Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ta'rif Hizbut Tahrir

5,220 views

Published on

Tak kenal maka tak sayang.

Published in: Education
  • Dating direct: ❤❤❤ http://bit.ly/2Qu6Caa ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Dating for everyone is here: ♥♥♥ http://bit.ly/2Qu6Caa ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Ta'rif Hizbut Tahrir

  1. 1. ‫التحرير‬ ‫حزب‬ ‫تعريف‬ An International Islamic Political Party Mengenal HIZBUT TAHRIR
  2. 2. ‫التحرير؟‬ ‫حزب‬ ‫هو‬ ‫ما‬ APA ITU HIZBUT TAHRIR ?
  3. 3. Hizbut Tahrir lahir pada tahun 1953 di Al Quds (Baitul Maqdis), Palestina. Gerakan ini didirikan oleh Syaikh Taqiyyuddin An Nabhani, seorang ulama lulusan Al Azhar Mesir, dan pernah menjadi hakim di Mahkamah Syariah Palestina.
  4. 4. Hizbut Tahrir adalah sebuah partai politik yang berideologi Islam. Politik merupakan kegiatannya, dan Islam adalah ideologinya. Hizbut Tahrir bergerak di tengah-tengah umat, dan bersama-sama mereka berjuang untuk menjadikan Islam sebagai permasalahan utamanya, serta membimbing mereka untuk mendirikan kembali sistem Khilafah dan menegakkan hukum yang diturunkan Allah dalam realitas kehidupan. .
  5. 5. ‫التحرير‬‫حزب‬ ‫قيام‬‫أسباب‬ LATAR BELAKANG HIZBUT TAHRIR
  6. 6. Hizbut Tahrir didirikan dalam rangka memenuhi seruan Allah SWT: ُ‫ر‬ُ‫م‬ْ‫أ‬َ‫ي‬ َ‫و‬ ِّ‫ْر‬‫ي‬َ‫خ‬ْ‫ال‬ ‫ى‬َ‫ل‬ِّ‫إ‬ َ‫ون‬ُ‫ع‬ْ‫د‬َ‫ي‬ ٌ‫ة‬َّ‫م‬ُ‫أ‬ ْ‫م‬ُ‫ك‬‫ن‬ِّ‫م‬ ‫ن‬ُ‫ك‬َ‫ت‬ْ‫ل‬ َ‫و‬‫ن‬ُ‫م‬ْ‫ال‬ ِّ‫ن‬َ‫ع‬ َ‫ن‬ ْ‫و‬َ‫ه‬ْ‫ن‬َ‫ي‬ َ‫و‬ ِّ‫وف‬ُ‫ر‬ْ‫ع‬َ‫م‬ْ‫ال‬ِّ‫ب‬ َ‫ون‬ِّ‫ر‬َ‫ك‬ َ‫ون‬ُ‫ح‬ِّ‫ل‬ْ‫ف‬ُ‫م‬ْ‫ال‬ ُ‫م‬ُ‫ه‬ َ‫ك‬ِّ‫ئ‬‫ـ‬َ‫ل‬ ْ‫و‬ُ‫أ‬ َ‫و‬ “Dan Hendaklah ada di antara kalian sekelompok orang yang menyeru kepada kebaikan, memerintahkan kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah orang- orang yang beruntung“ (QS. Al-Imran : 104)
  7. 7. Hizbut Tahrir bermaksud membangkitkan kembali umat Islam dari kemerosotan yang amat parah, membebaskan umat dari ide-ide, sistem perundang-undangan, dan hukum-hukum kufur, serta membebaskan mereka dari cengkeraman dominasi dan pengaruh negara-negara kafir Hizbut Tahrir bermaksud juga membangun kembali Daulah Khilafah Islamiyah di muka bumi, sehingga hukum yang diturunkan Allah Swt dapat diberlakukan kembali.
  8. 8. ‫التحرير‬ ‫حزب‬ ‫غاية‬ TUJUAN HIZBUT TAHRIR
  9. 9. Melanjutkan kehidupan Islam. Tujuan ini berarti mengajak kaum muslimin kembali hidup secara Islami dalam Daulah Islamiyah dan masyarakat Islam, dimana seluruh kegiatan kehidupannya diatur sesuai dengan hukum-hukum syara’.
  10. 10. ‫التحرير‬ ‫حزب‬‫طريقة‬ METODE DAKWAH HIZBUT TAHRIR
