup di daerah lintang sedang. Angin barat berembus terus menerus sepanjang tahun dari arah barat ke arah timur. c. Angin timur, bertiup di daerah kutub. Angin timur berembus terus menerus sepanjang tahun dari arah timur. Perhatikan lokasi ketiga angin tersebut pada gambar berikut ini. Siapa yang tahu pengertian angin muson? Angin muson adalah angin yang bertiup setiap setengah tahun sekali berganti arah yang berlawanan. Gerakan angin ini dipengaruhi oleh peredaran matahari tahunan. Setelah kalian tahu pengertian angin muson, sekarang saatnya kalian tahu pengertian angin periodik. Angin periodik merupakan angin yang secara periodik terjadi perubahan arah antara siang dan malam. Kalian mau tahu contoh atau jenis angin periodik itu apa saja. Contoh angin periodik antara lain: a. Angin laut. Angin laut terjadi pada siang hari. Angin ini berembus dari laut menuju ke darat. b. Angin darat terjadi pada malam hari, dan berembus dari darat menuju ke laut. Angin darat, meskipun kekuatannya kurang daripada angin laut, dapat menimbulkan gejala atmosfer yang dahsyat berupa sederetan awan kumulonimbus dengan disertai badai dan guntur. c. Angin Gunung. Angin gunung merupakan jenis angin lokal yang berembus dari puncak gunung menuju lembah, d. Angin lembah bertiup dari lembah ke gunung. 19
  27. 27. Nah saat ini kita akan membahas jenis angin yang terakhir yaitu angin jatuh. Siapa yang tahu nama lain dari angin jatuh ? Angin jatuh disebut juga angin fohn, yaitu angin kering yang bergerak menuruni lereng pegunungan. Ketika mendaki gunung angin ini membawa uap air. Karena mengalami proses kondensasi uap air itu akhirnya jatuh sebagai hujan. Setelah melewati puncak gunung, angin yang sudah tidak membawa uap air itu menuruni lereng. Oleh karena itu angin tersebut bersifat kering dan lebih panas dari daerah yang didatangi. 2. Kelembaban udara Kalian tahu mengenai kelembaban udara dan jenis- jenisnya? Nah saatnya kalian untuk mempelajarinya. Kelembaban udara adalah banyak-sedikitnya uap air di udara. Uap air di udara berasal dari penguapan di permukaan bumi, air laut, dan air pada tumbuh-tumbuhan. Kandungan uap air di udara itu berubah-ubah lho teman, bergantung pada temperaturnya. Sekilas Info : Nama lain angin jatuh di setiap daerah adalah angin Wambraw di Biak (Irian Jaya), angin Kumbang di Cirebon (Jawa Barat), angin Gending di Pasuruan (Jawa Timur), dan angin Brubu di Makasar (Sulawesi), angin Bahorok (Sumatera Utara). 20
  28. 28. Siapa yang tahu apa itu temperature? Temperatur adala derajat panas dinginnya udara. Ada 2 macam kelembaban udara lho, apa saja ya? Macam- macam kelembaban udara adalah tersebut adalah : a. Kelembapan relatif (nisbi) Kelembaban relatif adalah perbandingan jumlah uap air di udara dengan jumlah uap air maksimum yang terkandung di udara pada suhu yang sama. b. Kelembapan absolut (mutlak) Kelembaban absolut adalah banyaknya uap air dalam udara pada suatu daerah tertentu yang dinyatakan dalam gram uap air per meter kubik. Hal ini tergantung pada temperatur yang mempengaruhi kekuatan udara untuk memuat uap air, tiap suhu mempunyai batas dari uap air yang dimuatnya. Apakah kalian perlu contohnya? Kalau perlu ini dia contohnya: daerah pantai yang berdekatan dengan lautan sebagai sumber penguapan mempunyai kelembapan mutlak tertinggi. Sedangkan daerah pedalaman yang jauh Gambar 2.1 Alat pengukur kelembaban udara yang disebut hygrometer Sumber : google image 21
