Perkembangan ilmu administrasi

19,605 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Perkembangan ilmu administrasi

  1. 1. Perkembangan Ilmu Administrasi Oleh: Musbahaeri, S.Pd.I, M.Pd.I
  2. 2. Pengantar Charles A. Beard (sejarawan politik Amerika): “Tidak ada satu hal untuk abad modern sekarang ini yang lebih penting dari administrasi. Kelangsungan hidup pemerintahan yang beradab dan malahan kelangsungan hidup dari peradaban itu sendiri akan sangat tergantung atas keampuan kita untuk membina dan mengembangkan suatu filsafat administrasi yang mampu memecahkan masalah-masalah masyarakat modern”
  3. 3.  Nabi Muhammad SAW.: “Jika kamu melakukan suatu perjalanan yang terdiri dari tiga orang atau lebih maka tunjuklah salah seorang di antaranya sebagai amir (pemimpin).” Ali bin Abi Thalib: “Kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir”
  4. 4. 1. Perkembangan Administrasi dan Manajemen sebagai Seni Tahap Prasejarah Tahap Sejarah Zaman Modern
  5. 5. 2. Perkembangan Administrasi dan Manajemen sebagai Ilmu Pengetahuan1) Tahap Survival2) Tahap Konsolidasi dan Penyempurnaan3) Tahap Human Relations4) Tahap Behaviouralisme
  6. 6. Hubungan ilmu administrasidengan ilmu-ilmu lainnya Ilmu Hukum Ilmu ekonomi Ilmu Politik Sejarah Sosiologi Antropologi Etnologi Ilmu jiwa Statistik Informatika Ilmu agama
  7. 7. Tahap Prasejarah Zaman Mesopotamia Menggunakan logam sebagai alat tukar menukar Zaman Babylonia Adanya taman gantung yang menurut sebagian orang belum ada yg dapat menandinginya Mesir kuno Tulisan Mesir kuno yg dapat dibaca, Pyramid, Papirus, dll. Tongkok kuno Sistem administrasi kepegawaian yg sangat baik. Romawi kuno Tugas-tugas pemerintah dibagi dalam departemen- departemen Yunani kuno Konsep demokrasi
  8. 8. Tahap Sejarah (1 – 1886 M) Sejarah umum - Struktur oranisasi gereja katolik Roma - Munculnya sarjana-sarjana ekonomi yang mengkaji pentingnya administrasi - Revolusi Industri Sejarah Islam - Sejarah Nabi Muhammad SAW., Sejarah penetapan hukum Islam, Kemajuan Islam masa Nabi, Khulafaurrasyidin, Bani Umayyah, Bani Abbasiyah.
  9. 9. Zaman Modern (1886-sekarang) Gerakan manajemen ilmiah yang dipelopori oleh Frederick Winslow Taylor di Amerika Serikat tahun 1886. Taylor sbg seorang sarjana pertambangan, yang bekerja pada Midvale Steel Company di Philadelpia mulai mengadakan penyelidikan- penyelidikan dalam rangka usahanya mempertinggi efisiensi perusahaan dan meningkatkan produktivitas para pekerja. Taylor memperhatikan bahwa efisiensi perusahaan tidak terlalu tinggi dan produktivitas buruh rendah karena terlalu banyaknya waktu dan gerak-gerik kaum buruh yang tidak produktif.
  10. 10.  Henri Fayol, sarjana pertambangan dari Prancis Henri Fayol bekerja di suatu perusahaan tambang yang hampir saja mengalami kehancuran. Dia pun melakukan penyelidikan atas penyebab dan menemukan bahwa unsur pimpinan yang tidak mampu menggunakan sumber-sumber yang tersedia untuk mencapai tujuan perusahaan. Henry pun berhasil menyelamatkan perusahaan itu.
  11. 11. Perkembangan Administrasi danManajemen sebagai IlmuPengetahuan Ilmu Pengetahuan: suatu obyek ilmiah yang memiliki sekelompok prinsip, dalil dan rumus yang melalui percobaan-percobaan yang sistematis yang dilakukan berulang kali telah teruji kebenarannya, prinsip-prinsip , dalil-dalil dan rumus-rumus mana dapat diajarkan dan dipelajari.