  11. 11. Metode yang ditempuh Hizbut Tahrir dalam mengemban dakwah adalah hukum-hukum syara’ yang diambil dari metode dakwah Rasulullah SAW. Yaitu gerakan untuk Merubah Pemikiran, Perasaan dan Tingkah laku Manusia dari Jahiliah kepada Islam hingga terbentuk Masyarakat Islam dalam sebuah Daulah Islamiyyah
  12. 12. FASE MAKKAH FASE MADINAH 13TAHUN 10TAHUN DAKWAH TERBUKADAKWAH SIRRIYYAH hijrah I. TAHAPAN PEMBINAAN PEMBENTUKAN KELOMPOK DAKWAH • Membangun kepribadian Islam pada diri kadae dakwah • Membentuk kader & kelompok dakwah • Memperbanyak anggota dakwah • Rasulullah saw membina para shahabat di rumah al-Arqam • Rasulullah saw mengajari para shahabat sholat dan membaca al-Quran II. TAHAPAN BERINTERKASI DENGAN MASYARAKAT III. TAHAPAN PENYERAHAN KEKUASAAN • Rasulullah menyampaikan dakwah terang- terangan, menyerang keyakinan dan sistem kufur, beserta pendukung-pendukungnya • Menanamkan ideologi ke tengah-tengah masyarakat • Menyerang seluruh keyakinan dan sistem masyarakat yang rusak • Mengungkap makar musuh-musuh Islam dan antek-anteknya • Rasulullah menegakkan Daulah Islam di Madinah • Menegakkan pemerintahan Islam dengan cara membai’at seseorang yang akan menduduki jabatan Khilafah • Menerapkan hukum Islam di dalam negeri dengan syamil dan kamil, mengemban dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia THALABUNAN-NUSHRAH DAKWAH MUSH’AB BIN UMAIR KE YASTRIB/MADINAH ‫التثقيف‬ ‫مرحلة‬ ‫األمة‬ ‫مع‬ ‫التفاعل‬ ‫مرحلة‬ ‫الحكم‬ ‫استالم‬ ‫مرحلة‬
  13. 13. 3 METODE DAKWAH : 1. Tahap Pembinaan / ‫التثقيف‬ ‫مرحلة‬ 2. Tahap Interaksi dengan Umat / ‫األمة‬ ‫مع‬ ‫التفاعل‬ ‫مرحلة‬ 3. Tahap Penyerahan Kekuasaan / ‫الحكم‬ ‫استالم‬ ‫مرحلة‬ Membentuk kader-kader yang mempercayai pemikiran dan metode hizbut tahrir, dalam rangka pembentukan kerangka tubuh partai. Agar umat turut memikul kewajiban dakwah islam, hingga umat menjadikan islam sebagai permasalahan utamanya, agar umat berjuang untuk mewujudkannya dalam realitas kehidupan Dilaksanakan untuk menerapkan islam secara menyeluruh dan mengemban risalah islam ke seluruh dunia.
  14. 14. ‫التحرير‬‫حزب‬ ‫في‬‫العضوية‬ KEANGGOTAAN HIZBUT TAHRIR
  15. 15. 1. Hizbut Tahrir menerima keanggotaan setiap orang Islam, baik laki-laki maupun wanita, tanpa memperhatikan lagi apakah mereka keturunan Arab atau bukan, berkulit putih ataupun hitam. 2. Hizbut Tahrir adalah sebuah partai untuk seluruh kaum muslimin dan menyeru mereka untuk mengemban dakwah Islam serta mengambil dan menetapkan seluruh aturan-aturan Islam, tanpa memandang lagi kebangsaan, warna kulit, maupun madzhab mereka. Hizbut Tahrir melihat semuanya dari pandangan Islam.
