Ad hasil rapat tgl 3 5 3012

1,051 views

Published on

AD/ART FORUM KOMUNIKASI KEPALA TATA USAHA SMP,SMA,SMK Kabupaten Bandung

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,051
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
17
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ad hasil rapat tgl 3 5 3012

  1. 1. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12ANGGARAN DASARFORUM KOMUNIKASI KEPALA TATA USAHASMP, SMA, SMK NEGERIKABUPATEN BANDUNGP E M B U K A A NPendidikan Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupanbangsa dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yangberiman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekertiluhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawabkemasyaraktan dan kebangsaan.Dalam rangka mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasionalsebagaimana tersebut diatas, yang langsung berhadapan danmenyelenggarakan proses kegiatan belajar mengajar dengan peserta didikadalah sekolah. oleh karena itu sekolah merupakan lembaga pendidikan yangberfungsi sebagai unit pelaksana teknis (UPT) pendidikan,Sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat, Kepalasekolah sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pendidikan di sekolahperlu melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dengan Pegawai TataUsaha, Guru, Pembantu Kepala Sekolah, Komite, Siswa, Orang Tua Siswadan pihak-pihak lain diluar sekolah dalam kegiatan peyelenggaraan kegiatanpendidikanKeberhasilan penyelenggaraan pendidikan dan kegiatan belajarmengajar disekolah merupakan hasil kerja sama kepala sekolah dangankomponen lainnya seperti tersebut diatas. Untuk mewujudkan pelayananadministrasi yang teratur, Tertib, terarah dan terencana oleh pegawai tatausaha dengan kepala tata usahanya. Kepala tata usaha dan pegawai tata usahalainya punya peranan dan tanggung jawab yang besar dalam membantuperencanaan dan pelaksanaan program-program sekolah, oleh karena itu agartugas-tugas ketatausahaan di sekolah dapat terlaksana dengan baikdiperlukan seorang pegawai yang memiliki kompetensi sesuai dengan standartenaga administrasi.Menyadari pentingnya tugas ketatausahaan sekolah dalam rangkamewujudkan tujuan pendidikan nasiaonal, maka pegawai tata usaha perlumendapatkan pendidikan dan pelatihan, pembinaan secara terprogram,menyeluruh, terpadu, sistematis dan bersinambungan.Kepala tata usaha SMP, SMA, dan Subag SMK Kabupaten Bandungsebagai penanggung jawab kegiatan administrasi disekolah harus memilikikebersamaan dalam visi dan misi, serta mewujudkannya besama-sama secaranyata, sehingga dapat melaksanakan tugas ketataushaan secara baik danbenar.Forum Komunikasi Kepala Tata Usaha SMP, SMA dan Subag SMKKabupaten Bandung adalah wadah Para Kepala Tata Usaha SMP, SMA danSubag SMK Kabupaten Bandung untuk bersilahturakhmi, bertukar informasi,menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman agar dapat melaksanakantugas ketatausahaan secara baik dan benar.
  2. 2. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12VISI DAN MISIForum Komunikasi Kepala Tata Usaha SMP, SMA DAN SMK NEGERKABUPATEN BANDUNG MEMILIKIKI :A. VISITerwujudnya Kepala Tata Usaha yang professional, proposional,responsibilitas, akuntabel dan memiliki etos kerja serta disiplinsebagai mitra kerja Kepala Sekolah,B. Misi Membina hubungan silahturakhmi yang bik dan terprogram Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang mendukungpeningkatan kinerja. Membina prestasi kerja dengan dilandasi keteladanan dandisiplin yang tinggi Mengembangkan semangat kemitraan yang kokoh dan solid.C. STRATEGI Mengadakan pertemuan rutin anggota dan pengurus Mengadakan kunjungan silakhturami ke sekolah-sekolah Mengadakan audiensi dengan organisasi lain. Mengadakan kerjasama dengan organisasi lain. Mengadakan penataran-penataran atau diklat dalam rangkameningkatkan kemampuan anggota dan pengurus Mengadakan seminar atau symposium Mensosialisakan program-program pemerintah (khususnyadalam bidang pendidikan) kepada anggota.
