Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Konsep dasar kdm

8,936 views

Published on

Published in: Education
  • gan, mau tanya donk ..konsepkebutuhan dasar manusia selain maslow ente tau ga ?makasii
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Konsep dasar kdm

  1. 1. KONSEP KEBUTHAN DASAR MANUSIA Oleh Muhammad Riduansyah, S. Kep., Ns
  2. 2. Kebutuhan dasar manusia ialah unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia untuk mempertahankan keseimbangan fisiologis dan psikologis untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Menurut abraham maslow Dalam teori Hierarki kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan: Kebutuhan fisiologis (makan, minum dan pakaian ) Keamanan Cinta Harga diri Aktualisasi diri
  3. 3. Ciri kebutuhan dasar manusia Setiap manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama namun kebutuhan tersebut di rubah sesuai kultur dan keadaan Setiap manusia memenuhi kebutuhannya sesuai dengan prioritas / yang lebih penting Setiap orang dapat merasakan adanya kebutuhan dan meresponnya dengan berbagai cara. Kegagalan dalam memenuhi kebutuhan menghasilkan ketidakseimbangan
  4. 4. Kebutuhan dapat membuat seseorang berpikir untuk memenuhi rangsangan internal dan eksternal Kebutuhan saling berkaitan dengan beberapa kebutuhan yang tidak terpenuhi akan mempengaruhi kebutuhan lainnya.
  5. 5. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan dasar manusia Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh : Penyakit Penyakit menyebabkan perubahan dalam memenuhi kebutuhan, baik secara fisiologis mupun psikologis. Hubungan keluarga hubungan kebahayang baik antara anggota keluarga dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar karena saling percaya dan kebahagian.
  6. 6. 3. Konsep diri Konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan bagi seseorang. Orang yang optimis mudah berubah, mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat, sehingga kebutuhan dasarnya terpenuhi dengan mudah. 4. Tahap perkembangan setiap tahap perkembangan memiliki kebutuhan dasar yang berbeda-beda karena setiap organ tubuh mengalami kematangan yang berbeda.

×