Definisi Bioteknologi I

4,145 views

Published on

PPT ini merupakan salah satu materi kuliah BIOTEKNOLOGI yang ditulis oleh Trianik Widyaningrum, M.Si. (dosen Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta).

Butuh lebih banyak materi biologi..???
http://belajar-di-rumah.blogspot.com/

Published in: Education
2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
4,145
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Definisi Bioteknologi I

  1. 1. cabang ilmu yang mempelajaripemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain)maupun produk dari makhluk hidup(enzim, alkohol) dalam prosesproduksi untuk menghasilkanbarang dan jasa.
  2. 2.  perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular , mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh, di bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir, roti, maupun keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19,
  3. 3.  pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian, serta pemuliaan dan reproduksi hewan. Di bidang medis, penerapan bioteknologi di masa lalu dibuktikan antara lain dengan penemuan vaksin, antibiotik, dan insulin walaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat proses fermentasi yang tidak sempurna. Perubahan signifikan terjadi setelah penemuan bioreaktor oleh Louis Pasteur. Dengan alat ini, produksi antibiotik maupun vaksin dapat dilakukan secara massal.
  4. 4.  Pada masa ini, bioteknologi berkembang sangat pesat, terutama di negara negara maju. Kemajuan ini ditandai dengan ditemukannya berbagai macam teknologi misalnya rekayasa genetika, kultur jaringan, rekombinan DNA, pengembangbiakan sel induk, kloning, dan lain-lain. Teknologi ini memungkinkan untuk memperoleh penyembuhan penyakit- penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti kanker ataupun AIDS.
  5. 5.  Di bidang pangan, dengan menggunakan teknologi rekayasa genetika, kultur jaringan dan rekombinan DNA, dapat dihasilkan tanaman dengan sifat dan produk unggul karena mengandung zat gizi yang lebih jika dibandingkan tanaman biasa, serta juga lebih tahan terhadap hama maupun tekanan lingkungan. Penerapan bioteknologi di masa ini juga dapat dijumpai pada pelestarian lingkungan hidup dari polusi. Sebagai contoh, pada penguraian minyak bumi yang tertumpah ke laut oleh bakteri, dan penguraian zat-zat yang bersifat toksik (racun) di sungai atau laut dengan menggunakan bakteri jenis baru.
  6. 6.  Produk bioteknologi, antara lain:  * Jagung resisten hama serangga * Kapas resisten hama serangga * Pepaya resisten virus * Enzim pemacu produksi susu pada sapi * Padi mengandung vitamin A * Pisang mengandung vaksin hepatitis Perbaikan kualitas makanan dan Tanaman Sejak dahulu kala, petani selalu berkeinginan untuk meningkatkan kualitas dan jumlah panen tanaman pangan melalui seleksi tanaman dan persilangan. Dengan menambahkan gen (atau beberapa gen) melalui modifikasi genetik, perubahan bermanfaat dapat dihasilkan atas tanaman pangan. Contohnya adalah:
  7. 7.  Minyak kelapa sawit yang berdaya hasil tinggi. Kentang dan tomat dengan kandungan padatan yang lebih tinggi, menjadikan keduanya lebih cocok sebagai makanan olahan. Tomat, squash, dan kentang dengan kandungan nutrisi seperti vitamin A, C dan E yang lebih tinggi. Jagung dan kedelai yang mengandung lebih banyak asam amino esensial. Minyak biji-bijian dengan lebih sedikit lemak jenuh. Strawberi dengan peningkatan kandungan bahan alamiah yang sedang diteliti mampu melawan kanker. Tanaman yang mampu tumbuh pada suhu amat dingin.
  8. 8.  Proses perubahan sifat biologis pada individu pada suatu spesies biasanya dapat dilihat melalui proses breeding. Hal tersebut sangat berbeda dengan perubahan sifat yang terjadi melalui proses bioteknologi. Proses bioteknologi dapat menyebabkan perubahan individu tanpa harus melakukan perkawinan silang, tetapi melalui transfer gen dari suatu organisme ke organisme lain dengan prosedur khusus. Prosedur khusus tersebut adalah rekayasa genetik (Genetic Engineering).
  9. 9.  DNA - Deoxyribonucleic acid (asam deoksiribonukleat), sebuah senyawa dari deoxyribosa (gula), asam fosfat dan basa nitrogen. Setiap molekul DNA terdiri atas dua helai dalam bentuk pilinan ganda. DNA bertanggung jawab atas pewarisan informasi genetik dari satu generasi ke selanjutnya.
  10. 10.  Gen - Satu bagian dari kromosom yang berisi informasi genetik bagi produksi suatu protein. Kromosom - bagian dari sel yang tersusun atas molekul protein dan DNA yang panjang dan berlipat-lipat. Plasmid - Selingkar DNA kecil yang ditemukan di luar kromosom bakteri. Plasmid dapat digunakan sebagai perangkat untuk memasukkan materi genetik baru ke dalam mikroorganisme atau tanaman.
  11. 11.  Silang balik - Satu teknik yang dipakai untuk menghilangkan sifat-sifat yang tidak diinginkan dari tanaman hasil silangan baru. Tanaman silangan ini dikawinkan dengan tanaman sekerabat yang tidak memiliki sifat yang tidak diinginkan ini dengan tujuan menghilangkan sifat ini dari keturunannya. Umumnya, silang balik butuh persilangan selama beberapa generasi karena tanaman hasil silangan baru biasanya mempunyai banyak sifat-sifat yang tidak dikehendaki.
  12. 12.  Gen penanda tahan antibiotik - Gen yang menghasilkan protein yang menjadikan hanya tanaman yang mempunyai gen tersebut mampu tumbuh pada tempat yang mengandung antibiotik tertentu. Agrobakterium - bakteri alami yang dapat digunakan untuk memindahkan DNA (gen) ke dalam sel tanaman.

×