  3. 3. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12BAB INAMA, TEMPAT KEDUDUKAN DAN WAKTUPasal 1N A M AOraganisasi ini bernama Forum Komunikasi Kepala Tata UsahaSMP, SMA SMK Negeri Kabupaten Bandung disingkat FKKTU.Pasal 2TEMPAT KEDUDUKAN1. FKKTU Kabupaten Bandung berkedudukan di Kabupaten Bandung.2. Penunjukan sekretariat FKKTU Kabupaten Bandung ditentukan olehpengurus pada periode yang sedang berjalan.Pasal 3W A K T U1. FKKTU Kabupaten Bandung dibentuk untuk waktu yang tidak tentukan.2. FKKTU Kabupaten Bandung dibentuk pada Tanggal 18 mei 2000dipangandaranBAB IIAZAS, SIFAT DAN TUJUANPasal 4ASASFKKTU Kabupaten Bandung berasaskan Pancasila. Landasankonstitusionalnya :1. Undang-undang Dasar 1945,2. Undang-undang Replubilk Indonesian Nomor 20 tahun 2003 tentangsistem pendidikan Nasional.3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang StandarNasional Pendidikan4. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-PokokKepegawaian yang diperbaharui dengan Undang-undang Nomor43 Tahun 19995. Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1980 Tentang PeraturanDisiplin Pegawai Negeri Sipil, yang kemudian diperbaharui olehPP No. 53 tahun 2010 untuk pelaksanaannya dikeluarkan PerkaBKN No. 21 tahun 2010.6. Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 1975 Tentang Sumpah danJanji Pegawai Negeri Sipil.7. Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar danMenengah No. 262/C/Kep/R.1992 Tanggal 27 Juli 1992 TentangPedoman Pembukuan Sarana Pendidikan bagi sekolah dilingkungan Pembinaan Dirjen Dikmen.8. Peraturan Pemerintah No 66 tahun 2010 TentangPenyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan9. Permendiknas No 19 tahun 2007 Tentang Penyelenggaraaan danPengelolaan Pendidikan10. Perda No 26 tahun tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan danPengelolaan Pendidikan11. Permendiknas No. 24 Tahun 2008
  4. 4. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 1212.Pasal 5S I F A T1. FKKTU Kabupaten Bandung adalah sebuah wadah untukbermusyawarah dan bertukar pikiran para kepala tata usaha SMP,SMA dan Subag SMK Negeri Kabupaten Bandung secara bebasuntuk membahas segala permasalahan kedinasan yang dihadapisehari-hari dengan tanpa pengaruh dari pihak luar melalui proseduryang benar sesuai dengan etika hukum dan etika moral.2. FKKTU membantu pemerintah (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan),penyebarluasan informasi dalam bidang pendidikan.3. FKKTU bukan organisasi kekuatan sosial politik dan bukan pulabagian dari salah satu organisasi kekuatan sosial politik serta tidakmenjalankan kegiatan politik praktis.Pasal 6T U J U A NTujuan dibentuknya Forum Komunikasi Kepala Tata Usaha SMP,SMA, SMK Negeri Kabupaten Bandung adalah:1. Mengorganisir kepala tata usaha untuk meningkatkan kopetinsikepemimpinan dalam rangka menghasilkan sumber dayamanusia yang professional, proposional, responbilitas danakuntabel.2. Mendorong dan memberikan kesempatan kepada