Landasan normatif islam, kegagalan sosialis dan kegagalan

2,718 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Landasan normatif islam, kegagalan sosialis dan kegagalan

  1. 1. Landasan Normatif Islam “Pedoman aturan/landasan aturan yang menata tindakanmanusia dalam pergaulan dengan sesamanya yang bersumber pada ajaran agama islam atau nilai-nilai sendiri”. Tindakan Manusia yang mengacu pada Al qur’an & as-sunah
  2. 2. “Wahai anakku! Laksanakanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat yang maruf dan cegalah (mereka)dari yang munkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting”. (QS.luqman:17) Contoh “Maka milik allah lah apa yang ada di langit dan di landasan bumi, dan sugguh, kami telah memerintahkannormatif yang kepada orang yang diberi kitab suci sebelum kamu berpedoman dan (juga) kepadamu agar bertakwa kepada allah . Tetapi jika kamu ingkar maka (ketahuilah) apa yang pada al- ada di langit dan di bumi dan allah maha kayaqur’an dan as- (karunianya), maha bijaksana”. (QS.An nisa:131) sunah. “Sugguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu sari tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang di beri (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah”.(QS.Al ahzab:21)
  3. 3. Kegagalan Sekularisme “Suatu paham yang memisahkan antara urusan agama dengan kehidupan dunia seperti politik,pemerintahan, ekonomi, pendidikan dan sebagainya”. Menurut Prof. Dr. Yusuf Al Qardhawi Istilah ilmu atau paham pada sekulerisme “al imaniyyah” dipilih untuk mengelabui mata umat islam agar menerimanya. Karena sekulerisme sebenarnya adalah “al ladiniyah”/tanpa agama, “al laaqidah”/tanpa aqidah
  4. 4. Pola berpikir sebagian umat islam menolak sekulerisme karena:modernisme westernisme liberalisme atheisme sekulerismes
  5. 5. Kegagalan Sekulerisme Bertentangan dengan• masalah dunia hanya “Aku tidak menciptakan jin dan manusia Melainkan agar merekabisa di selesaikan oleh beribadah Kepadaku”.(QS.Adzotak dzariat:56)•Mengtuhankan otak•Mendewa-dewakankemajuan fisik semataMengabaikan•pembangunan mental “Dan sembahlah Tuhan-Mu sampaispiritual (Aspek ibadah) Yakin (ajal) datang kepada-Mu”.keimanan terhadap (QS.Al hijr:99)agama.
  6. 6. Contoh kegagalan sekulerismeNegara Tunisia*jarang terdapat mesjid *jarang ada warganya yang melaksanakan shalat Padahal di Tunisia terdapat Universitas islam yaitu Zaitunah yang lebih tua dari dari al azhar (mesir) Negara islam yang terdapat banyak ulama, tetapi sistem keislamannya tidak berjalan dengan baik.
  7. 7. Kegagalan sosialisme Ajaran atau paham kenegaraan danekonomi yang berusaha supaya hartabenda, industri dan perusahaan menjadi miliknegara.
  8. 8. Penghapusan kepemilikan swasta secara keseluruhan maupun sebagian Persamaan kedudukan manusia tanpa memandang potensi dan kapasitas Prinsip mereka dasarsosialisme Pemberian limit kebebasan kepemili- kan pihak swasta dan melarang keluar dari ideologi pemaksaan negara ter- hadap kebijaksanaan perekonomian
  9. 9. Contoh kegagalan sosialisme Dari persamaan kedudukan manusia antara laki-laki dan perempuan (persamaan gender):*Mikheil Gorbacheu, pemimpin era komunisme Uni Soviet membeberkan fakta bahwa kegagalan sosialisme antara lain dipicu karena masuknya perempuan dalam sektor publik. Sektor publik yang dimaksud adalah bidang pekerjaan kasar, yang lebih pantas dilakukan oleh laki-laki ketimbang perempuan Hal ini harus di bayar mahal dengan rapuhnya send- sendi di harmonsasi keluarga. Puncaknya bak bom waktu, Uni Soviet yang digdaya itu harus terpecah.
  10. 10. Syahid:apakah umat islam disana merasa terganggu dengan keadaan tersebut? bagaimana solusi untuk mengatasi persamaan gender?Fajar:kenapa sekulerisme disebut kegagalan?Mukhlis:seberapa jauh sekulerisme berkembang di indonesia, bagaimana solusinya?
  11. 11. Adit:tokoh-tokoh sekulerisme di indonesia?Eful:bagaimana islam menanggapi tentang pernyataan bahwa sudah tdk relevan untuk zaman sekarang.Suryanto:Bagaimana menanggapi persamaan gender yang telah di rancang kan oleh undang- undang? Bagaimana peran pemuda islam dalam menanggapi paham sekulerisme.

×