  16. 16. 3. Cara mengikat individu-individu ke dalam Hizbut Tahrir adalah dengan memeluk Aqidah Islamiyah, matang dalam Tsaqafah Hizbut Tahrir, serta mengambil dan menetapkan ide-ide dan pendapat-pendapat Hizbut Tahrir. Dia sendirilah yang mengharuskan dirinya menjadi anggota Hizbut Tahrir, setelah sebelumnya ia melibatkan dirinya dengan (pembinaan dan aktivitas dakwah) Hizbut Tahrir; ketika dakwah telah berinteraksi dengannya dan ketika dia telah mengambil dan menetapkan ide-ide serta persepsi-persepsi Hizbut Tahrir. Jadi ikatan yang dapat mengikat anggota Hizbut Tahrir adalah Aqidah Islamiyah dan Tsaqafah Hizbut Tahrir yang terlahir dari aqidah ini. 4. Halaqah-halaqah (pembinaan) wanita dalam Hizbut Tahrir terpisah dengan halaqah laki-laki. Yang memimpin halaqah-halaqah wanita adalah para suami, mahramnya, atau para wanita.
  17. 17. ‫التحرير‬ ‫حزب‬ ‫الفكرة‬ ‫اساس‬ LANDASAN PEMIKIRAN HIZBUT TAHRIR
  18. 18. Dalam dakwahnya Hizbut Tahrir menetapkan ide, pendapat, dan hukum yang berkaitan dengan fikrah dan thariqah. Semuanya bersumber dari Islam (Al Quran, As Sunnah, Ijma’ Sahabat, dan Qiyas)
  19. 19. DIANTARA PEMIKIRAH, HUKUM DAN PENDAPAT TERTUANG DALAM KITAB MUTABANAT: •DST.. •1-‫اإلسالم‬ ‫نظام‬ ‫كتاب‬. •2-‫اإلسالم‬ ‫يف‬ ‫احلكم‬ ‫نظام‬ ‫كتاب‬. •3-‫اإلسالم‬ ‫يف‬ ‫االقتصادي‬ ‫النظام‬ ‫كتاب‬. •4-‫اإلسالم‬ ‫يف‬ ‫االجتماعي‬ ‫النظام‬ ‫كتاب‬. •5-‫احلزيب‬ ‫التكتل‬ ‫كتاب‬. •6-‫ير‬‫ر‬‫التح‬ ‫حزب‬ ‫مفاهيم‬ ‫كتاب‬. •7-‫اإلسالمية‬ ‫الدولة‬ ‫كتاب‬. •8-‫أ‬ ‫ثالثة‬ ‫يف‬ ‫اإلسالمية‬ ‫الشخصية‬ ‫كتاب‬‫اء‬‫ز‬‫ج‬. •9-‫ير‬‫ر‬‫التح‬ ‫حلزب‬ ‫سياسية‬ ‫مفاهيم‬ ‫كتاب‬. •10-‫ير‬‫ر‬‫التح‬ ‫حلزب‬ ‫سياسية‬ ‫ات‬‫ر‬‫نظ‬ ‫كتاب‬.
  20. 20. PEMIKIRAH, HUKUM DAN PENDAPAT TERTUANG DALAM KITAB MUTABANAT:
  21. 21. PEMIKIRAH, HUKUM DAN PENDAPAT TERTUANG DALAM KITAB MUTABANAT:
  22. 22. PEMIKIRAH, HUKUM DAN PENDAPAT TERTUANG DALAM KITAB MUTABANAT:
  23. 23. KARAKTER DAKWAH HIZBUT TAHRIR
  24. 24. • Fikriyah (melalui perubahan pemikiran) • Siyasiyah (politis, karena akar masalah umat adalah persoalan politik) • Jamaiyyah (diorganisasi dengan sistem dan kepemimpinan khas jamaah) • La maddiyah (non kekerasan, tapi bukan berarti tidak mengajarkan jihad –ingat bukan teroris- ) • Asasiyah (mendasar) untuk penyelesaian menyeluruh • Alamiyah (universal), maka networking HT ada di seluruh dunia • DAKWAH SEPERTI INI PERLU WAKTU, KESABARAN DAN ISTIQAMAH
  25. 25. MEDIA DAKWAH HIZBUT TAHRIR
  26. 26. WEBSITE RESMI HTI : WWW.HIZBUT-TAHRIR.OR.ID
  27. 27. JURNAL AL-WAIE TERBIT TIAP BULAN TABLOID MEDIA UMMAT TERBIT 2 X/BULAN BULETIN AL-ISLAM TERBIT TIAP HARI JUM’AT
  28. 28. https://www.youtube.com/watch?v=Oi0BG-dwbz0
  29. 29. https://www.youtube.com/watch?v=vJcjmn18Hzs
  30. 30. DPD II HIZBUT TAHRIR INDONESIA KOTA PROBOLINGGO Majelis I’tikaf Ramadalan 1437 H Indra Fakhruddin (Humas DPD II HTI Probolinggo) Masjid Al-Kubro , 27 Ramadlan 1437 H/ 1 Juli 2016

×