kepala tatusahaagar dapat mengembangkan jati dirinya.3. Mempererat dan meningkatkan sirahturahmi antar kepala tatausaha sekolah sebagai sarana terciptanya persatuan dan kesatuan.4. Menyikapi perubahan arah kebijakan di bidang pendidkan..BAB IIIFUNGSI DAN USAHAPasal 7F U N G S IFKKTU berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembanganKepala tata usaha dan Pelaksana Tata usaha dalam rangka meningkatkankemampuan kinerja sehingga terwujud tenaga yang professional sesuai tugasdan fungsinya.Pasal 8U S A H AFKKTU berusaha untuk mencapai tujuannya dengan mengadakankegiatan-kegiatan :a. Pertemuan rutinb. Seminar-seminarc. Bintekd. Sosialisasie. Publikasif. Kunjungan kerja.Kegiatan – kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri ataubekerja sama dengan organisasi/instansi yang terkait.BAB IVORGANISASIPasal 9STRUKTUR ORGANISASI
  5. 5. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12Struktur Organisasi Forum komunikasi Kepala Tata Usaha SMP,SMA dan Subag SMK Negeri Kabupaten Bandung adalah:1. Ketua2. Wakil Ketua3. Sekretaris4. BendaharaBidang-bidang1. Pengembangan Sumber Daya manusia2. Pengabdian dan hubungan masyarakat3. Kerjasama organisasi4. Koordinator Wilayaha. Koordinator wilayan Ib. Koordinator wilayah IIc. Koordinator wilayah IIIPasal 10ANGGOTA1. Yang menjadi anggota FKKTU adalah Kepala Tata Usaha SMP, SMA danSubag SMK Negeri Yang berada dilingkungan Dinas Pendidikan danKebudayaan Kabupaten Bandung.2. Anggota berhenti apabila:a. Meninggal duniab. Pensiun atau tidak menjabat lagi3. Syarat-syarat menjadi anggota:a. menduduki jabatan Kepala Tata Usaha di SMP, SMA, SMK Negeridi Wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.b. Mentaati AD dan ART FKKTU dan peraturan organisasi lainnya.c. Berperan aktif dan berpartisipasi meningkatkan kemampuan diri sertakepentingan organisasi demi kemajuan bersama.4. Kewajiban Anggota :a. Melaksanakan ketentuan-ketentuan, aturan-aturan, dalam AD danARTb. Membayar uang iuran rutin tahunan yang besarrnya ditentukan olehhasil musyawarah anggota.c. Menjaga nama baik diri sendiri, organisasi dan instansi.d. Menghadiri pertemuan-pertemuan, rapat-rapat atau musyawarah yangdiselenggarakan oleh FKKTU.5. Hak anggota :a. Menerima perlakuan yang sama dan adil sesuai dengan AD dan ARTb. Mempunyai hak suara dan hak bicara dalam setiap pertemuan rapatataupun musyawarah anggota.c. Memberikan usul, saran ataupun kritik terhadap organisasi dan instansidemi kemajuan bersama.d. Mempunyai hak untuk di pilih dan memilih.BAB VPENGURUS, MUSYAWARAH DAN RAPATPasal 11PENGURUS1. Pengurus adalah anggota yang terpilih pada musyawarah anggota2. Pembentukan pengurus melalui musyawarah anggota yang dipimpin olehtim formatur.3. Tim formatur dan anggotanya ditentukan oleh musyawarah anggota4. Pemilihan Pengurus :a. Pembentukan anggota pengurus oleh tim formatur yang dipimpin olehketua terpilihb. Pembentukan anggota pengurus selambat-lambatnya satu bulansetelah musyawarah anggota.