  29. 29. dari laut atau sumber air permukaan lainnya biasanya lebih kering. Kelembaban mutlak terendah di wilayah gurun pasir. Hayo siapa yang tahu alat untuk mengukur kelembaban udara? Alat untuk mengukur kelembaban udara adalah higrometer. 3. Curah Hujan Apakah kalian pernah lihat hujan? Apakah yag kalian rasakan ketika hujan turun? Sebelum kalian mengenal lebih jauh tentang hujan kalian harus tahu dulu pengertian hujan. Hujan merupakan peristiwa jatuhnya air, baik dalam bentuk cair maupun padat ke permukaan bumi. Hujan berasal dari air yang menguap akibat panas matahari dan panas ketinggian tertentu. Udara tersebut menjadi jenuh sehingga terjadi kondensasi atau pengembunan yang mengakibatkan uap air yang dikandung oleh udara berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air di udara (awan) yang makin berat akan turun sebagai hujan ke permukaan bumi. Apakah kalian pernah mengukur hujan? Kalau belum dan kalian ingin mengukur hujan, kalian harus punya alat yang namanya penakar hujan terlebih dahulu karena alat ini yang dapat mengukur hujan. Setelah kalian mengerti pengertian hujan, saatnya kalian mengetahui macam-macam hujan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 4 macam jenis hujan. a. Hujan zenithal (konveksi) Apa kalian tahu pengertian hujan zenithal? Hujan zenithal terjadi pada saat daratan mengalami pemanasan yang tinggi. Udara di atas daratan akan mengalami pemanasan oleh peristiwa konduksi. 22
  30. 30. Akibatnya, udara akan mengembang naik ke atmosfer. Hujan konveksi ini seringkali disertai oleh guruh, guntur, dan jatuhnya butiranbutiran es. b. Hujan naik pegunungan (orografis) Apakah kalian tahu kenapa hujan ini disebut dengan hujan orografis? Hujan ini terjadi akibat naiknya udara yang mengandung uap air di lereng pegunungan yang terdapat di tepi pantai. Setelah sampai di atas, udara akan mengalami pendinginan sehingga terjadi pengembunan. Pada saat mencapai titik jenuhnya, embun di awan akan jatuh sebagai hujan. Hujan akan jatuh di bagian lereng pegunungan tempat angin datang. Karena ketinggian lereng, maka terjadilah kondensasi dan turun hujan pada lereng menghadap arah angin. Lereng tempat jatuhnya hujan disebut daerah hujan. Lereng di belakangnya disebut daerah bayangan hujan. c. Hujan frontal (konvergen) Apakah kalian tahu apa itu hujan frontal? Hujan frontal terjadi karena adanya pertemuan dua aliran udara di wilayah bertekanan udara rendah dan terjadi pada daerah linang sedang akibat panas yang mengandung uap air naik ke udara dingin, lalu terjadi kondensasi, akhirnya turun sebagai hujan. Hujan konvergen umumnya terjadi di wilayah tropis. Hujan konvergen umumnya sangat lebat, banyak guntur, dan sering disertai angin ribut. d. Hujan siklon Hujan siklon terjadi bila udara yang mengandung uap air naik ke atas dibawa oleh angin siklon, lalu terjadi kondensasi, akhirnya turun sebagai hujan. 23
  31. 31. Sekilas Info: Hujan yang disertai angin kencang dan petir dapat dikatakan badai, maka dari itu ketika teman-teman berada di jalan cepat-cepatlah mencari tempat yang aman untuk berteduh. Banyak kejadian-kejadian yang terjadi akibat badai, diantaranya tumbangnya pohon-pohon besar dan runtuhnya rumah- rumah yang terbuat dari kayu yang tidak kuat. Nah, bagaimana setelah membaca bukunya jadi pahamkan pengertian dan unsur-unsur cuaca. Ya, aku jadi paham sekarang terimakasih ya sudah minjemin bukunya. 24
  32. 32. 1. Keadaan harian udara pada suatu wilayah yang tidak luas pada suatu saat tertentu dan dalam waktu yang singkat, disebut….. a. Cuaca, b. angin, c. hujan, d. kelembaban udara Seperti biasa teman setelah membaca buku ini, sekarang waktunya untuk menjawab pertanyaan di bawah ini. Tolong dijawab ya 25
  33. 33. 2. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut….. a. Hidrologi, b. meteorologi, c. kartografi, d. oceanografi 3. Di bawah ini termasuk unsur-unsur cuaca, kecuali….. a. Angin, b. curah hujan, c. petir, d. kelembaban udara 4. Di bawah ini merupakan jenis angina periodic,kecuali….. a. Angin darat, b. angin laut c. angin muson, d. angin gunung 5. Alat untuk mengukur kelembaban udara disebut…. a. Anemometer, b. thermometer, c. hygrometer, d. meteran. 26
