Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Contoh Analisis SWOT untuk Menilai Perusahaan

2,395 views

Published on

Contoh analisis SWOT suatu perusahaan yang mudah di pahami dan diterapkan serta penjelasan mengenai pengertian dan manfaat analisis SWOT...

Published in: Business
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Contoh Analisis SWOT untuk Menilai Perusahaan

  1. 1. Contoh Analisis SWOT Untuk Menilai Perusahaan
  2. 2.  Sebelum masuk ke contoh analisis SWOT, mungkin di antara anda sudah tidak asing lagi dengan metode analisis bisnis yang satu ini, yaitu Analisis SWOT. Metode ini memang cukup populer untuk di gunakan, karena dengan penjelasan yang simple kita dapat menilai suatu perusahaan secara keseluruhan dengan akurat. Terlepas dari metode ini, memang masih banyak sebenarnya metode analisis yang dapat di gunakan, seperti metode analisis 5 forces of porters (cukup terkenal), dan lain-lain tentunya.
  3. 3.  Tidak dipungkiri suatu hasil analisis sangat dapat berguna untuk internal perusahaan itu sendiri (sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja) dan pihak eksternal (sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi). Sebelum lebih jauh mengenai contoh analisis SWOT, tidak salahnya kita mengulang kembali pengertian analisis SWOT atau apa itu analisis SWOT.
  4. 4. Pengertian Analisis SWOT  Pada kesempatan kali ini yuk kita bahas Pengertian Analisis SWOT, pertama-tama kita perlu mengetahui singkatan dari SWOT itu sendiri, yaitu:  S = Strengths (Kekuatan)  W = Weaknesses (Kelemahan)  O = Opportunities (Kesempatan)  T = Threats (Ancaman)
  5. 5.  Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah :  “Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)”.  NB: Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin suatu proyek riset pada Universitas Stanford tepatnya dasawarsa 1960 an dan 1970 an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
  6. 6. Manfaat Analisis SWOT  Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
  7. 7.  Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi pemahaman tentang analisis SWOT, maka saya akan memberikan bagaimana contoh analisis SWOT suatu perusahaan.
  8. 8. Contoh Analisis SWOT Perusahaan  Dengan adanya contoh analisis SWOT, maka sangat berharap anda bisa memahaminya secara keseluruhan mengenai analisis SWOT. Perlu di pahami, inti analisis SWOT ini adalah menilai dalam/internal perusahaan dengan melihat kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses), kemudian menilai luar/eksternal perusahaan dengan melihat peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).
  9. 9.  Tanpa panjang lebar, yuk kita ke bahasan contoh analisis swot perusahaan (saya ambil contoh perusahaan NOKIA), Contoh analisis SWOT NOKIA:  NB: Sebelumnya perlu diperhatikan, saya tidak mencantumkan data dan hanya memberikan penjelasan sekedarnya karena nanti akan memakan banyak tulisan. Bagi anda yang ingin serius menganalisis memakai metode SWOT, maka WAJIB untuk menyertakan data dan penjelasan yang maksimal agar analisis benar-benar tepat.
  10. 10. 1. Strengths (Kekuatan)  Pengalaman  Jaringan Terbesar Penjualan & Distribusi  Hubungan Pelanggan yang Kuat  Berbagai Macam Produk untuk Semua Kelas
  11. 11. 2. Weaknesses (Kelemahan)  Kurang Gaya Dalam Produk Murah  Kehilangan Pangsa Pasar
  12. 12. 3. Opportunities (Kesempatan)  Pertumbuhan Pasar Baru
  13. 13. 4. Threats (Ancaman)  Ponsel China  Pesaing Seperti Samsung & Apple
  14. 14. Kesimpulan  Setelah menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menangkal semua ancaman (threats) yang datang. Semoga penjelasan contoh analisis SWOT diatas dapat memberikan gambaran mengenai analisis SWOT secara keseluruhan.  Selengkapnya: http://www.bisnisrumahanpemula.com/contoh-analisis- swot/

×