  12. 12. Pencabangan Ilmu-ilmuPengetahuan
  13. 13. Pencabangan Ilmu Administrasi Manajemen, adm. Kepegawaian, adm. Administrasi Negara Keuangan, adm. Perkantoran, kepemimpinan, dsb. Manajemen, manajemen produksi, industrial Ilmu administrasi Admnistrasi Niaga relation, business education, traffic management, dsb. Administrasi Pendidikan
  14. 14. Administrasi Pendidikan? Manajemen Kepemimpinan Adm. Kurikulum Admnistrasi Adm. Pendidikan Kesiswaan Adm. Kepegawaian Adm. Keuangan Dsb.
  15. 15. Tahap Survival (1886-1930) Tahap memperjuangkan diakuinya ilmu administrasi dan manajemen sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan.
  16. 16. Tahap Konsolidasi danPenyempurnaan (1930-1945) Dalam jangka waktu ini prinsip-prinsip, rumus-rumus, dan dalil-dalil ilmu administrasi dan manajemen lebih disempurnakan sehingga kebenarannya tidak dapat dibantah lagi. Lembaga Pendidikan Tinggi sudah membuka jurusan Ilmu Administrasi dan Manajemen.
  17. 17. Tahap Human Relations (1945-1959) Perhatian para ahli beralih kepada faktor manusia serta hubungan formal dan informal apa yang perlu diciptakan, dibina, dan dikembangkan oleh dan antar manusia pada semua tingkatan organisasi demi terlaksananya kegiatan- kegiatan yang harus dilaksanakan dalam suasana yang intim dan harmonis.
  18. 18. Tahap Behaviouralisme Penyelidikan terhadap tindak- tanduk manusia dalam kehidupan berorganisasi dan apa alasan- alasan mengapa manusia itu bertindak demikian.
  19. 19. Ilmu Hukum Ilmu pengetahuan yang mempelajari norma-norma dan kaidah-kaidah yang hidup di dalam masyarakat. Taat hukum = administrasi berjalan baik
  20. 20. Ilmu Ekonomi Ilmu yang mempelajari kebutuhan manusia yang selalu tidak terbatas dengan alat-alat pemuasan yang selalu terbatas. Tujuan organisasi tidak terbatas dengan sumber-sumber yg terbatas.
  21. 21. Ilmu Politik Suatu ilmu yang mempelajari percaturan kekuatan dan kekuasaan dalam masyarakat. Leonard D. White: “Apabila politik berakhir, administrasi pun mulai”.
  22. 22. Ilmu Sejarah Ilmu yang mempelajari seluruh tindakan manusia di masa-masa yang lalu. Menarik pelajaran dari pengalaman kegiatan administrasi masa lalu
  23. 23. Sosiologi Ilmu yang mempelajari tata bermasyarakat. Administrasi berdarma bakti kepada masyarakat.
  24. 24. Antropologi Mempelajari tindak-tanduk individu dalam masyarakat. Manusia adalah hal terpenting dalam organisasi
  25. 25. Etnologi Ilmu yang mempelajari sifat, kebudayaan dan adat istiadat suatu bangsa. Penting mengetahui budaya suatu bangsa untuk bisa memotivasi mereka dalam organisasi
  26. 26. Ilmu Jiwa Ilmu yang mempelajari kejiawaan seseorang. Penting untuk mengetahui cara memberi motivasi kepada seseorang.
  27. 27. Statistik Ilmu tentang data dan angka-angka hasil penelitian. Administrator butuh data untuk pengambilan keputusan
  28. 28. Informatika Ilmu yang mempelajari tentang penanganan informasi melalui teknologi komputer Administrasi perlu informasi yang cepat dalam pengambilan keputusan. Komputer mampu mengolah data dengan cepat.
  29. 29. Ilmu Agama Ilmu yang mempelajari tentang pedoman hidup manusia supaya bisa menjadi manusia yang taat beribadah dan berbudi pekerti luhur. Ilmu administrasi harus dikembangkan dengan itikad baik untuk tujuan kemaslahatan manusia.

×