Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Upcoming SlideShare
prospek ukm dalam perdagangan bebas
Next
Download to read offline and view in fullscreen.

1

Share

Download to read offline

Biaya Peluang

Download to read offline

Materi Biaya Peluang Kelas X SMA

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Biaya Peluang

  1. 1. By Muhammad Rakha Almasah
  2. 2.  Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.
  3. 3.  Peluang atau kebolehjadian atau dikenal juga sebagai probabilitas adalah cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Konsep ini telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika, dan kemudian digunakan secara lebih luas dalam tidak hanya dalam matematika atau statistika, tapi juga keuangan, sains dan filsafat.
  4. 4.  Gregory adalah seorang ekonom yang berasal dari Negara amerika serikat. Beliau Mengatakan bahwa biaya peluang adalah segala sesuatu yang harus anda korbankan untuk memperoleh sesuatu. Dalam hal ini, maksudnya adalah biaya peluang harus memperhitungkan biaya nyata – nyata yang dikorbankan dan biaya tidak nyata yang dikorbankan.
  5. 5.  Robert B. Ekelund Jr dan Robert D. Tollison merupakan dua ekonom yang berasal dari Negara amerika serikat. Mereka berdiskusi tentang definisi biaya peluang. Biaya peluang menurut mereka berdua adalah biaya dari penggunaan sumber daya ekonomi untuk tujuan tertentu, yang diukur dalam ukuran keuntungan yang tidak jadi didapat karena tidak memilih alternative itu dibandingkan dengan komoditi yang didapat sebagai gantinya karena memilih suatu alternative.
  6. 6.  Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus merupakan dua ekonom yang menghasilkan satu pikiran tentang biaya peluang. Paul A. Samuelson merupakan ekonom asal Indiana, Sedangkan William D. Nordhaus merupakan ekonom asal mexico. Mereka mengatakan bahwa keputusan memilih biaya peluang, karena memilih satu hal dalam dunia kelangkaan berarti menyerahkan sesuatu yang lain. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang paling berharga yang hilang.
  7. 7.  Dari pendapat para ahli ekonom dapat disimpulkan bahwa : ◦ Biaya peluang dari sesuatu adalah apa yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu. ◦ Biaya peluang juga dapat menjadi dasar pilihan jika mengerjakan alternative yang tidak jadi dipilih. Hasilnya adalah sesuatu yang tidak didapat dibandingkan dengan sesuatu yang didapat setelah memilih alternative tindakan  Dari dua opsi diatas dapat dikatakan bahwa biaya peluang adalah biaya yang terjadi apabila terdapat dua pilihan atau lebih dari dua pilihan , Sedangkan dari beberapa pilihan tersebut terdapat pilihan yang dikorbankan
  8. 8.  Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital. Bahkan dalam keadaan ekonomi yang sulit sekalipun, manusia tetap akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun untuk itu ia harus mengorbankan kepentingan lainnya
  9. 9. Merupakan prioritas utama Harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa ditunda Bila perlu mengorbankan kepentingan lainnya
  10. 10.  Seorang ibu rumah tangga bernama Tuti. Tuti menerima uang Rp.1.200.000 setiap bulannya untuk dibelanjakan kebutuhan keluarga yang terdiri dari suami dan satu anak. Bagaimanakan model perhitungannya?
  11. 11.  Biaya sehari-hari (Rp.1.200.000 untuk 1 bulan)  Makanan Rp.650.000  Rekening listrik dan air Rp.100.000  Biaya sekolah anak Rp.150.000  Transportasi Rp. 100.000  Lain-lain Rp. 200.000  Jumlah Rp. 1.200.000