  6. 6. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 125. pengurus terdiri dari ketua, wakil Ketua, sekretaris, bendahara dan sekbid.6. Masa bakti kepengurusan FKKTU adalah 3 tahun.7. Ketua dapat dipilih untuk dua kali masa jabatan.Pasal 12MUSYAWARAH DAN RAPAT1. Musyawarah anggota merupakan lembaga kekuasaan tertinggi2. Musyawarah anggota dilaksanakan tiga tahun satu kali3. Musyawarah anggota dihadiri oleh seluruh anggota,4. Musyawarah anggota mengesah atau menolak laporan pertanggungjawaban5. Musyawarah anggota mengangkat dan memberhentikan Ketua6. Musyawarah anggota membahas tentang revisi anggaran dasar (AD) dananggaran rumah tangga (ART)7. Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri oleh anggota terbatasatau pengurus inti.8. Rapat pleno membahas masalah rencana kerja, dan hal-hal lain yangpenting bagi kelangsungan organisasi.9. Rapat paripurna anggota adalah rapat yang dihadari oleh seluruhanggota.10. Rapat paripurna dilaksanakan apabila terdapat hal-hal yang sifatnyamendesak.BAB VIKEUANGANPasal 13SUMBER KEUANGANSumber keuangan FKKTU diperoleh dari :1. Iuran anggota2. Donator/sumbangan-sumbngan yang tidak mengikat3. Usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan aturan.BAB VIIPEMBUBARANPasal 14PEMBUBARAN1. FFKTU hanya dapat dibubarkan melalui musyarawah anggota..2. Musyawarah pembubaran FKKTU hanya dapat dilaksanakan atasdasar usulan dari anggota yang jumlahnya sekurang-kurangnya duapertiga.3. Usul pembubaran FKKTU diterima oleh musyawarah anggota jikadisetujui dengan sura bulat.BAB IXPENUTUPPasal 15PENUTUPAnggaran dasar ini ditetapkan oleh musyawarah anggota padatangga …../ ……./ ……….. dan berlaku mulai tanggal ditetapkannya.Pasal 16Setelah ditetapkannya AD, ART ini maka anggaran dasar sebelulmnya tidakberlaku lagi.SoreangDi tetapkan di::
  7. 7. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12Tim Perumus :Ketua, Sekretaris,Anggota :1. 4.2. 5.3. 6.
  8. 8. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12ANGGARAN RUMAH TANGGAFORUM KOMUNIKASI KEPALA TATA USAHASMP, SMA, SMK NEGERIKABUPATEN BANDUNGUMUMPuji dan syukur kita panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi berkat rakhmat dankarunianya serta partisipasi semua anggota Tim revisi AD dan ARTalhamdulillah Anggaran Dasar telah selesai direvisi.Namun supaya tidak terjadi multi tafsir dalam pelaksanaanya maka kamiberusaha menjelaskannya secara ekplisit dalam Anggaran Rumah Tangga inipasal demi pasal,Semoga Anggaran Rumah Tangga ini dapat menggambarkan Jiwa dariAggaran Dasar ini dan dapat menjelaskan maksud serta tujuan pasal demipasal.BAB INAMA, TEMPAT KEDUDUKAN DAN WAKTUPasal 1N A M AForum adalah wadah sekelompok atau sekumpulan orang, yang memilikikesamaan baik nasib, kepentingan, tujuan. sehingga kelompok itumenyatukan suara, fikiran dan langkahnya agar usahanya memiliki kekuatanyang maksimal untuk memperjuangkan nasib, kepentingan dan tujuannya.Ciri-ciri tersebut sangat lekat dengan kegiatan atau perjuangan yang dikukanoleh Kepala Tata Usaha SMP, SMA dan SMK Kabupaten Bandung baik padapriode pembentukan maupun dalam priode setelah di terbentuknya wadahatau organisasi, oleh karena itu organisasi ini di sebut ForumKomunikasi adalah pola interaktif sekelompok orang, dilakukan langsung(melalui tatap muka atau pertemuan) atau tidak langsung (melalui alatkomunikasi seperti media elektronik atau media cetak), sifatnya terarah(memiliki tujuan), terprogram (dilakukan secara sistemik) dan insten(berkesinambungan).Kepala Tata Usaha adalah salah satu istilah yang digunakan untuk seorangKepala