Turbo Shaft

1,077 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,077
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
23
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Turbo Shaft

  1. 1. Turbo Shaft 1. 2. 3. 4. 7 Muhammad Raihan Ardianto (25) Muhammad Radja Brojas (26) Mukhamad Mardiansyah (27) Noval Putra Sanjaya (28) XI AP-1
  2. 2. Definisi Sebuah mesin turboshaft adalah bentuk turbin gas yang dioptimalkan untuk menghasilkan daya poros, daripada dorong jet. Pada prinsipnya, mesin turboshaft mirip dengan turbojet, dengan ekspansi turbin tambahan untuk mengekstrak energi panas dari knalpot dan mengubahnya menjadi daya keluaran poros. Mesin Turboshaft sebenarnya adalah mesin turboprop tanpa baling-baling. Power turbin-nya dihubungkan langsung dengan reduction gearbox atau ke sebuah shaft (sumbu) sehingga tenaganya diukur dalam shaft horsepower (shp) atau kilowatt (kW).
  3. 3. Definisi Mesin turboshaft biasanya digunakan dalam aplikasi yang memerlukan output daya yang tinggi, kehandalan tinggi, ukuran kecil, dan ringan. Ini termasuk helikopter, perahu dan kapal, tank, hovercraft, dan peralatan stasioner, ada juga sepeda motor yang menggunakan mesin ini yaitu : suzuki turbo hayabusa
  4. 4. Bagian-Bagian Turboshaft Compressor adalah bilah bilah fan yang semakin rapat dan berputar untuk menkompressi udara supaya dapat naik suhunya dan dapat bercampur dengan fuel di Combustion Chamber.
  5. 5. Bagian-Bagian Turboshaft Combustion Chamber adalah tempat dimana terjadinya pembakaran dari hasil pencampuran (mixture) Fuel dan Udara untuk menghasilkan daya dorong.
  6. 6. Bagian-Bagian Turboshaft Exhaust atau Thrust nozzle berfungsi untuk membuang hasil pembakaran dan menghasilkan daya dorong dari thrust nozzle yang berbentuk pipa venture.
  7. 7. Bagian-Bagian Turboshaft Shaft berfungsi sebagai penghubung antara Comressor Thrust nozzle, dan gear box.
  8. 8. Bagian-Bagian Turboshaft Gearbox berfungsi sebagai pengubah posisi gerak dari shaft yang menghadap ke depan mendorong ke belekang menjadi untuk menggerakan main Rotor, dan tail rotor sehingga dapat mengangkat helicopter tersebut.
  9. 9. Bagian-Bagian Turboshaft Main rotor adalah rotor utama yang berfungsi manghasilkan gaya lift pada helicopter dari putaran blade tersubut. Serta sebagai sudut mengatur posisi maju helicopter tersebut.
  10. 10. Bagian-Bagian Turboshaft Tail Rotor atau Rotor pengikut berfungsi sebagai penyeimbang dan kendali Yawing belok kanan kiri Helicopter tersebut.
  11. 11. Perbedaan Turbo Shaft & Turbo Prop Main Rotor Compressor Gear Box Combustion Chamber Exhaust
  12. 12. Perbedaan Turbo Shaft & Turbo Prop Propeller Shaft Compressor Combustion Chamber Exhaust
  13. 13. Kelebihan Turbo Shaft • • • • • Kecepatannya lebih cepat dari helicopter yang menggunkan piston Engine Suaranya lebih halus dan nyaman Gaya thrust dari mesin turbin dapat dijadikan sebagai gaya dorong Dapat taxi dengan sendirinya dengan gaya dorong dari engine Helicopter lebih stabil
  14. 14. Kelemahan Turbo Shaft • • • Lebih Boros bahan bakar Biaya perawatan lebih mahal Lebih Berat dari pada Helicopter yang menggunakan Piston Engine
  15. 15. Penggunaan Turbo Shaft Sea Hawk Ec-225 Super Puma Ah-46 Longbow Apache

×