  12. 12.  Biaya peluang memiliki arti yang berbeda dengan biaya sehari-hari. Sebagaimana sudah kamu lihat kasus di atas, sumber daya yang ada sangatlah terbatas sehingga manusia dipaksa untuk membuat pilihan dalam hidupnya. Dengan membuat sebuah pilihan, berarti kita mengorbankan hal yang lain.
  13. 13.  Ketika kamu memutuskan untuk belajar, berarti kamu telah mengorbankan waktumu untuk yang dapat kamu gunakan untuk bersenang- senang dengan temanmu. Ketika kamu memutuskan untuk membeli makanan, berarti kamu telah mengorbankan kesempatan peluang lain yang bisa kamu gunakan misalnya membeli barang lain selain makanan.  Contoh lainnya ketika ada seseorang yang antri membeli minyak, dia telah mengorbankan dua hal yaitu waktu untuk mengantri dan juga uang untuk membayar minyak tersebut.  Dari hubungan itulah maka muncul istilah yang disebut sebagai biaya peluang (opportunity cost).
  14. 14.  Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Bisa berupa waktu, kesenangan, keuntungan di masa depan, dan Iain-Iain.  Memiliki banyak kemungkinan penggunaan  Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu
  15. 15.  Biaya implisit adalah biaya yang secara ekonomis harus ikut diperhitungkan sebagai biaya produksi, meskipun tidak dibayar dalam bentuk uang. Misalnya upah tenaga kerja sendiri, bunga atas modal sendiri.
  16. 16. Biaya eksplisit adaah semua pengeluaran uang yang digunakan untuk membayar faktor produksi, bahan-bahan dan transportasi.
  17. 17.  Biaya peluang terjadi apabila terdapat dua pilihan atau lebih dari dua pilihan, sedangkan dari beberapa pilihan tersebut terdapat pilihan yang dikorbankan.Bila ada dua pilihan,Biaya peluang dihitung dari nilai peluang yang dikorbankan atau yang tidak dipilih. Sedangkan apabila terdapat lebih dari dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang terbaik yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.
  18. 18.  Contoh 1.1 ◦ Sepasang suami istri ingin pergi bertamasya ke suatu tempat hiburan untuk mengusir rasa kejenuhannya. Untuk keperluan itu, Mereka harus membayar biaya transportasi sebesar Rp.300.000,00 dan membeli tiket masuk Rp.100.000,00. Jika tidak pergi bertamasya, pasangan suami istri itu dapat bekerja dan menghasilkan upah masing – masing sebesar Rp.100.000,00 sehari. Pertanyaannya, berapa biaya peluang dari suami istri yang bertamasya itu ?
  19. 19.  Contoh 1.2  Seorang siswa yang baru lulus SMA ingin melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar S1. Biaya yang harus dibayar untuk kuliah di perguruan tinggi adalah :  Biaya tetap ( hanya 1 X ) ` : Rp.5.000.000,00  Uang semester 8 X Rp.3.000.000,00: Rp.24.000.000,00  Pembelian buku : Rp.10.000.000,00  Uang asrama 48 bulan : Rp.48.000.000,00  +  Biaya eksplisit : Rp.87.000.000,00  Sebenarnya,calon mahasiswa tersebut jika tidak kuliah dapat bekerja dengan gaji sebesar Rp.3.000.000,00 sebulan. Jika dia bekerja selama empat tahun, dia akan memperoleh gaji sebesar Rp.144.000.000,00 ( biaya implisit ) . Hal ini tidak diperolehnya karena dia kuliah.  Pertanyaannya, Berapa biaya peluang siswa tersebut untuk kuliah S1 ?
  20. 20.  Contoh 1.3  Seorang pegawai dapat pergi ke kantornya dengan dua cara. Cara pertama naik bus umum dengan biaya Rp.15.000,00. Cara kedua naik taksi dengan biaya Rp.50.000,00.  Pertanyaannya, berapa biaya peluang jika ia memutuskan naik taksi ?
  • AmandaWidya2

    Jul. 28, 2018

Materi Biaya Peluang Kelas X SMA

Views

Total views

1,909

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

0

Actions

Downloads

11

Shares

0

Comments

0

Likes

1

×