di Unit Pelaksana Teknis (UPT) urusan administrasi sekolah, dasarhukumnya adalah PP Nomor 41 tahun 2007 Pasal 5 ayat 6 dan 7. Selainistilah Kepala Tata Usaha, Kepala di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolahurusan adminitrasi sekolah juga disebut Tenaga Kependidikan dasarhukumnya UU Nomor 20 tahun 2003 Bab I, Pasa 1, ayat 5 dan didalamPermen Nomor 24 tahun 2008 Kepala di Unit Pelaksana Teknis urusanadministrasi sekolah disebut Kepala Tenaga Adminstrasi.Ketiga istilah tersebut memilikiTerlepas dari istilah, difinsi istilah, tugas dan fungsi serta linkup tugas darimasing-masing tersebut diatas, forum rapat telah menyetujui untukmenggunakan istilah Kepala Tata Usaha baik SMP,SMA maupun SMK, dasarpemikirannya adalah SK yang diberikan oleh BKPP masih menggunakanistilah Kepala Tata Usaha.Pasal 2TEMPAT KEDUDUKAN1. Pasal 2 ayat 1 ini cukup jelas.2. Pasal 2 ayat 2 menjelasakan bahwa pengurus periode yang sedangberjalan harus menentukan kantor sekretariat melalui mekanisme rapatpengurus.Pasal 3W A K T U
  9. 9. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 121. FKKTU Kabupaten Bandung bukan organisasi temporer, akan tetapiorganisasi yang dibentuk untuk waktu yang tidak tentukan, selamakebijakan pemerintah tidak berubah.2. Ayat ini menjelaskan Historis pembentukan FKKTUBAB IIAZAS, SIFAT DAN TUJUANPasal 4ASASPancasila merupakan kristalisasi dari sistim nilai dalam kehidupan bangsakita, yang dimufakati dijadikan sistim nilai dalam kehidupan berbangsa, olehkareana itu maka kita harus menjadikan Pancasila sebagai asas dalamberorganisasi.Landasan konstitusionalnya adalah landasan yang mendasari secara hukumkeberadaan dan kegiatan Forum.Pasal 5S I F A T1. Secara internal FKKTU Kabupaten Bandung adalah wadah untukbermusyawarah dan bertukar pikiran para kepala tata usaha SMP,SMA dan Subag SMK Negeri Kabupaten Bandung secara bebasuntuk membahas segala permasalahan kedinasan yang dihadapisehari-hari dengan tanpa pengaruh dari pihak luar melalui proseduryang benar sesuai dengan etika hukum dan etika moral.2. Secara external FKKTU adalah fasilitator membantu pemerintah(Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) dalam melaksanakan tugasmenyebarluaskaan informasi dalam bidang pendidikan. khususnyabidang pendidikan di sekolah.3. FKKTU bukan organisasi kekuatan sosial politik dan bukan pulabagian dari salah satu organisasi kekuatan sosial politik serta tidakmenjalankan kegiatan politik praktis.Pasal 6T U J U A NTujuan dibentuknya Forum Komunikasi Kepala Tata Usaha SMP,SMA, SMK Negeri Kabupaten Bandung adalah:1. Mengorganisir kepala tata usaha untuk meningkatkan kompetinsikepemimpinan dalam rangka menghasilkan sumber daya manusiayang professional, proposional, responbilitas dan akuntabel.Penjelasan :a. Kompetensi Manajerial adalah salah satu kompetensi yang harusdi miliki oleh seorang kepala tata usaha (Permen 24 tahun 2008)b. Sumberdaya yang professional, proposional, responsibilitas danakuntabel adalah isu politikk biokrasi di masa revormasi biokrasidengan istilah goodgaverments2. Mendorong dan memberikan kesempatan kepada kepala tatusaha agardapat mengembangkan jati dirinya.Penjelasan : setiap Kepala Tata Usaha didorong supayakeberadaannya dapat bersinergi baik secara internal di lingkunganTata Usaha maupun dengan komponen lainnya disekolah ( external)3. Mempererat dan meningkatkan sirahturahmi antar kepala tata usahasekolah sebagai sarana terciptanya persatuan dan kesatuan.Pasal 6 ayat 3 ini cukup jelas.4. Menyikapi perubahan peraturan dan arah kebijakan di bidangpendidkan.