  34. 34. Sekarang saatnya kalian tahu darimana sumber buku ini. 27
  35. 35. Sumber : Kartubi. 2009. Sudut Bumi IPS Terpadu. Jakarta: PT.Leuser Cita Pustaka Prawirowardoyo,Susilo.1996. Meteorologi. Bandung : ITB
  36. 36. PENGARUH CUACA TERHADAP PEREKONOMIAN BAB 3 Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti pembelajaran, ibu harap kalian dapat menjelaskan pengaruh cuaca terhadap perekonomian. 28
  37. 37. Aku penasaran deh Rak kenapa ya, kok beras yang aku makan sekarang tidak sebanyak dulu, padahal bosku selalu ngasih makan aku banyak tapi kenapa sekarang sedikit ya. Kamu mau tahu kenapa kok makananmu jadi sedikit? Itu karena dulu pada saat bosmu panen, hujan lebat datang jadi padinya banyak yang hanyut terbawa air. 29
  38. 38. Hujan? Memang hujan bisa membuat makananku jadi sedikit? Sebenarnya hujan itu dapat kita sebut dengan cuaca, tidak hanya padi saja yang bisa terkena dampaknya melainkan semua sector bisa terkena dampak dari cuaca. Pengen tahu sector apa saja, silahkan di baca buku ini ya. 30
  39. 39. A. PENGARUH CUACA TERHADAP BIDANG PERTANIAN Bagi Indonesia yang sebagian besar penduduknya bergerak dalam sektor agraris dimana cuaca sangat berpengaruh terutama pada saat musim panen tiba. Pada saat musim panen tiba masyarakat selalu mengutamakan cuaca untuk memanen padi mereka. Ketika cuaca cerah masyarakat akan berbondong-bondong untuk memanen tanamannya, akan tetapi cuaca yang tidak menentu merupakan hambatan tersendiri bagi para petani. Selain pada saat panen, cuaca sangat berpengaruh pada saat penjemuran hasil panen. Apabila cuaca sejak pagi mendung maka masyarakat tidak bisa menjemur hasil panennya, hal ini dapat berdampak pada kualitas padi. Dimana padi yang setelah panen tidak langsung dijemur dengan cuaca panas maka padi yng terdapat di karung akan panas dan bisa tumbuh akhirnya padi tersebut apabila digiling beras akan menjdi remuk tidak bagus. B. PENGARUH CUACA TERHADAP BIDANG INDUSTRI Pada industri tradisional banyak yang masih bergantung pada kondisi cuaca. Industri itu umumnya yang membutuhkan panas matahari, antara lain industri genteng, batu bata, dan kerupuk. Cuaca juga mempengaruhi aktivitas penduduk sehari-hari. Apabila cuaca buruk hasil produksipun menjadi terganggu dan bahkan masyarakat dapat mengalami kerugian. 31
  40. 40. C. PENGARUH CUACA TERHADAP BIDANG PERIKANAN Para nelayan tradisional sering kali memanfaatkan pola angin dan musim pada aktivitas mencari ikan. Sebagai contoh, pada zaman dulu para nelayan memanfaatkan angin darat dan angin laut untuk pergi dan pulang menangkap ikan di laut. Selain itu, para nelayan jarang mencari ikan pada periode berembusnya angin barat, karena sering terjadi angin ribut dan disertai hujan lebat. Selain itu ketika cuaca buruk para nelayan tidak bisa melaut karena sangat berbahaya bagi keselamatan mereka. Nah, setelah tahu pengaruh cuaca terhadap beberapa sector, sekarang waktunya menjawab pertanyaan di bawah ini ya. 32
  41. 41. 1. Angin sangat berpengaruh terhadap bidang perekonomian di bawah ini, yaitu…. a. Pertanian, b. perdagangan, c. perikanan, d. industri. 2. Di bawah ini salah satu pengaruh cuaca di bidang industri adalah…. a. Pada saat penjemuran, b. pada saat pembuatan barang, c. pada saat penjaualan, d. pada saat pembelian bahan untuk membuat. 3. Di bawah ini merupakan bidang perekonomian yang terpengaruh oleh cuaca, kecuali…. a. Pertanian, b. industri, c. penjahit, d. perikanan. 33
  42. 42. SUMBER : http://Pengaruh%20Cuaca%20dan%20Iklim%20bagi%20Kehidupan%2 0_%20 Geografi.htm (diakses tanggal 5 Maret 2013) Nah setelah kalian menjawab pertanyaanya, sekarang waktunya kalian tahu darimana sumber buku ini.

×