Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Jenis- jenis Media Penyuluhan

221 views

Published on

Nama : M. Naufal Elmuttaqin
NIRM : 01.4.3.17.0483
Jurusan : Perkebunan V A

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Jenis- jenis Media Penyuluhan

  1. 1. ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts OLEH : M. NAUFAL ELMUTTAQIN JURUSAN : PERKEBUNAN V A DOSEN PENGAMPU : MAKRUF JENIS- JENIS MEDIA PENYULUHAN
  2. 2. PENGERTIAN FOTO Foto adalah gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu.
  3. 3. PENGERTIAN GAMBAR Gambar adalah sebuah perpaduan antara titik, garis, bidang dan warna yang berguna untuk mencitrakan sesuatu. Di sekitar kita saat ini banyak terdapat gambar-gambar. Seperti pada komik, buku cerita, dan lain sebagainya. Gambar juga dapat diartikan sebagai sebuah tampilan suatu objek kedalam media gambar.
  4. 4. PENGERTIAN POSTER Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
  5. 5. PENGERTIAN STICKER Sticker adalah bahan yang dapat menempel sendiri atau dengan kata lain dia memiliki bahan perekat sehingga dapat ditempelkan di benda. Sticker pada umumnya dibuat dari vinyl atau kertas
  6. 6. PENGERTIAN MAJALAH Majalah adalah penerbitan yang dicetak menggunakan tinta pada kertas, diterbitkan berkala, misalnya mingguan, dwimingguan, atau bulanan. Majalah berisi bermacam-macam artikel dalam subyek yang bervariasi, yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang.
  7. 7. PENGERTIAN TELEVISI Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. ... Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi".
  8. 8. PENGERTIAN BUKU Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan, gambar, atau tempelan. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. ... Dalam bahasa Indonesia terdapat kata kitab yang diserap dari bahasa Arab (‫,)كتاب‬ yang memiliki arti buku.
  9. 9. PENGERTIAN BROSUR Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu, biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras.
  10. 10. PENGERTIAN DIAGRAM Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Diagram adalah representasi simbolik dari informasi menggunakan teknik visualisasi. Diagram telah digunakan sejak zaman kuno, tetapi menjadi lebih lazim selama Pencerahan. Terkadang, teknik ini menggunakan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukaan dua dimensi
  11. 11. PENGERTIAN LEAFLET Pengertian leaflet adalah salah satu bentuk publikasi singkat yang mana biasanya berbentuk selebaran yang berisi keterangan atau informasi tentang sebuah perusahaan, produk , organisasi atau bentuk layanan lainnya yang perlu diketahui oleh khalayak umum.
  12. 12. PENGERTIAN GRAFIK Grafik adalah penyajian data yang terdapat dalam table yang ditampilkan ke dalam bentuk gambar. Selain itu grafik juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses menyampaikan informasi
  13. 13. PENGERTIAN KARTU KILAT Kartu Kilat (Flash Cards) adalah sejumlah kartu lepasan yang berisikan gambar, foto atau ilustrasi yang disajikan satu per satu menurut urutannya.
  14. 14. PENGERTIAN PETA Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. atau peta adalah gambaran suatu permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala. ... Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi.
  15. 15. PENGERTIAN BAGAN Bagan, juga diistilahkan sebagai grafik atau diagram, adalah sebuah representasi grafis dari data. Data yang diwakili dibentuk oleh simbol-simbol, seperti batang dalam bagan batang, garis -garis dalam sebuah bagan garis, atau irisan dalam bagan pai.
  16. 16. PENGERTIAN PETA SINGKAP peta singkap adalah sekumpulan poster selebar kertas koran, yang digabungkan menjadi satu.
  17. 17. PENGERTIAN FOLDER Folder adalah lembaran kertas lepas yang dilipat dua/tiga lipatan yang berisi pesan penyuluhan pertanian dalam bentuk tulisan dan gambar (foto/ilustrasi)
  18. 18. PENGERTIAN KORAN Koran (dari bahasa Belanda: Krant, dari bahasa Prancis courant) atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
  19. 19. PENGERTIAN BILLBOARD Billboard adalah bentuk promosi iklan luar ruang (outdoor advertising) dan memiliki ukuran yang cukup besar. Dalam arti yang sebenarnya billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang cukup besar dan diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.
  20. 20. PENGERTIAN SKETSA Sketsa adalah sebuah gambaran kasar dan ringan yang digunakan untuk mengawali atau sebagai kerangka sebuah penggarapan karya lukis. Sketsa dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : Seni rupa Murni namun fungsinya juga dapat sebagai seni rupa terapan.
  21. 21. PENGERTIAN KASET Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Berasal dari bahasa Prancis, yakni cassette yang berarti "kotak kecil". Kaset berupa pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara.
  22. 22. PENGERTIAN BOOKLET Booklet adalah sebuah buku kecil yang terutama digunakan untuk mewakili perusahaan dan rincian produk. Booklet juga ibaratanya sebuah utusan yang membawa pesan penting. Pena mpilan dan desain booklet adalah mewakili gambaran sebuah perusahaan.
