Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Aneh tapi mencengangkan !!!!!!!!!!

129 views

Published on

MENULIS FEATURE PENGALAMAN GURU

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Aneh tapi mencengangkan !!!!!!!!!!

  1. 1. ANEH,TAPI MENCENGANGKAN Sembilan tahun yang lalu, tepatnnya bulan Juli tahun 2006 adalah awal tahun pembelajaran baru bagi saya mengajar di kelas IV SD, dimana sekolah tempat saya mengabdi sekarang. Awal tahun ajaran merupakan peralihan peserta didik dari kelas rendah ke kelas tinggi. Sama halnya dengan guru lain, menghadapi peserta didik dengan berbagai macam karakter yang berbeda-beda adalah hal biasa. Namun kali ini ada yang berbeda diantara 35 orang peserta didik yang saya hadapi di kelas, terdapat satu orang yang menarik perhatian. Ketika penyampaian materi pembelajaran berlangsung didalam kelas tingkahnya lain dari peserta didik kebanyakan. Dia Asyik...sendiri, pandangannya hanya tertuju pada pensil ditangannya sambil memainkan pensil tersebut dari mulutnya terdengar suara nng..nng, laksana suara pesawat terbang. Sangat mengganggu suasana kelas dan peserta didik lain yang sedang mengikuti pelajaran dengan seksama. Sesekali saya menegur dan mengalihkan perhatiannya supaya fokus pada pelajaran. Andri..... begitu sapaan saya kepadanya, perhatikan dulu nak ! nanti istirahat baru bermain. Spontan Andri pun menjawab iya pak !... Akan tetapi kegiatan itu kembali dilakukan secara berulang-ulang. Manusiawi jika seorang pendidik berada dalam situasi seperti ini, mudah marah karena merasa tidak diperhatikan dan tidak dihargai saat menyampaikan materi ajar. Sebagai seorang guru membutuhkan kesabaran ekstra dan strategi yang jitu ketika menghadapi anak semacam ini. Teng ....teng....Saatnya bel istirahat berbunyi pertanda kegiatan belajar mengajar untuk sementara dihentikan.Seluruh peserta didik keluar dari kelasnya masing-masing Andri pun demikian langsung menuju kantin sekolah, lalu membeli jajanan favoritnya yakni mie goreng dan sosis. Tak lama kemudian ia pun kembali kedalam kelas sambil membawa makanan yang sudah dibelinya. Makanan yang sudah dibeli tadi dilahapnya dengan nikmat mm..mm......ma’yus , ujar Andri sembari tangan kirinya asyik memainkan mobil-mobilan yang dibawa dari rumahnya. Dari kejauhan tampak seorang temannya berlari masuk kedalam kelas tanpa sengaja menyenggol bangku tempat mainannya diletakkan. Prakk...bunyi bangku yang dipukul Andri...rupanya dia marah dan tidak bisa kontrol emosinya. Kebetulan saat itu saya berada di dalam kelas. Saya pun berusaha menenangkannya dengan memberikan penjelasan kalau temannya tidak sengaja, lalu memerintahkan temannya untuk minta maaf kepadanya.
  2. 2. Teng..teng... bel berbunyi. Peserta didik berlarian masuk kedalam kelas. Kali ini saya mengajarkan pelajaran matematika. Kegiatan yang sama pada saat pembelajaran pertama masih dilakukan Andri bukan pensilnya lagi dimainkan melainkan mainan yang dibawa dari rumahnya. Saya pun mengambil mainannya,lalu mengarahkanya untuk fokus pada pelajaran. Memang saya mengakui keakuratan menghitung Andri selalu tepat, tapi ada yang aneh dia tidak menggunakan teknik penyelesaian matematika, namun menghitung sesuai dengan keinginannya tanpa bisa menuangkan dalam tulisan. Anak seperti ini kalau diikutkan dalam olimpiade matematika sangat tepat dengan syarat harus dibina dengan baik karena memiliki kemampuan eksplorasi yang tinggi. Manusiawi jika seorang pendidik berada dalam situasi seperti ini, mudah marah karena merasa tidak diperhatikan dan tidak dihargai saat menyampaikan materi ajar. Sebagai seorang guru membutuhkan kesabaran ekstra dan strategi yang jitu ketika menghadapi anak semacam ini. Diakhir pembelajaran saya melakukan penguatan ( evaluasi ) terhadap seluruh peserta didik tidak terkecuali Andri pun mengikuti evaluasi sama seperti teman-temannya yang lain. Awal saya mengoreksi jawaban mereka normal-normal saja, tiba pada tulisan tinta berwarna biru satu per satu jawaban saya koreksi, Wow...................excellent, luar biasa, itulah kata- kata yang keluar dari bibir ini sambil merinding seakan – akan tidak percaya tapi itulah fakta dan realita . Selama saya mengajar baru kali ini menemukan anak yang luar biasa tidak fokus, tapi mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar,perfect sekali. Makin penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam lagi sosok anak tersebut yang menurut saya memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang akademik. Andriawan adalah nama lengkapnya terlahir dari seorang bapak dan ibu yang profesinya penjual bunga, bertempat tinggal di Jln. Ahmad Yani Bontang Kalimantan Timur. Kesehariannya tidak berbeda jauh dengan anak seusia dia, pulang sekolah sholat dzhuhur, makan, tidur siang, pergi ngaji. Bermain merupakan kegiatan yang dominan dilakukannya. Saat bermain tidak suka kalau ditemani. Dia maunya bermain sendiri, mungkin dengan menyendiri memberikan ruang untuk dirinya berfantasi. Belajar pun jarang ia lakukan, hanya sekali – kali saja, tapi memiliki kemampuan dan IQ diatas rata-rata. Semua manusia ini diciptakan dalam keadaan cerdas, pintar, pandai, tidak ada manusia yang bodoh, Yakini dan Percayalah akan hal itu Karena Tuhan Maha Adil.
  3. 3. Setiap individu memiliki perbedaan kemampuan, ternyata hal tersebut juga berlaku pada kecerdasan. Kecerdasan merupakan kemampuan dalam memecahkan suatu persoalan serta menciptakan suatu produk dengan berbagai sudut pandang dan terjadi dalam kondisi yang nyata. Hal ini diungkapkan oleh Psikolog terkenal Prof. Howard Gardner, berangkat dari hal tersebut tentu akan ada banyak manfaat jika dapat mengetahui macam-macam tipkecerdasan. Baik nantinya akan digunakan sebagai pengetahuan untuk dapat mengoptimalkan kemampuan diri atau sebagai profesi seperti pendidik yang tentu perlu memahami kelebihan dan kekurangan peserta didiknya. Menurut Prof. Howard Gardner kecerdasan itu ada delapan diantaranya kecerdasan linguistik, matematika atau logika, visual dan spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, natural.Dari kedelapan kecerdasan yang diungkapkan oleh Prof. Howard Gardner, Andriawan memiliki dua diantara delapan kecerdasan tersebut yakni kecerdasan matematika atau logika dan kecerdasan visua atau spasial.Sungguh luar biasa anugerah Tuhan yang diberikan kepada hamba-Nya.

×