  10. 10. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12Penjelasan : Peraturan dan kebijakan dibidang pendidikan terusberkembang sesuai dengan tuntutan. FKKTU harus mengapresiasisetiap perubahan peraturan dan kebijakan pemerintah dibidangpendidikan, dengan mempelajari, memahami, dan melaksanakannyabersama-sama dalam tugasnya sehari-hari.BAB IIIFUNGSI DAN USAHAPasal 7F U N G S IFKKTU berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembanganKepala tata usaha dan Pelaksana Tata usaha dalam rangka meningkatkankemampuan kinerja sehingga terwujud tenaga yang professional sesuai tugasdan fungsinya.Dalam Bab III, Pasal 7 forum menginginkan Pelaksana Tata Usaha sebagaibagian dari objek dan subjek dalam pembinaan dan pengembangan.Pasal 8U S A H AFKKTU berusaha untuk mencapai tujuannya dengan mengadakankegiatan-kegiatan :a. Pertemuan rutinPenjelasan : Pertemuan rutin dilaksanakan minimal satu kali dalamtiga bulan dengan dihadiri oleh semua anggota fkktu danmengundang Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung untukmelakukan pembinaan.b. Seminar-seminarPenjelasn : Seminar dilaksanakan minimal satu kali dalam satu tahun.c. BintekPenjelasan : Bintek dilakukan secara berkala, terprogram, danberkesinambungan sesuai dengan program umum pada program tatausaha di sekolahnya masing-masing.d. SosialisasiPenjelasan : Sosialisasi dilakukan jika terdapat program, peraturan,kebijakan yang harus di pahami atau dilaksanakan oleh Kepala TataUsaha di dalam tugasnya.e. PublikasiPublikasi : Publikasi dilakukan melalui media elektronik (website),kontennya berupa peraturan-peraturan, berita-berita, rencanakegiatan, dokumentasi kegiatan, konsep-konsep pemikiran, linkterkait dengan kegiatan ketata usahaan, teknologi informasi dll.f. Kunjungan kerja.Penjelasan : Kunjungan kerja diagendakan oleh pengurus sesuaidengan prioritas agenda kerja pengurus, pengurus melakukankunjungan minimal empat sekolah dalam masa kepengurusannya.Kegiatan – kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri atau bekerjasama dengan organisasi/instansi yang terkait.BAB IVORGANISASIPasal 9STRUKTUR ORGANISASIStruktur Organisasi Forum komunikasi Kepala Tata Usaha SMP,SMA dan Subag SMK Negeri Kabupaten Bandung adalah:1. Ketua2. Wakil Ketua
  11. 11. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 123. Sekretaris4. BendaharaBidang-bidang1. Pengembangan Sumber Daya manusia2. Pengabdian dan hubungan masyarakat3. Kerjasama organisasi4. Koordinator Wilayaha. Koordinator wilayan Ib. Koordinator wilayah IIc. Koordinator wilayah IIIPenjelasan : Struktur organisasi FKKTU bersifat fleksibel disesuaikandengan keadaan dan kebutuhan, ditentukan oleh formatur dan pengurusdidasarkan atas azas objektif, kekeluargaan, logis.Pasal 10ANGGOTA1. Yang menjadi anggota FKKTU adalah Kepala Tata Usaha SMP, SMA danSubag SMK Negeri Yang berada dilingkungan Dinas Pendidikan danKebudayaan Kabupaten Bandung.Penjelasan : Bab IV, Pasal 10 ayat 1 cukup jelas.2. Anggota berhenti apabila:a. Meninggal duniab. PensiunPenjelasan : tidak ada alasan berhenti dari keanggotaan FKKTU Selaindua alasan tersebut, untuk menjaga keutuhan organisasi dan soliditasanggota.3. Syarat-syarat menjadi anggota:a. menduduki jabatan Kepala Tata Usaha di SMP, SMA, SMK Negeridi Wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.b. Mentaati