  23. 23. PENGERTIAN FLYER Flyer adalah lembaran yang tercetak secara tunggal (tidak ada lipatan) dan digunakan untuk menarik perhatian publik terhadap sebuah acara, pelayanan, produk, ataupun ide. Flyer, atau lebih akrab disebut dengan selebaran, pada umumnya hanya berisi info-info secara garis besar karena untuk dibaca secara cepat.
  24. 24. PENGERTIAN FLIP CHART Flipchart adalah lembaran-lembaran kertas yang disatukan menggunakan benda khusus (Penjepit, Spiral) sehingga menyerupai album atau kalender. Lembaran-lembaran kertas inilah yang akan diisi dengan informasi-informasi atau pesan-pesan baik berupa gambar maupun simbol-simbol yang dicantumkan dalam bentuk visual.
  25. 25. PENGERTIAN SPANDUK Spanduk atau Panji adalah sebuah bendera berukuran panjang yang menampilkan sebuah simbol, logo, slogan atau pesan lainnya. Bendera yang dirancang disamakan dengan tameng dalam sebuah lambang adalah sebuah spanduk lengan. Kebanyakan spanduk atau panji memiliki proporsi dimensi lebar di atas 1 meter
  26. 26. PENGERTIAN BANNER Menurut Rachmat Kriyantono, pengertian banner adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinan lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.
  27. 27. PENGERTIAN RADIO Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
  28. 28. PENGERTIAN TAPE RECORDER Tape recorder adalah media audio dengan alat perekam. Tape recorder ini sangat cocok untuk pembelajaran menyimak, sehingga menguntungkan bagi siswa yang cenderung belajar secara auditif.
  29. 29. PENGERTIAN GRAMAFON Gramofon adalah mesin untuk mereproduksi suara dan musik yang direkam pada piringan hitam. Alat ini populer pada tahun 1960-an. Gramofon ditemukan oleh Thomas Alva Edison pada tahun 1877.
  30. 30. PENGERTIAN KOMPUTER Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
  31. 31. PENGERTIAN SOUND SLIDE Soundd Slide Aadalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi), meliputi media yang dapat dilihat dan didengar” (Rohani, 1997: 97-98).
  32. 32. PENGERTIAN MODEL Menurut Sudjana (2011) bahwa model adalah tiruan tiga dimensional dari beberapa objek nyata yang terlalu besar, terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang, dan terlalu ruwet untuk dibawa ke dalam kelas dan dipelajari siswa dalam wujud aslinya.
  33. 33. PENGERTIAN VIDEO Video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
  34. 34. PENGERTIAN SLIDE ATAU TRANSPARANSI Media transparansi atau Overhead Transparancy (OHT) seringkali disebut dengan nama perangkat kerasnya Overhead Projector (OHP). Media transparansi adalah media visual proyeksi yang dibuat diatas bahan transparan, biasanya film acetace atau plastik berukuran 8,5” x 11”. Sebagai perangkat lunak, bahan transparansi yang berisi pesan-pesan instruksional tersebut memerlukan alat khusus yang memproyeksikan di atas layar (scream).
  35. 35. PENGERTIAN MOCK UP Mockup adalah sebuah media visual atau preview dari sebuah konsep desain "datar" yang diberikan efek visual sehingga hasilnya sangat tampak atau menyerupai wujud nyata, mockup dapat memberikan gambaran nyata dari sebuah konsep desain bagaimana konsep itu akan terlihat nantinya jika sudah diaplikasikan menjadi benda nyata apakah terlihat bagus atau kurang sesuai.
  36. 36. PENGERTIAN SPESIMEN Spesimen merupakan sebagian dari jenis atau seagian dari kelompok benda yang sama untuk di jadikan contoh. Spesimen juga dikatakan sebagai benda sebenarnya. Jenis specimen bermacam macam, ada yang hidup sesuai kenyataan di alam. Ada juga yang sudah diawetkan atau yang biasa disebut herbarium.
  37. 37. PENGERTIAN MEDIA SOSIAL Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
  38. 38. PENGERTIAN YOUTUBE YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.[5] Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.
  39. 39. PENGERTIAN PODCAST Podcast adalah jenis media digital yang terdiri dari serangkaian episodik audio, video, PDF, atau file ePub file berlangganan dan download melalui sindikasi web atau streaming secara online ke komputer atau perangkat mobile. Podcast berasal dari "broadcast" dan "pod" dari kesuksesan iPod, podcast sering digunakan untuk mendengarkan pada pemutar media portabel. Dalam konteks perangkat Apple, istilah "Podcast" mengacu pada audio dan versi video podcast, sedangkan versi tekstual podcast diklasifikasikan dalam aplikasi yang dikenal sebagai Newsstand.
  40. 40. PENGERTIAN BLOG Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
  41. 41. PENGERTIAN HOLOGRAM Hologram adalah teknologi fotografi yang merekam cahaya yang tersebar dari suatu objek dan kemudian menyajikannya dalam bentuk 3 dimensi. Gambar 3 dimensi tersebut dapat kita lihat sampai 360 derajat dan dapat bergerak dengan animasi dan suara, agar dapat menyampai kan informasi baik secara realtime maupun tidak. Teknologi keren ini sedang dikembangkan untuk membantu manusia dalam proses komunikasi.
  42. 42. PENGERTIAN VIDEOTRON Pengertian videotron atau LED display adalah media yang dapat menampilkan video atau teks dengan menggunakan teknologi light emiting diode (LED). LED bekerja dengan cara mengubah listrik menjadi cahaya dengan menggunakan semikonduktor. Di masa yang yang akan datang penggunaan videotron akan semakin banyak dan menjamur dengan didukungnya peraturan dari pemerintah , dan juga manfaat dari penggunaan videotron yang lebih efektif dan efiesien dibandingkan media konvensional seperti billboard.
  43. 43. SEKIAN TERIMA KASIH

×