AD dan ART FKKTU dan peraturan organisasi lainnya.c. Berperan aktif dan berpartisipasi meningkatkan kemampuan diri sertakepentingan organisasi demi kemajuan bersama.Penjelasan : Bab IV Pasal 10 ayat 3 cukup jelas.4. Kewajiban Anggota :a. Melaksanakan ketentuan-ketentuan, aturan-aturan, dalam AD danARTb. Membayar uang iuran rutin tahunan yang besarrnya ditentukan olehhasil musyawarah anggota.c. Menjaga nama baik diri sendiri, organisasi dan instansi.d. Menghadiri pertemuan-pertemuan, rapat-rapat atau musyawarah yangdiselenggarakan oleh FKKTU.Penjelasan : Bab IV Pasal 10 ayat 4 cukup jelas.5. Hak anggota :a. Menerima perlakuan yang sama dan adil sesuai dengan AD dan ARTb. Mempunyai hak suara dan hak bicara dalam setiap pertemuan rapatataupun musyawarah anggota.c. Memberikan usul, saran ataupun kritik terhadap organisasi dan instansidemi kemajuan bersama.d. Mempunyai hak untuk di pilih dan memilih.Penjelasan : Bab IV Pasal 10 ayat 5 cukup jelas.BAB VPENGURUS, MUSYAWARAH DAN RAPATPasal 11PENGURUS1. Ketua adalah anggota yang terpilih pada musyawarah anggota
  12. 12. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 122. Pemilihan Ketua melalui musyawarah anggota yang dipimpin oleh timformatur.3. Tim formatur dan anggotanya ditentukan oleh musyawarah anggota4. Pemilihan Pengurus :5. Pembentukan anggota pengurus oleh tim formatur yang dipimpin oleh ketuaterpilih6. Pembentukan anggota pengurus selambat-lambatnya satu bulan setelahmusyawarah anggota.7. pengurus terdiri dari ketua, wakil Ketua, sekretaris, bendahara dan sekbid.8. Masa bakti kepengurusan FKKTU adalah 3 tahun.9. Ketua dapat dipilih untuk satu dua kali masa jabatan.Pasal 12MUSYAWARAH DAN RAPAT11. Musyawarah anggota merupakan lembaga kekuasaan tertinggi12. Musyawarah anggota dilaksanakan tiga tahun satu kali13. Musyawarah anggota dihadiri oleh seluruh anggota,14. Musyawarah anggota mengesah atau menolak laporan pertanggungjawaban15. Musyawarah anggota mengangkat dan memberhentikan Ketua16. Musyawarah anggota membahas tentang revisi anggaran dasar (AD) dananggaran rumah tangga (ART)17. Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri oleh anggota terbatasatau pengurus inti.18. Rapat pleno membahas masalah rencana kerja, dan hal-hal lain yangpenting bagi kelangsungan organisasi.19. Rapat paripurna anggota adalah rapat yang dihadari oleh seluruhanggota.20. Rapat paripurna dilaksanakan apabila terdapat hal-hal yang sifatnyamendesak.BAB VIKEUANGANPasal 13SUMBER KEUANGANSumber keuangan FKKTU diperoleh dari :4. Iuran anggota5. Donator/sumbangan-sumbngan yang tidak mengikat6. Usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan aturan.BAB VIIPEMBUBARANPasal 14PEMBUBARAN4. FFKTU hanya dapat dibubarkan melalui musyarawah anggota..5. Musyawarah pembubaran FKKTU hanya dapat dilaksanakan atasdasar usulan dari anggota yang jumlahnya sekurang-kurangnya duapertiga.6. Usul pembubaran FKKTU diterima oleh musyawarah anggota jikadisetujui dengan sura bulat.BAB IXPENUTUPPasal 15PENUTUP
  13. 13. Copy right by FKKTU 2012 11 Copy right by FKKTU 2012 12Anggaran dasar ini ditetapkan oleh musyawarah anggota padatangga …../ ……./ ……….. dan berlaku mulai tanggal ditetapkannya.Pasal 16Setelah ditetapkannya AD, ART ini maka anggaran dasar sebelulmnya tidakberlaku lagi.

×